Efektivitas metode pembelajaran kooperatif model TGT (teams games tournament) dan simulasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 24 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Ryan Wuryana

Main Author: Wuryana, Ryan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38855/
Daftar Isi:
  • KataKunciAktivitasdanHasilbelajarsiswaModelpembelajaranTGT(TeamsGamesTournament)danSimulasiSistemPendidikanNasionalsampaisaatinimenerapkankurikulumtingkatsatuanpendidikan(KTSP)padasekolah-sekolahsebagaipenyempurnaandarikurikulumsebelumnyayangcenderungteacher-orienteddalamprosesbelajarmengajarsehinggadiperlukanstrategiataumodelpembelajaranyangmenyenangkandalamupayameningkatkanaktivitasdanhasilbelajar.Salahsatuupayayangdapatdilakukanguruadalahmampumenguasaimateripelajarandanmemilihmetodedanmodelpembelajaranyangtepatuntukmencapaitujuanpembelajaran.Penelitianinibertujuan1)untukmenjelaskanperbedaanefektivitasantarametodepembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasipadamatapelajaranEkonomiterhadapaktivitasbelajarsiswakelasVIISMPNegeri24Malang.2)UntukmenjelaskanperbedaanefektivitasantarametodepembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasipadamatapelajaranEkonomiterhadaphasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri24Malang.Penelitianinimerupakanpenelitianquasieksperimen.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri24MalangyangberlangsungselamaduakalipertemuandenganpokokbahasanTindakanMotifdanPrinsipEkonomi.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIAsebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuandenganmodelTGTdansiswakelasVIIBsebagaikelaskontrolyangdiberiperlakuandenganmodelsimulasi.Teknikpengumpulandatamelaluites(pre-testdanpost-test)danlembarobservasi.Datayangdianalisisdalampenelitianiniadaduamacamyaitu1)dataaktivitasbelajardan2)datahasilbelajar.Analisisdatahasilbelajardilakukandenganmenggunakanujinormalitasujihomogenitasvarianujikesamaanrata-ratadanujihipotesis.Dataaktivitasbelajardianalisisdenganmenggunakanujichi-square.HasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanyangsignifikanantaraaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIIyangdiajardenganmenggunakanmodelpembelajaranTGTdanmodelpembelajaransimulasipadamateritindakanmotifdanprinsipekonomi.BerdasarkanhasilpenelitiandisimpulkanbahwaterdapatperbedaanaktivitasdanhasilbelajarsiswauntukmatapelajaranekonomipadapembelajaranmodelTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasi.DimanapenggunaanmetodepembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament)diSMPNegeri24MalanglebihefektifuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarsiswakelasVIIpadamatapelajaranekonomidibandingkandenganpenggunaanmetodepembelajarankooperatifmodelsimulasi.Saransebagaiberikut1)GurumatapelajaranekonomidiharapkandapatmenerapkanmodelpembelajaranTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasisebagaisalahsatualternatifpilihandalampraktikpembelajaranuntukmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswasertadapatmengalokasikanwaktudengansebaikmungkinagartujuanpembelajarandapattercapai2)SekolahSMPNegeri24MalangdiharapkandapatmenyediakansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungefektifitaspembelajaranmodelTGT(TeamsGamesTournament)dansimulasisepertibahanajarsebagaibukupegangansiswaagarmerekadapatbelajardenganbaiktidakhanyamengandalkancatatanyangsetiapkalipertemuanditulisdipapantulis3)Bagipenelitilaindiharapkanlebihmampumengembangkanhasilpenelitianinidenganmateriyangberbedadansebaiknyadilakukandenganwaktuyangcukupsehinggadiperolehhasilyangmaksimalsertapenelitianinidigunakansebagaiacuanlandasanataubahanliteraturuntukpenelitianlebihlanjut.