Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) melalui metode kooperatif teknik picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Ni'matul Istiqomah

Main Author: Istiqomah, Ni'matul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38872/
Daftar Isi:
  • KataKunciContextualTeachingLearning(CTL)MetodeKooperatifPictureAndPictureHasilBelajarDalampembelajaranyangterjadidisekolahataukhususnyadikelasguruadalahpihakyangpalingbertanggungjawabatashasilnya.Dengandemikiangurupatutdibekalidenganevaluasisebagaiilmuyangmendukungtugasnyayaknimengevaluasihasilbelajarsiswa.Dalamhalinigurubertugasmengukurapakahsiswasudahmenguasaiilmuyangdipelajariolehsiswaatasbimbingangurusesuaidengantujuanyangdirumuskan.PenerapanpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooperatifteknikpictureandpicturedidasarkanbahwasiswaakanlebihdapatbelajardenganbaikberdasarkanpadapengetahuanlingkungansekitardanpembelajaransecaraberkelompok.Penggunaanteknikpictureandpicturedapatmerangsangsiswauntukdapatmerangsangpengetahuanmelaluiteknikvisual.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpenerapanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanCotextualTeachingLearning(CTL)matodekooperatifteknikpictureandpicturepadakelasVIIIESMPNegeri12Malang(2)MendeskripsikanpenerapanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooparatifteknikpictureandpicturedapatmeningkatkanhasilbelajarekonomisiswakelasVIIIESMPNegeri12Malang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).Penelitianinidilakukandalamduasiklusyangterdiridari5tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasirefleksidanresivedplan.teknikpengumpulandatahasilbelajarkognitifadalahdenganteshasilbelajar.Hasilbelajarafektifpeningkatannyadiukurmelaluiobservasidanangketsiswa.Sedangkanhasilbelajarpsikomotordiukurmelaluiobservasidanangketsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooperatifteknikpictureandpicturemeningkatkanhasilbelajarsiswadalamhalkognitifafektifdanpsikomotor.Hasilbelajarrata-ratakognitifpretestpadasiklusIsebesar439%danpadaposttestsebesar804%.Hasilbelajarrata-ratakognitifpadapretestsiklusIIadalahsebesar669%danpadaposttestsebesar86%.HasilbelajarafektifmetodeobservasipadasiklusIsebesar7092%danpadasiklusIImeningkatmenjadi796%.Padametodeangketafektifsiswayangtuntassebesar486%danpadasiklusIIsiswayangtuntasmeningkatmenjadi891%.PadahasilbelajarpsikomotormetodeobservasihasilbelajarsiswasiklusIsebesar774%danmeningkatmenjadi813%padasiklusII.Padametodeangketpsikomotorhasilbelajarpsikomotorsiswayangbelumtuntasmenunjukkanpersentasesebesar639%danpadasiklusIIsiswayangtuntasmenunjukkanhasilsebesar917%.SaranyangdiberikankepadasekolahdisarankanuntukmencobapembelajarandenganmenggunakanpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooperatifteknikpictureandpicture.SaranbagigurumatapelajaranIPSEkonomiyanginginmeningkatkankualitaspembelajaranIPSEkonomisecarakhususpadamaterikebutuhandankelangkaansumberdayauntukmeningkatkanhasilbelajardisarankanmenerapakanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooperatifteknikpictureandpicturejikakeadaanpermasalahansamadenganyangdiuraikanpadalatarbelakangpenelitianini.Bagipenelitiselanjutnyayanginginmenelititentangteknikpembelajaranpictureandpicturediharapkandapatmencobanyadenganpendekatandanmetodepembelajaranlain.