Pelaksanaan pembelajaran IPS-ekonomi oleh guru-guru IPS SMP Negeri se-kota Blitar berdasarkan KTSP (studi kasus pada 10 guru SMP Negeri Kota Blitar) / Nurul Chotijah
Main Author: | Chotijah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38837/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPelaksanaanPembelajaranIPS-EkonomiGuruIPSKTSP.KurikulumyangditerapkansaatiniadalahKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).DalamKTSPterdapatmateriEkonomiyangtergabungdalambidangstudiIPS.Sebagaikurikulumbaruimplementasikurikulumbanyakmenemukankendaladanhambatan.BelumsemuasekolahbisamenyusunkurikulumsendiriberdasarkanKTSPkarenakurikulumlamaterlanjurmembatasikreativitasguru.prakteknyadilapanganimplementasiKTSPtidaklahmudahdilakukankerenagurumenghadapimasalahpadapengembanganprogrampelaksanaanpembelajarandanevaluasipembelajaran.KTSPsebagaikurikulumbarukemungkinantimbulnyaketidakpahamanguruterhadappenyusunandankesiapangurudalamimplemetasiKTSPdisekolah.SelainituterdapatbeberapaguruyangmengalamikesulitandarisegipengembangansilabusdanpenyusunanRPP.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipelaksanaanpembelajaranIPS-EkonomiSMPNegeriSe-KotaBlitarBerdasarkanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)ditinjaudari(1)perencanaanpelaksanaanpembelajaran(2)pelaksanaanpembelajaran(3)evaluasi.Penelitianinidirancangdenganrancangandeskripifkualitatifdenganmetodesurvei.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhguruIPSyangmengajarkanmateriEkonomiyangtersebarpada10SMPNegeriyangterdapatdikotaBlitar.Sampelpadapenelitianiniadalah10guruIPSyangmengajarkanmateriEkonomipada6SMPNegeriKotaBlitar.KeenamSMPNegeritersebutadalahhasilStudikasusyangsebelumnyadiobeservasilangsungpadamatakuliahperencanaanpembelajaran.Masing-masingSMPNegerimempunyaiguruyangmengajarkanmateriekonomisebanyak2dan3.Datayangdiperolehdariangketselanjutnyadiberibobotpadatiap-tiapitemjawabandenganmengacupadakriteriapenyekoranangket.Pemberianskorberkisarantara1sampaidengan4.Selanjutnyadilakukanklasifikasidenganmenggunakanrumus.Skortiapitemyangdiperolehdiakumulasikanmenjadiskortiapdeskriptorindikatordantiapsubvariabeldanhasilnyadisesuaikandenganhasilklasifikasi.Darihasilpenelitianditemukanbahwa(1)perencanaanpembelajaranIPS-Ekonomiyangdilakukanolehguru-guruIPSSMPNegeriSE-KotaBlitarberdasarkanKTSPadalahcukupbaikdenganpersentase68%(2)pelaksanaanpembelajaranIPS-Ekonmiyangdilakukanolehguru-guruIPSSMPNegeriSe-kotaBlitarberdasarkanKTSPadalahkurangbaikdenganpersentase57%(3)evaluasipembelajaranIPS-Ekonomiyangdilakukanolehguru-guruIPSSMPNegerise-KotaBlitarberdasarkanKTSPadalahkurangbaikdenganpersentase54%.