Pengaruh minat belajar dan intensitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa RSBI kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari / Lik Anah

Main Author: Anah, Lik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38869/
Daftar Isi:
  • KataKunciMinatbelajarintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarhasilbelajarMinatbelajarmerupakanperhatianrasasukaketertarikanseseorang(siswa)terhadapbelajaryangditunjukkanmelaluikeantusiasanpartisipasidankeaktifandalambelajar.Minatmempunyaifungsisebagaipendorongyangkuatdalammencapaiprestasidanminatjugadapatmenambahkegembiraanpadasetiapyangditekuniolehseseorang.Sedangkanintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarmerupakansuatukegiatanpemanfaataninternetuntukmemperolehilmupengetahuanwawasandanberbagaimacaminformasiyangberhubungandenganmatapelajaran.Berbagaifaktoryangdapatmempengaruhihasilbelajarsiswadiantaranyaadalahminatbelajardanpemanfaatansumberbelajardalamhaliniadalahinternet.Berkaitandenganitumakadenganadanyaminatbelajaryangbesardanintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajaryangtinggiakanmempengaruhipencapaianhasilbelajaryangoptimal.Masalahyangdibahasdalampenelitianiniyaituapakahterdapat(1)pengaruhminatbelajarterhadaphasilbelajarIPSsiswaRSBIkelasVIIISMPNegeri1Singosari.(2)pengaruhintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarterhadaphasilbelajarIPSsiswaRSBIkelasVIIISMPNegeri1Singosari.(3)pengaruhminatbelajardanintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarterhadaphasilbelajarIPSsiswaRSBIkelasVIIISMPNegeri1Singosari.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasiyangdilakukanpada72siswaRSBIkelasVIIISMPNegeri1Singosari.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandenganteknikangket/kuesionerdandokumentasi.Adapunteknikanalisisyangdigunakanadalahanalisisregresiberganda.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)minatbelajarberpengaruhsecarapositifdansignifikanterhadaphasilbelajarIPSsiswadengannilaithitunglebihbesardarittabel(2699199)danbesarnyaprobabilitas(Sig.)0009kurangdari005.(2)IntensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarberpengaruhsecarapositifdansignifikanterhadaphasilbelajarIPSsiswadengannilaithitunglebihbesardarittabel(2333199)danbesarnyaprobabilitas(Sig.)0023kurangdari005.(3)minatbelajardanintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarsecarabersamaberpengaruhsignifikanterhadaphasilbelajarIPSsiswadengannilaiprobabilitas(0000)lebihkecildari005.Berdasarkanhasilanalisisdatadiketahuibahwasekitar26%hasilbelajarIPSdipengaruhiolehvariabelminatbelajardanintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarsedangkansisanyasebesar74%dipengaruhiolehfaktorlaindiluarvariabelminatbelajardanintensitaspemanfaataninternetyangtidakdikajidalampenelitianini.Berdasarkanhasilpenelitianinimakasaranyangdiberikanadalah(1)BagisiswahasilpenelitianmenunjukkanbahwaminatbelajardanintensitaspemanfaataninternetsebagaisumberbelajarberpengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarmatapelajaranIPSsehinggadiharapkanbagisiswauntukterusmeningkatkanminatbelajarnyaagardapatmeningkatkanhasilbelajardanselalumemanfaataninternetsecarapositifsebagaisumberbelajaragardapatmeningkatkanhasilbelajarnya.(2)Diharapkangurudapatmeningkatkanminatbelajarsiswadalamsetiapkegiatanbelajarmengajaryangdilaksanakanmisalnyadenganmelakukanvariasidalamsetiapprosesbelajarmengajardanmemanfaatkanfasilitaspembelajaranyangtelahdisediakansecaraoptimal.Selainituselalumemberikanarahankepadapesertadidikuntukselalumemanfaatkaninternetuntukkegiatanyangpositifdanbermanfaatterutamasebagaisumberbelajar.(3)Bagipenelitiselanjutnyayangakanmengadakanpenelitiansejenisdisarankanvariabelyanginginditelitilebihdiperluasmisalnyabakatintelegensilingkungankeluargalingkungansekolahdanlingkunganmasyarakat.sehinggadapatmengungkapkanlebihbanyakpermasalahandanmemberikanhasildaritemuanpenelitianyanglebihberartidanbermanfaatbagibanyakpihak.