Penerapan pembelajaran diskusi kelas dengan menggunakan teknik buzz group untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Geger Madiun / Rima Andita Kumala Dewi
Main Author: | Dewi, Rima Andita Kumala |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38825/ |
Daftar Isi:
- KataKunciDiskusikelasteknikBuzzGroupmotivasidanhasilbelajarPadapembelajaranekonomidiSMANegeri1GegerMadiunumumnyagurumasihmenggunakanmetodeceramahLKSdanmasihkurangbervariasi.KemudianmotivasisiswakelasXmasihrendah.Haltersebutdibuktikanpadasaatprosespembelajaranberlangsungsiswacenderungpasifanhanyasiswa-siswatertentusajayangmaumenjawabpertanyaan.RendahnyamotivasibelajarekonomidansikapsiswaterseutberdampakterhadaphasilbelajaryangdiperoleholehsiswaklasXSMANegeri1GegerMadiun.Halinidapatdilihatdarisebagianbesarsiswayangmengikutiremidikarenaskoryangdipilhkurangmemenuhistandarketuntasanminimum(SKM)yangditetapkandiSMANegerilGegerMadiunyaitu75keatas.SelainituuntukpelajaranekonomidikelasXgurumasihmenggunakanpembelajarantradisional.Untukdiskusiseringdilakukannamunmasihbersifattradisional.Sehinggasiswamasihberpusatatautergantugpadatemanataugurudansiswakurangaktifuntukberpikir.Untukmengataipermasalahandiatasdiperlukansuatustrategidanmodelpemelajaranyangdapatmelibatkanperaaktifsiswauntukbekerjasamadalammemaksimalkankondisibelajarsehinggadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajar.SalahsatustrategiyangditerapkandalampenelitianiniadalahmodelpembelajarandiskusikelasdenganmenggunakanteknikBuzzGroup.ModelpembelajarandiskusikelasdenganmenggunakanteknikBuzzGroupmerupakanstrukturyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanpenguasaanakademikdanmemberikanwaktukepadasiswauntukberpikirdanmeresponsiswalainsalingmembantusatusamalain.StrukturyangadadalammodelpembelajarandiskusikelasdenganmenggunakanteknikBuzzGroupyaitusiswadiberiwaktuuntukberpikirbekerjasamadanmenyampaikanide-idenyadalambentukdiskusikelompokdanmempresentasikanhasildiskusikelompokdidepankelassehinggaseluruhsiswadapatberperanaktifdalampembelajara.Penelitianinibertujuan(l)untukmengetahuiapakahpenerapanmodelpembelajarandiskusikelasdenganmenggunakanteknikBuzzGroupdapatmeningkatkanhasilbelajarekonomisiswakelasX-GSMANegerilGegerMadiundan(2)untukmengetahuiapakahpenerapanmodelpembelajarandiskusikelasdenganmenggunakanteknikBuzzGroupdapatmeningkatkanmotivasibelajarekonomisiswakelasX-GSMANegerilGegerMadiun.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatifpenerapanmodelpembelajarandiskusikelasdenganteknikBuzzGroupdilakukanduasiklusyangterdiridariempatpertemuan.PenelitianinimengambilsubyeksiswakelasX-GSMANegerilGegerMadiunpadatanggal30Mei2009sampaidengan20Juni2009.Teknikpengumpulandatamenggunakanteslembarobservasiangketdancatatanlapangan.DarihasilanalisisdatadapatdiketahuibahwahasilobservasibelajarsiswaaspekkeantusiasandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar16%.Sedangkanhasilangketmotivasisiswaaspekkeantusiasanmengalamipeningkatansebesar8%.Hasilobservasibelajarsiswadariaspekkeaktifanmengalamipeningkatansebesar20%.SedangkanhasilangketmotivasisiswaaspekkeantusiasandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar6%.Hasilobservasibelajarsiswadariaspekrasaingintahumengalamipeningkatansebesar16%.SedangkanhasilangketmotivasisiswaaspekrasaingintahudarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar17%.Hasilobservasibelajarsiswadariaspekketekunanmengalamipeningkatansebesar8%.SedangkanhasilangketmotivasisiswaaspekketekunandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar16%.Darihasilanalisisdatahasilbelajarsiswaaspekkognitifmengalamipeningkatansebesar25%.Berdasarkanhasilpenelitianiniadabeberapasaranyangdikemukakan(1)GurumatapelajaranekonomidisarankanunukmencobamenerapkanmodelpembelajarandiskusikelasdenganmenggunakanteknikBuzzGroupdalampembelajarannyaagardapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarekonomi(2)GuruekonomidisarankanpadasaatmenerapkanmodelpembelajarandiskusikelasdenganmenggunakBuzzGrouphendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkandanlingkunganbelajarsiswasertakesediaanwaktuyangcukup.