Penerapan pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode tanya jawab teknik talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMPN 10 Malang / Tania Dwi Maretawati
Main Author: | Maretawati, Tania Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38895/ |
Daftar Isi:
- KatakunciModelPembelajarantalkingstickaktivitasbelajarhasilbelajar.BerdasarkanobservasidanwawancaradengangurumatapelajaranekonomidiSMPNegeri10Malangdiperolehinformasibahwaprosespembelajaranmatapelajaranekonomidikelasmasihmenggunakanmetodeceramahdantanyajawab.Halinimenyebabkansiswakurangaktifdalampembelajaransehinggamenimbulkanaktivitasdanhasilbelajarsiswamenjadikurang.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanstrategipembelajaranyangdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswa.StrategiyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstick.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiaktivitasdanhasilbelajarekonomipadasiswakelasVIIIFSMPNegeri10MalangmelaluipenerapanpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstick.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Datapenelitianaktivitasdanbelajarsiswayangdiperolehmelaluiobservasidanhasilbelajarsiswadiperolehmelaluiposttestpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapadasiklusIaktivitassiswasebesar4516%dengankategoricukupdanpadasiklusIIrata-ratanyameningkatmenjadi7396%dengankategoribaik%padasiklusII.SedangkanaktivitassiswapadasaatditerapkanpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstickpadasiklusIrata-ratanya6667%dengankategoribaikdanpadasiklusIImeningkatmenjadisebesar1333%denganrata-ratasebesar80%dengankategori80%dengankategorisangatbaikdanpadahasilbelajarjugamengalamipeningkatanpadasiklusIsebesar7670%danpadasiklusIImenjadi8295%.BerdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstickdapatmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomisiswakelasVIIIFSMPNegeri10Malang.SaranyangdapatpenelitisampaikanyaituagarpembelajarandenganpendekatanCTLmelaluimetodetanyajawabtekniktalkingstickdapatdijadikansalahsatualternatifpilihanbagigurubidangstudiekonomiuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswajugadiharapkanadanyapenelitianlebihlanjutuntukmenerapkanpadamateriyanglaindandengansampelyanglebihluassehinggahasilpenelitianbisaberlakulebihgeneral.