Pengaruh lingkungan keluarga dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Blitar / Nining Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Nining |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38844/ |
Daftar Isi:
- KataKunciLingkunganKeluargaKebiasaanBelajarPrestasiBelajarEkonomiPendidikanmerupakanusahasadarterencanauntukmewujudkansuasanabelajardanprosespembelajaranagarpesertadidiksecaraaktifmengembangkanpotensibelajarnya.HalinimerupakanhaksetiapwarganegaraRepublikIndonesiauntukmemperolehpendidikanyangdisesuaikanperkembanganilmupengetahuandanteknologi.Prestasibelajarsiswapadadasarnyadapatdipengaruhioleh2faktoryaknilingkungankeluargadankebiasaanbelajar.Lingkungankeluargamerupakanpengaruhyangberasaldarikeluargasiswa.Pengaruhlainyangdapatmempengaruhiprestasibelajarekonomiadalahkebiasaanbelajarsiswayangberasaldariindividusiswa.Dilihatdaripengamatansementaralingkungankeluargakurangdominanmendukungdalamprestasibelajarsiswabiladibandingkandengankebiasaanbelajarhalinidisebabkankarenakesibukankeduaorangtuasiswayangcenderungtinggisehinggamerekakurangdalammemberiperhatiankepadaanaknya.Sedangkanlingkungankeluargayangakanditelitimeliputikeadaanekonomikeluargaperhatianorangtuacaraorangtuamendidikdankondisilingkungankeluarga.Diharapkanlingkungankeluargadankebiasaanbelajarsiswaharussalingmendukungagardapatmeningkatkanprestasibelajarsiswamenjadilebihmaksimal.Penelitianbertujuan(1)untukmengetahuiadanyapengaruhlingkungankeluargakebiasaanbelajarprestasibelajarsiswakelasXIIPSSMANegeri3Blitar.Variabelbebas(independent)dalampenelitianiniterdiridarilingkungankeluarga(X1)dankebiasaanbelajar(X2).Sedangkanvariabelterikatnya(dependent)prestasibelajarsiswa(Y).Rancanganpenelitiandalampenelitianiniadalahdeskriptifkuantitatif.Analisisdeskriptifdigunakanuntukmendeskripsikanlingkungankeluarga(X1)kebiasaanbelajar(X2)danprestasibelajarsiswa(Y)dalambentukperhitunganpresentase.Analisisregresilinierbergandadigunakanuntukmenentukanbesarnyapengaruhlingkungankeluarga(X1)dankebiasaanbelajar(X2)terhadapprestasibelajarsiswa(Y)kelasXIIPSSMANegeri3Blitar.Populasiyangberjumlah112siswadansampelnya53siswa.Teknikpengambilansampelmenggunakanpropotionalrandomsamplingdenganmenggunakaninstrumenkuesioner.skalayangdigunakanskalalikertdengan5alternatifjawaban.Ujikualitasdatayangdigunakanadalahujivaliditasdanujireliabilitas.JenisdatamenggunakandataprimeryangdiperolehdarikuesionersedangkandatasekunderberupanilaiUTSsiswakelasXIIPSsemestergasaltahunajaran2010/2011.iHasilpenelitiandiSMANegeri3Blitarmenunjukkanbahwaanalisispengaruhlingkungankeluargaterhadapprestasibelajardiperolehnilaisig.tsebesar(0008)945(005)danthitung(2.785)ttabel(2.021)makalingkungankeluargaberpengaruhsecarasignifikanterhadapprestasibelajar.Sedangkannilaisig.tsebesar(0000)945(005)danthitung(5.459)ttabel(2.021)makakebiasaanbelajarberpengaruhsecarasignifikanterhadapprestasibelajar.AnalisispengaruhlingkungankeluargadankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswadiperolehnilaiFhitung(57.619)Ftabel(1.600)dengantingkatsig.t(0000)945(005)makalingkungankeluarga(X1)dankebiasaanbelajar(X2)secarabersama-sama(simultan)berpengaruhsecarasignifikanterhadapprestasibelajarsiswa.BesarRSquareadalah0.697.Haliniberarti697%perubahanvariabelprestasibelajar(Y)disebabkanolehperubahanvariabellingkungankeluarga(X1)dankebiasaanbelajar(X2)sedangkansisanyasebesar303%disebabkanolehvariabellain.Hasilpenelitianinimenyimpulkanbahwaterdapatpengaruhyangsimultandanparsialantaralingkungankeluargadankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswa.Saranyangbisadiberikan(1)Orangtuahendaknyalebihmeningkatkanperhatiankepadaanaknyamisalkandengancaramembuatjadwalbelajardanmenemaninyasaatanakbelajarsertadapatmembantupadasaatanakmengalamikesulitanbelajaragarperkembangananakdapatlebihbaiklagisehinggadapatmeningkatkanprestasibelajarnya.(2)Pihaksekolahhendaknyaperlumeningkatkankerjasamadenganorangtuasiswadalamberbagaibidang(selainfinansial)sepertilebihmemperhatikanperkembangananakdidiknyamemantaudanmengarahkansiswaagarmemilikikebiasaaanbelajaryangpositifsehinggaakanmenciptakankondisibelajaryangbaikdankondusifyangdapatmendukungprestasibelajarsiswa.(3)BagiPenelitiSelanjutnyaapabilamenelitihalyangsamadenganpenelitianinidiharapkanvariabelyanginginditelitilebihdiperluaslagidanhasilpenelitiandaridataordinalseharusnyadirubahkedalambentukdataintervalterlebihdahulusehinggadatayangdiregresiakanlebihakuratdanhasilpenelitiandiharapkandapatdigunakansebagailandasanatauliteraturuntukpenelitianlebihlanjut.