Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, kecerdasan intelektual (IQ), dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) kelas VIII SMP Negeri 1 Batu / Santy Wahyu Lestari
Main Author: | Lestari, Santy Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38891/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPengaruhPemanfaatanFasilitasBelajardiSekolahKecerdasanIntelektual(IQ)danCaraBelajardanHasilBelajarSiswaUntukmenciptakanpembangunannasionaldibidangpendidikanyangsesuaidengantujuanpendidikannasionaldiperlukanpeningkatandanpenyempurnaanmutupendidikan.Dalamhaliniberkaitaneratdenganpeningkatanmutuprosespembelajaranyangberkaitanlangsungdenganhasilpembelajaranpesertadidik.Sepertitujuanpengajaranyangtepatkelengkapansumber-sumberbelajarsertakemampuanguruuntukmemanfaatkanfasilitasbelajarsecaraefektifdanefisien.Selainitugurujugaharusmengetahuitingkatintelegensi(IQ)dancarabelajarsiswaagartujuanpembelajaranyangdiharapkandapattercapai.PenelitianinibertujuanuntukmengujipengaruhsecaraparsialdansimultanPengaruhPemanfaatanFasilitasBelajardiSekolahKecerdasanIntelektual(IQ)danCaraBelajarterhadapHasilBelajarSiswapadaMataPelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)KelasVIIISMPNegeri1Batu.PenelitianinimenggunakanjenispenelitianeksplanasiyaitupenelitiinginmenjelaskanpengaruhantarvariabelbebaspemanfaatanfasilitasbelajardiSekolah(X1)KecerdasanIntelektual(IQ)(X2)danCaraBelajar(X3)denganvariabelterikatyaituhasilbelajarsiswa(Y).Sampelyangdigunakandalampenelitianinisebanyak48siswaSMPNegeri1Batuyangdintukansecaraacak.Tekniksamplingyangdigunakandalampenelitianiniadalahproposionalrandomsampling.Skalayangdigunakanadalahskalalikertdengan5(lima)pilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanujireliabilitas.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuesionerdandokumentasi.Penelitianinimenggunakananalisisdeskriptifdananalisisregresilinearberganda.SedangkanuntukujikelayakanregresidilakukanujiasumsiklasikdankeseluruhananalisismenggunakanbantuanprogramSPSSforwindows16.00.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehbahwa(1)PemanfaatanfasilitasbelajardisekolahdiSMPNegeri1Batutergolongkategoritinggi.(2)Kecerdasanintelektual(IQ)diSMPNegeri1Batutergolongkategorirata-rata.(3)CarabelajardiSMPNegeri1Batutergolongkategoribaik.(4)HasilbeljarsiswadiSMPNegeri1Batutergolongkategoribaik.(5)SecaraparsialpemanfaatanfasilitasbelajardisekolahmempunyaipengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeriIBatuterbuktidengansigt(0.017)945(0.05).(6)KecerdasanIntelektual(IQ)jugamempengaruhihasilbelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeriIBatuyangditunjukkandengansigt(0.010)945(0.05).(7)CarabelajarjugamempengaruhihasilbelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeriIBatuyangditunjukkandengansigt(0.014)945(0.05).(6)SecarasimultanpemanfaatnfasilitasbelajarkecerdasanIntelektual(IQ)dancarabelajarberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)kelasVIIIdiSMPNegeriIBatuyangditunjukkandengansigt(0.00)945(0.05).NilaiRsquaresebesar0557halinimenunjukkanbahwakontribusiyangdiberikanvariabelpemanfaatanfasilitasbelajarkecerdasanintelektual(IQ)dancarabelajarberpengaruhsecarasimultanterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranIlmuPendidikanSosial(IPS)kelasVIIIdiSMPNegeriIBatusebesar557%.Berdasarkanuraiandiatasmakadapatdisimpulkanbahwapemanfaatnfasilitasbelajardisekolahkecerdasanintelektual(IQ)dancarabelajarbaiksecaraparsialdansimultanberpengaruhpositifsignifikanterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranIlmuPengetahuanSosialkelasVIIIdiSMPNegeriIBatu.Sarandalampenelitianiniadalah(1)Bagigurudiharapkanmengetahuitingkatkecerdasanintelektual(IQ)dancarabelajarsiswasehinggagurudapatmenentukanmetodepembelajaranyangcocokuntuksiswa.(2)Bagisekolahdiharapkanmensosialisasikanpentingnyapengetahuanguruakanperbedaankecerdasanintelektual(IQ)yangdimilikisiswa.Hendaknyasekolahjugamenyediakansaranaprasaranasekolahyanglebihbaikagardapatdigunakandalammemperlancarprosesbelajar.(3)Penelitiselanjutnyasebaiknyamenambahvariabellingkunganmasyarakatdalammemberikankontribusiperubahanvariabelhasilbelajarsiswa.Selainitudapatjugamenggunakansampelsekolahlaindanmenambahjumlahsekolahyangditilitisehinggadapatmemberikanhasilyangsignifikan.