Perbandingan efektivitas pendekatan konstruktivistik model learning cycle (LC 5E) dengan pembelajaran kooperatif model two stay two stray dalam peningkatan prestasi belajar ekonomi pokok bahasan perilaku konsumen dan produsen kelas X SMA Negeri 1 Sukomoro Nganjuk / Dwi
Main Author: | Nuryanti, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38836/ |
Daftar Isi:
- KatakunciLearningCycle5E(LC5E)TwoStayTwoStrayPrestasiBelajarEkonomiKegiatanpembelajaranmerupakanprosesberpikirsiswauntukmelengkapistrukturkognitifnyasehinggamemilikiketerhubunganantarakonsep-konseppengetahuandidalamnya.Halinidipengaruhiolehfaktorinternaldaneksternalyangkompleks.GurusebagaifasilitatorharusmampumemilihdanmenentukanpendekatanmetodedanmodelpembelajaranyangtepatdenganpokokbahasanyangakandipelajarisehinggasiswamampumencapaiprestasibelajardiatasKKM.PenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStraypadapokokbahasanPerilakuKonsumendanProdusenmenyebabkanprestasibelajarsiswakelasXSMANegeri1SukomoroNganjukpadamatapelajaranekonomikhususnyapokokbahasanperilakukonsumendanprodusenmasihdibawahKKM.HalinikarenamodelpembelajaranTwoStayTwoStrayadalahmodelpembelajaranyangmengoptimalkanaktivitasinteraksisiswadankurangdalamkontruksipengetahuanuntukmelengkapistrukturkognitifsiswasehinggakegiatanpembelajaranmenjadikurangbermaknabagisiswa.PenerapanmodelpembelajaranLearningCycle5EdipercayamampumengatasimasalahrendahnyaprestasibelajarsiswapadapokokbahasanPerilakuKonsumendanProdusen.ModelpembelajaranLearningCycle5E(LC5E)merupakanmodelpembelajaranyangmengembangkanaspekkognitifmeliputistrukturisidanfungsiyangmenekankanpadaorganisasi-organisasimentaltingkattinggiuntukmemecahkanmasalah-masalahsertaprosesperkembanganintelektualtermasukkonstruksi.Tujuandaripenelitianiniadalah1)UntukmengetahuiprestasibelajarekonomisiswayangdiajardenganmenerapkanpendekatankonstruktivistikmodelLearningCycle5E(LC5E)padapokokbahasanPerilakuKonsumendanProdusenkelasXSMANegeri1SukomoroNganjuk2)UntukmengetahuiprestasibelajarekonomisiswayangdiajardenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTwostayTwoStraypadapokokbahasanPerilakuKonsumendanProdusenkelasXSMANegeri1SukomoroNganjukdan3)UntukmengetahuiperbedaanprestasibelajarekonomisiswayangdiajardenganmenerapkanpendekatankonstruktivistikmodelLearningCycle5E(LC5E)denganprestasibelajarekonomisiswayangdiajardenganpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStraypadapokokbahasanPerilakuKonsumendanProdusenkelasXSMANegeri1SukomoroNganjuk.PenelitianinitermasukjenispenelitianeksperimendenganrancanganpenelitianadalahPreExperimentalDesign.PopulasipadapenelitianadalahseluruhSiswakelasXSMANegeri1SukomoroNganjuk.Sedangkansampelyangdiambilterdiridariduakelasdimanasatukelassebagaikelompokeksperimen1yaitukelasX-4dansatukelassebagaikelompokeksperimen2yaitukelasX-5yangdiambildenganteknikPurposiveRandomSampling.Datadiambildaridokumentasiwawancaradantes(pretestdanposttest).Analisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptifujipersyaratanyaituujinormalitasdanujihomogenitasdanujihipotesisyaituujibedarata-ratakemampuanawal(ttest)kemampuanakhir(ttest)dangainvalue(ttest).HasilpenelitianmenunjukanbahwaadaperbedaanyangsignifikanantaraprestasibelajarekonomisiswayangdiajarmenggunakanpendekatankonstruktivistikmodelLearningCycle5E(LC5E)denganpeningkatanprestasibelajarekonomisiswayangdiajarmenggunakanpembelajarankooperatifModelTwoStayTwoStray.DarihasilanalisisstatistikdenganmenggunakanUji-tdiperolehhasil1)Nilairata-ratapretestdarikelompokeksperimen1adalah2350dannilaipretestpadakelompokeksperimen2adalah22502)Nilairata-rataposttestkelompokeksperimen1yangdiajardenganmodelLearningCycle5Esebesar7575dannilairata-rataposttestkelompokeksperimen2yangdiajardenganmodelTwoStayTwoStraysebesar6684dan3)Rata-ratagainvaluekelompokeksperimen1yangdiajardenganmodelLearningCycle5E(LC5E)sebesar5225sedangkanrata-ratagainvaluekelompokeksperimen2yangdiajardenganmodelTwoStayTwoStraysebesar4434.HalinimenunjukkanbahwapeningkatanprestasibelajarekonomisiswayangdiajardenganmenggunakanpendekatankonstruktivistikmodelLearningCycle5E(LC5E)lebihtinggidaripadapeningkatanprestasibelajarekonomisiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTwoStayTwoStray.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisarankansebagaiberikut1)BagigurumatapelajaranekonomidiSMANegeri1SukomoroNganjukkhususnyadandisekolahlainumumnyadisarankanuntuklebihselektifdalammenentukanmodelpembelajaranyangsesuaidenganpokokbahasanyangdiajarkan2)BagilembagapendidikandaninstitusiyangterkaitdisarankanuntukmembantumensosialisasikanpendekatankonstruktivistikmodelLearningCycle5E(LC5E)danmengadakankerjasamadenganperguruantinggiuntukmeningkatkankemampuangurumelaluipelatihandanpenatarancaramenerapkanpendekatankonstruktivistikdisekolah-sekolahsecarabenardan3)BagiPenelitianLanjutandisarankanuntukmenerapkanmodelLearningCycle5Epadapokokbahasanyangberbedadengankarakteristikyangsamadansampelyanglebihluassehinggadapatdiketahuiapakahterdapathasilyangsamadenganhasilpenelitianini.Disarankanpulauntukdiadakanpenelitianlanjutandenganmengukurprestasibelajartidakhanyadariranahkognitifsajatetapijugaranahafektifdanpsikomotoragarmenghasilkanpenelitianyangmemilikinilailebih.KarenaresponsiswaterhadappenerapanpembelajaranmodelLearningCycle5Edalampenelitianinibelumdapatdiungkapkanmakadisarankanpenelitianberikutnyadapatmengungkapkanhaltersebut.