Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) melalui metode kooperatif teknik picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPS ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Malang / Ni'matul Istiqomah
Main Author: | Istiqomah, Ni'matul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38872/ |
Daftar Isi:
- KataKunciContextualTeachingLearning(CTL)MetodeKooperatifPictureAndPictureHasilBelajarDalampembelajaranyangterjadidisekolahataukhususnyadikelasguruadalahpihakyangpalingbertanggungjawabatashasilnya.Dengandemikiangurupatutdibekalidenganevaluasisebagaiilmuyangmendukungtugasnyayaknimengevaluasihasilbelajarsiswa.Dalamhalinigurubertugasmengukurapakahsiswasudahmenguasaiilmuyangdipelajariolehsiswaatasbimbingangurusesuaidengantujuanyangdirumuskan.PenerapanpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooperatifteknikpictureandpicturedidasarkanbahwasiswaakanlebihdapatbelajardenganbaikberdasarkanpadapengetahuanlingkungansekitardanpembelajaransecaraberkelompok.Penggunaanteknikpictureandpicturedapatmerangsangsiswauntukdapatmerangsangpengetahuanmelaluiteknikvisual.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpenerapanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanCotextualTeachingLearning(CTL)matodekooperatifteknikpictureandpicturepadakelasVIIIESMPNegeri12Malang(2)MendeskripsikanpenerapanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooparatifteknikpictureandpicturedapatmeningkatkanhasilbelajarekonomisiswakelasVIIIESMPNegeri12Malang.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).Penelitianinidilakukandalamduasiklusyangterdiridari5tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasirefleksidanresivedplan.teknikpengumpulandatahasilbelajarkognitifadalahdenganteshasilbelajar.Hasilbelajarafektifpeningkatannyadiukurmelaluiobservasidanangketsiswa.Sedangkanhasilbelajarpsikomotordiukurmelaluiobservasidanangketsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooperatifteknikpictureandpicturemeningkatkanhasilbelajarsiswadalamhalkognitifafektifdanpsikomotor.Hasilbelajarrata-ratakognitifpretestpadasiklusIsebesar439%danpadaposttestsebesar804%.Hasilbelajarrata-ratakognitifpadapretestsiklusIIadalahsebesar669%danpadaposttestsebesar86%.HasilbelajarafektifmetodeobservasipadasiklusIsebesar7092%danpadasiklusIImeningkatmenjadi796%.Padametodeangketafektifsiswayangtuntassebesar486%danpadasiklusIIsiswayangtuntasmeningkatmenjadi891%.PadahasilbelajarpsikomotormetodeobservasihasilbelajarsiswasiklusIsebesar774%danmeningkatmenjadi813%padasiklusII.Padametodeangketpsikomotorhasilbelajarpsikomotorsiswayangbelumtuntasmenunjukkanpersentasesebesar639%danpadasiklusIIsiswayangtuntasmenunjukkanhasilsebesar917%.SaranyangdiberikankepadasekolahdisarankanuntukmencobapembelajarandenganmenggunakanpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooperatifteknikpictureandpicture.SaranbagigurumatapelajaranIPSEkonomiyanginginmeningkatkankualitaspembelajaranIPSEkonomisecarakhususpadamaterikebutuhandankelangkaansumberdayauntukmeningkatkanhasilbelajardisarankanmenerapakanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanContextualTeachingLearning(CTL)metodekooperatifteknikpictureandpicturejikakeadaanpermasalahansamadenganyangdiuraikanpadalatarbelakangpenelitianini.Bagipenelitiselanjutnyayanginginmenelititentangteknikpembelajaranpictureandpicturediharapkandapatmencobanyadenganpendekatandanmetodepembelajaranlain.