Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Division) dengan media kartu kerja pada mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Malang / Alfiyah
Main Author: | Alfiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38839/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajarankooperatifModelSTADMediaKartuKerjaHasilBelajarPembelajarankooperatifmodelSTAD(StudentTeamsAchievementDivision)denganmediakartukerjadilaksanakansebagaiupayauntukmeningkatkanhasilbelajarsiswasupayahasilbelajarsiswatersebutmeningkatketarafprestasiyanglebihbaikdarisebelumnyadanmemenuhiKKM(KriteriaKetuntasanMinimum).Disampingitujugasebagaiupayauntukmeningkatkankeaktifansiswasupayasiswatidakpasifperansiswalebihdominandibandingguruterjadipengembanganinteraksiantarasiswadengansiswamaupunsiswadengangurudanmenumbuhkankemampuankerjasamayangbaiksertatujuanpembelajarantercapaisecaraoptimal.TujuandaripenelitianyaitumendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADdenganmediakartukerjapadamatapelajaranEkonomibagisiswakelasX-3SMANegeri2MalangmenghitungdanmengolahhasilbelajarsiswadariaspekafektifdankognitifsertamengetahuiresponsiswakelasX-3SMANegeri2MalangterhadappembelajarankooperatifmodelSTADdenganmediakartukerja.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkuantitatif.JenispenelitianyangdigunakanPenelitianTindakanKelas.Teknikpengumpulandatamenggunakanpengamatantesdanangketresponsiswa.Instrumenpenelitianyakni1)kisi-kisipenyusunansoalbesertasoalyangdiujiterlebihdahuludinon-subjekpenelitianyaitusiswakelasX-2SMANegeri2Malang.Instrumensoaldiujimenggunakanujitingkatkesukaransoaldayapembedasoalujivaliditasbutirsoaldanujireliabilitassoal.HasilujiinstrumensoaldiberikankesubjekpenelitianyaitusiswakelasX-3SMANegeri2Malangdenganjumlah34siswauntuksoalpre-testdanpost-testsiklusIdanII2)RPP(RencanaPelaksanaanPembelajaran)siklusIdanII3)lembarobservasi4)angket5)dokumentasi.KegiatanpenelitiandilaksanakandalamduasiklusyaitupadabulanAgustus-Oktober2010.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelSTADdenganmediakartukerjadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasX-3SMANegeri2Malang.DapatdilihatdaridatapenilaianaspekafektifpadasiklusIjumlahnilairata-ratasebesar60.7danpadasiklusIIjumlahnilairata-ratanaiksebesar90.5adapeningkatan29.8poin.DaridatapenilaianaspekkognitifpadasiklusIjumlahnilairata-ratapre-testsebesar63.65siswayangsudahmemenuhiKKM20.6%.Padasaatpost-testjumlahnilairata-ratanaikmenjadi79.84siswayangmemenuhiKKM64.7%.PadasiklusIdaripre-testkepost-testadakenaikanjumlahnilairata-rata16.19poindansiswayangmemenuhiKKMmeningkatsebesar44.1%.PadasiklusIIjumlahnilairata-ratapre-testsebesar66.67siswayangmemenuhiKKM11.8%.Padasaatpost-testjumlahnilairata-ratanaik82.16siswayangmemenuhiKKM82.4%.PadasiklusIIdaripre-testkepost-testadakenaikanjumlahnilairata-rata15.49poindansiswayangmemenuhiKKMmeningkat70.6%.Adapunsecaraklasikalsiswadapatdikatakanmengalamiketuntasanbelajarapabilasebesar75%siswamendapatnilaiKKM880575.PadasiklusIIsecaraklasikalsiswasudahmengalamiketuntasanbelajarkarenajumlahsiswayangmendapatkannilaiKKM880575melebihibatasyangditentukanyaitusebesar82.4%.Darihasilangketresponsiswadiketahuidenganjumlahpersentasetertinggi88.2%padaumumnyasiswakelasX-3SMANegeri2MalanglebihsenangbelajarkelompokmenggunakanpembelajarankooperatifmodelSTADdenganmediakartukerjapadamatapelajaranEkonomi.BerdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagiSekolahMenengahpembelajarankooperatifmodelSTADdenganmediakartukerjadapatdijadikansebagaibahanpertimbangandalammembuatkebijakandisekolahdalamupayapembinaanterhadapgurudansiswadalamrangkameningkatkanmutudankualitaspendidikan.BagigurumatapelajaranEkonomidapatmemilihdanmengembangkanpembelajarankooperatifmodelSTADdenganmediakartukerjasebagaisalahsatualternatifpilihanyangsesuaidenganmateritentangperilakukonsumendanprodusen.BagipenelitiselanjutnyadalamkegiatanbelajarmengajardapatmengembangkanpembelajarankooperatifmodelSTADdenganmediakartukerjasecaratepatdanbervariasisertasesuaimaterisupayasiswalebihtertarikmerespondenganbaikdanhasilbelajarsiswameningkat.