Pelaksanaan pembelajaran IPS-ekonomi oleh guru-guru IPS SMP Negeri se-kota Blitar berdasarkan KTSP (studi kasus pada 10 guru SMP Negeri Kota Blitar) / Nurul Chotijah

Main Author: Chotijah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38837/
Daftar Isi:
  • KataKunciPelaksanaanPembelajaranIPS-EkonomiGuruIPSKTSP.KurikulumyangditerapkansaatiniadalahKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).DalamKTSPterdapatmateriEkonomiyangtergabungdalambidangstudiIPS.Sebagaikurikulumbaruimplementasikurikulumbanyakmenemukankendaladanhambatan.BelumsemuasekolahbisamenyusunkurikulumsendiriberdasarkanKTSPkarenakurikulumlamaterlanjurmembatasikreativitasguru.prakteknyadilapanganimplementasiKTSPtidaklahmudahdilakukankerenagurumenghadapimasalahpadapengembanganprogrampelaksanaanpembelajarandanevaluasipembelajaran.KTSPsebagaikurikulumbarukemungkinantimbulnyaketidakpahamanguruterhadappenyusunandankesiapangurudalamimplemetasiKTSPdisekolah.SelainituterdapatbeberapaguruyangmengalamikesulitandarisegipengembangansilabusdanpenyusunanRPP.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajaranIPS-EkonomiSMPNegeriSe-KotaBlitarBerdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)ditinjaudari(1)perencanaanpelaksanaanpembelajaran(2)pelaksanaanpembelajaran(3)evaluasi.Penelitianinidirancangdenganrancangandeskripifkualitatifdenganmetodesurvei.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhguruIPSyangmengajarkanmateriEkonomiyangtersebarpada10SMPNegeriyangterdapatdikotaBlitar.Sampelpadapenelitianiniadalah10guruIPSyangmengajarkanmateriEkonomipada6SMPNegeriKotaBlitar.KeenamSMPNegeritersebutadalahhasilStudikasusyangsebelumnyadiobeservasilangsungpadamatakuliahperencanaanpembelajaran.Masing-masingSMPNegerimempunyaiguruyangmengajarkanmateriekonomisebanyak2dan3.Datayangdiperolehdariangketselanjutnyadiberibobotpadatiap-tiapitemjawabandenganmengacupadakriteriapenyekoranangket.Pemberianskorberkisarantara1sampaidengan4.Selanjutnyadilakukanklasifikasidenganmenggunakanrumus.Skortiapitemyangdiperolehdiakumulasikanmenjadiskortiapdeskriptorindikatordantiapsubvariabeldanhasilnyadisesuaikandenganhasilklasifikasi.Darihasilpenelitianditemukanbahwa(1)perencanaanpembelajaranIPS-Ekonomiyangdilakukanolehguru-guruIPSSMPNegeriSE-KotaBlitarberdasarkanKTSPadalahcukupbaikdenganpersentase68%(2)pelaksanaanpembelajaranIPS-Ekonmiyangdilakukanolehguru-guruIPSSMPNegeriSe-kotaBlitarberdasarkanKTSPadalahkurangbaikdenganpersentase57%(3)evaluasipembelajaranIPS-Ekonomiyangdilakukanolehguru-guruIPSSMPNegerise-KotaBlitarberdasarkanKTSPadalahkurangbaikdenganpersentase54%.