Pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Mojosari Mojokerto / Arief Rakhman

Main Author: Rakhman, Arief
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38826/
Daftar Isi:
  • KataKunciPemanfaatanFasilitasBelajarMotivasiBelajarPrestasiBelajarKualitaskehidupansuatubangsaditentukanolehfaktorpendidikanmasyarakatperkembanganpendidikanyangdinamisdisebabkanadanyatuntutanperkembanganmasyarakatperkembanganIPTEKdankebutuhanperkembangankualitastenagakerja.KriteriaminimaltentangsystempendidikandiseluruhwilayahNegaraKesatuanRepublikIndonesia(NKRI)yangterdiriatas8(delapan)standaryaitustandarisistandarprosesstandarkompetensilulusanstandarpendidikdantenagakependidikanstandarsaranadanprasaranastandarpengelolaanstandarpengayaanstandarpenilaianpendidikan.Fasilitasbelajaryanglengkapdapatmemunculkanmotivasisiswadalammelakukanaktivitasbelajaryangpadaakhirnyaakanmenentukankeberhasilanbelajarsiswasehinggadapatdikatakanbahwakeberhasilanbelajarsiswatidakhanyaditentukanfasilitasbelajarynaglengkaptetapijugamotivasibelajaryangbesardarisiswaitusendiri.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpemanfaatanfasilitasterhadapprestasibelajarsiswaSMPNegeri2MojosariuntukmengetahuipengaruhmotivasibelajarterhadapprestasibelajarsiswaSMPNegeri2MojosariuntukmengetahuipengaruhpemanfaatanfasilitasbelajardanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarsiswadiSMPNegeri2Mojosari.SubyekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIIdiSMPNegeri2Mojosariyangberjumlah202siswadansampelnyasebesar40siswa.Penelitianinimenggunakanmetodeanalisisanalisisstatistikinferensialyaituregresigandaatauubahanuntukmengetahuibesarnyapengaruhantarapemanfaatanfasilitasbelajardisekolahdanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajar.Penelitianinimerupakanpenelitiananalitikyangdilakukansecaracrosssectionalyaitupenelitianyangmenekankanwaktupengukuranatauobservasidatavariabelindependendandependenhanyasatukalipadasatusaat.Variabelbebasdalampenelitianiniterdiridaripemanfaatanfasilitasbelajar(X1)danmotivasibelajar(X2).SedangkanvariabelterikatnyaprestasibelajarsiswakelasVIII(Y)TeknikpengambilansampelmenggunakanProportionalRandomSampling.Teknikanalisisdalampenelitianinimenggunakanteknikanalisisdeskriptifteknikanalisisregresilinierberganda.UjihipotesisyangdipakaimenggunakanujiFuntukmengetahuipengaruhsimultanujituntukmengetahuipengaruhparsial.PemanfaatanfasilitasbelajardisekolahsiswakelasVIIIdiSMPNegeri2MojosariadalahbaikdanmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri2Mojosari.motivasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri2MojosariadalahbaikdanmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri2Mojosari.PemanfaatanfasilitasbelajaryangtinggidanmotivasibelajaryangtinggipulauntukmendukungprosesbelajarsiswasehinggadapatmemberikanpengaruhyangbaikterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri2Mojosari.DaripembahasandiatasdapatdikatakanbahwapemanfaatanfasilitasbelajardanmotivasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri2MojosariadalahbaikdanmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri2Mojosari.Kepadapihakagarselalumemperbaikisertameningkatkanfasilitassekolahyangadaterutamafasilitasyangmendukungprosepembelajaransiswasepertikeadaanpenataanruangkelaskeadaantamansekolahmediapembelajaranlaboratoriumsertafasilitas-fasilitasyanglainkarenasecaratidaklangsungfasilitassekolahyangadaberpengaruhterhadapmotivasibelajardanprestasibelajarsiswakedepannya.Kepadaparasiswauntukselalumenggunakanataumemanfaatkanfasilitassekolahyangsudahtersediadengansemaksimalmungkindanjugaberanimembukadiriterhadapguruagarkomunikasidalampembelajaranmenjadilebihbaikdannyaman.