Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model two stay two stray terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Sukomoro Nganjuk / Sevita Megasanti
Main Author: | Megasanti, Sevita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38841/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKooperatifTwoStayTwoStrayHasilBelajar.PembelajaranKooperatifmerupakansuatupembelajaranyangdilaksanakandalamkelompokyangterdiridari2orangataulebihdenganunsur-unsursalingketergantunganpositiftanggungjawabperseorangantatapmukakomunikasiantaranggotadanadanyaevaluasiproseskelompok.TwoStayTwoStraymerupakanmodelpembelajaranyangdilaksanakansecaraberkelompokdengananggotaberjumlah4orangyangdalampelaksanaannyaduaorangbertindaksebagaitamudanduaorangsebagaipenerimatamu.Dalammodelpembelajaraninisiswadapatsalingberbagiinformasidengankelompoklainyaitumelaluikegiatanbertamudanmenerimatamu.PenelitianinimerupakanpenelitiankuasieksperimenyaitupenelitianyangbertujuanmembandingkanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraydansiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankonvensional.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIISSMAN1SukomoroNganjukTahunAjaran2010/2011.Instrumenyangdipakaidalampenelitianiniadalahdenganmenggunakansoalteshasilbelajaryangdiujidenganujivaliditasdanreliabilitas.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujihipotesismenggunakanujitpadatarafsignifikansi005.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwarata-ratakemampuanawalsiswakelaseksperimendankelaskontroladalahsama.Halinidapatdilihatdarinilaisignifikansi0907lebihbesardari005danthitung0118lebihkecildarittabel1989.Sedangkanrata-ratakemampuanakhirsiswakelaseksperimendankelaskontroltidaksama.Halinidapatdilihatdarinilaisignifikansi0000lebihkecildari005danthitung4868lebihbesardarittabel1989.PembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraymempunyaihubunganyangpositifsignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelasXIISpadamatapelajaranEkonomidiSMAN1SukomoroNganjuk.Halinidapatdilihatdariujitgainscoredengannilaisignifikansi0013lebihkecildari945005danthitung2533lebihbesardarittabel1989.DarihasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStrayberpengaruhsecarapositifsignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelasXIISpadamatapelajaranEkonomidiSMAN1SukomoroNganjuk.Saranyangdapatdiajukandaripenelitianiniadalah(1)SekolahdiharapkanlebihmeningkatkanmutupendidikanmelaluipemberianstandarisasiRPPdenganmodelpembelajaranyangbervariasimisalnyadenganmodel-modeldalammetodepembelajarankooperatif(2)GurudiharapkandapatmemberikanvariasimodelpembelajaranmisalnyadenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraysehinggasiswadapatbelajarlebihbaiksertatidakbosandanselalumemilikisemangatyangtinggiuntukbelajardanmencapaihasilbelajaryanglebihbaik(3)Penelitilaindiharapkanapabilaakanmelakukanpenelitianyangserupaperlumemperhatikanmasalahjumlahsiswa.Denganjumlahsiswayangsamaakanmemudahkanpenelitiuntukmenghitungrata-ratakemampuansiswasehinggadapatdiperolehhasilyangmaksimal.