Penerapan think pair share (TPS) yang dipadukan dengan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS dengan materi pasar tahun ajaran 2010/2011 (studi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 4 Kepanjen) / Imam Arif Fendi

Main Author: Fendi, Imam Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38877/
Daftar Isi:
  • KatakunciThinkPairShare(TPS)denganProblemBasedLearning(PBL)denganProblemBasedLearning(PBL)HasilBelajar.RendahnyahasilbelajarEkonomiyangdiperolehsiswakelasVIIISMPN4Kepanjendisebabkankarenamodelpembelajaranyangditerapkanselamainididominasiolehgurudantidakberpusatpadasiswa.PenggunaanmetodepembelajaranyangmonotonpadamatapelajaranEkonomidalamkurunwaktulamatersebutmembuatsiswamerasabosandanmenyebabkansiswamenjadimalasuntukbelajardarisumberbelajarselainguru.DaripemikirantersebutmakapenelitibermaksuduntukmemberikaninovasidalampembelajaranEkonomiyaknidenganmenerapkanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)denganProblemBasedLearning(PBL).PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)denganProblemBasedLearning(PBL)padasiswakelasVIIISMPN4KepanjensertamengetahuipeningkatanhasilbelajarsiswadenganmengimplementasikanmodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)denganProblemBasedLearning(PBL)padamateripasar.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Instrumenpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahpreetestposttestcatatanlapanganpedomanwawancaradandokumentasi.PembelajaranThinkPairShare(TPS)denganProblemBasedLearning(PBL)merupakansalahsatumodelpembelajaranyangmerupakanperpaduanantarabelajarsecaramandiridanbelajarsecaraberkelompok.ThinkPairShare(TPS)denganProblemBasedLearning(PBL)memilikiproseduryangditetapkansecaraeksplisituntukmemberisiswawaktulebihbanyakuntukberpikirsecaramandiriberinteraksidenganpasangandanmampumengkomunikasikanapayangmerekapikirkan.Pembelajarandenganmenggunakanmetodeinidapatmengembangkankecakapansosialdanmengaktifkansiswadalamprosespembelajaran.DaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanThinkPairShare(TPS)denganProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatkanhasilbelajar.PadasiklusIPreTestskorrata-ratakelassebesar6666denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar4166%padasiklusIIPreTestskorrata-ratakelasmeningkatmenjadi8012denganpersentaseketuntasanbelajarsecaraklasikalsebesar75%.Skorrata-ratakelasmengalamipeningkatansebesar1346sedangkanketuntasanbelajarsecaraklasikalmengalamipersentasepeningkatansebesar3334%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutpembelajaranEkonomimelaluiTPSdapatdigunakansebagaisuatualternatifpembelajaran.