Penerapan pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode tanya jawab teknik talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMPN 10 Malang / Tania Dwi Maretawati

Main Author: Maretawati, Tania Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38895/
Daftar Isi:
  • KatakunciModelPembelajarantalkingstickaktivitasbelajarhasilbelajar.BerdasarkanobservasidanwawancaradengangurumatapelajaranekonomidiSMPNegeri10Malangdiperolehinformasibahwaprosespembelajaranmatapelajaranekonomidikelasmasihmenggunakanmetodeceramahdantanyajawab.Halinimenyebabkansiswakurangaktifdalampembelajaransehinggamenimbulkanaktivitasdanhasilbelajarsiswamenjadikurang.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.StrategiyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstick.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiaktivitasdanhasilbelajarekonomipadasiswakelasVIIIFSMPNegeri10MalangmelaluipenerapanpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstick.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Datapenelitianaktivitasdanbelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasidanhasilbelajarsiswadiperolehmelaluiposttestpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusIaktivitassiswasebesar4516%dengankategoricukupdanpadasiklusIIrata-ratanyameningkatmenjadi7396%dengankategoribaik%padasiklusII.SedangkanaktivitassiswapadasaatditerapkanpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstickpadasiklusIrata-ratanya6667%dengankategoribaikdanpadasiklusIImeningkatmenjadisebesar1333%denganrata-ratasebesar80%dengankategori80%dengankategorisangatbaikdanpadahasilbelajarjugamengalamipeningkatanpadasiklusIsebesar7670%danpadasiklusIImenjadi8295%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstickdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomisiswakelasVIIIFSMPNegeri10Malang.SaranyangdapatpenelitisampaikanyaituagarpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstickdapatdijadikansalahsatualternatifpilihanbagigurubidangstudiekonomiuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswajugadiharapkanadanyapenelitianlebihlanjutuntukmenerapkanpadamateriyanglaindandengansampelyanglebihluassehinggahasilpenelitianbisaberlakulebihgeneral.