Pengaruh penggunaan teknologi informasi (TI) dan pelaksanaan proses belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa SMP Negeri 8 Malang / Siti Nafi'ah

Main Author: Nafi'ah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38816/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPerkembanganteknologiinformasitelahbanyakmemberikanpengaruhterhadapduniapendidikankhususnyadalamprosespembelajaran.Komunikasisebagaimediapendidikandilakukandenganmenggunakanmedia-mediakomunikasisepertiteleponkomputerinternetemaildansebagainya.Interaksiantaragurudansiswatidakhanyadilakukanmelaluihubungantatapmukatetapijugadilakukandenganmenggunakanmedia-mediatersebut.CaragurumenyampaikanmaterijugatidakhanyamenulisdipapantulistetapidapatmenggunakanmediaLCDproyektorsertaOHPsehinggapemanfaatanwaktudinilailebihefisien.Namundenganpenggunaanteknologiinformasijugaterdapatdampakdalampembelajaranyakni1).Pemakaianinternetdikelasyangpengawasannyatidakefektifmemungkinkanpebelajarmenggunakaninternetuntukhalyanglainyangtidakberkepentingandenganfungsinya.2).Kemudahandalammendapatpesanatauinformasibagipebelajarmenyebabkanpebelajarmenyerahkantugas-tugasyangbukanmenjadihakmiliknya3).Sulitmengkontrolpengaksesaninformasiyangtidaksesuaiuntuktugasseorangpebelajar.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MengetahuipengaruhpenggunaanteknologiinformasiterhadapprestasibelajarekonomipadasiswaSMPN8Malang.(2)MengetahuipengaruhprosesbelajarsiswaterhadapprestasibelajarekonomipadasiswaSMPN8Malang.(3)MengetahuipengaruhsimultanantaratingkatpenggunaanteknologiinformasidanprosesbelajarekonomipadasiswaSMPN8Malang.PopulasipenelitianiniadalahkelasVIIHVIIIHIXHSMPN8Malang.Teknikyangdigunakanmenggunakanteknikpopulasi.Instrumenyangdigunakanadalahangket.DatadianalisisdenganprosentasekorelasidanregresidenganbantuankomputerprogramSPSS16.0forwindows.Variabelyangdigunakandalampenelitianiniterdirivariabelbebasyaitupenggunaanteknologiinformasi(X1)danpelaksanaanprosesbelajar(X2).sedangkanvariabelterikatnyaadalahprestasibelajar(Y).Daripengolahandatamelaluiujihipotesisdapatdiketahuibahwapadavariabelpenggunaanteknologiinformasi(X1)secaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.Haliniterbuktibahwatsebesar4543t1663.Jikadilihatdaritingkatsignifikansinya(000)(005)makaHditolakdanHditerima.padavariabelpelaksanaanprosesbelajar(X2)secaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.Haliniterbuktibahwatsebesar4663t1663.Jikadilihatdaritingkatsignifikansinya(000)(005)makaHditolakdanHditerima.sedangkansecarasimultanberdasarkanhasilujiFbesaranprobabilitasnya(Sig)000005danNilaiF116555Ftabel311.Makahalinimenunjukkanbahwaantarapenggunaanteknologiinformasidanpelaksanaanprosesbelajarterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.BerdasarkanhalinidapatdikatakanbahwapenggunaanteknologiinformasidanpelaksanaanprosesbelajarberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswadiSMPNegeri8Malang.Saranuntukpenggunaanteknologiinformasidalamprosesbelajardiharapkankontribusiteknologiinformasiyangsemakinmajudanpelaksanaanprosesbelajaryangmenarikmenjadikanpembelajarandikelasitubukanlahhalyangmembosankanlaginamunakanmembangkitkansemangatsiswauntuklebihtermotivasidalambelajarsehinggadengantermotivasinyasiswadalambelajarmenjadikanprestasibelajarsiswajugaikutmeningkat.