Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Pagak / Setiana
Main Author: | Setiana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38813/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadTogether(NHT)HasilBelajar.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradengangurubidangstudiEkonomidiSMANegeri1Pagakdiperolehinformasibahwaprosespembelajaranekonomimasihmenggunakanmetodeceramahyangcenderungberpusatpadaguru(teachercentered).MetodeceramahyangdigunakangurukurangmenarikminatsiswayangberakibatsiswamenjaditergantugpadagurudanpartisipasisiswadalamkegiatanbelajarmasihkurangsehinggahasilbelajaryangdiperolehsiswakalasX-5padamatapelajaranekonomimasihkurangmaksimal(kurangmemenuhiStandarKetuntasanMinimal(SKM).SehubungandenganhaltersebutmakaguruharusmemperbaikimodelpembelajaranyangdigunakanagarsiswamenjadilebihaktifdalamprosesbelajarsehinggahasilbelajarnyadapatmeningkatdanmemenuhiStandarKetuntasanMinimal(SKM).SalahsatumodelpembelajaranyangdapatmemperbaikiprosesbelajarmengajardikelasX-5SMANegeri1PagakadalahpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogether(NHT).MelaluipembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogether(NHT)parasiswaaktifbekerjasamayangdimulaidenganpenomoranpengajuanpertanyaanberpikirbersamadanpemberianjawaban.PembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogether(NHT)jugadirancanguntukmempengaruhipolainteraksisiswadansebagaialternatifdalamstrukturkelastradisional.TujuanPenelitianiniadalah(1)UntukmengetahuiprosespembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogether(NHT)padamatapelajaranekonomidiSMANegeri1Pagak.(2)UntukmengetahuihasilbelajarsiswakelasX-5SMANegeriIPagakmatapelajaranEkonomidenganpembelajarankooperatifmodelNumberadHeadTogether(NHT).(3)UntukmengetahuiketuntasanbelajarsiswakelasX-5SMANegeriIPagakmatapelajaranEkonomidenganpembelajarankooperatifmodelNumberadHeadTogether(NHT)SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasX-5SMANegeripagakdenganjumlah34orangsiswayangterdiridari13siswalaki-lakidan21siswaperempuan.JenispenelitianyangdilakukanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Penelitianinidilakukandengan2siklus.Datapenelitianberupahasilbelajarsiswapadaaspekkognitifdanafektifyangdiperolehdalam2siklus.Datahasilbelajarkognitifdeperolehdarihasiltesyangdilakukansetiapsiklussedangkanhasilbelajaraspekafektifdiperolehmelaluiobservasilangsungselamatindakandiberikandenganmenggunakanrubrikpenilaian.HasilPenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankooperatifmodelNHTdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Hasilbelajarkognitifmenujukannilairata-ratasiswakelasX-5SMANegeri1Pagakadalah7059denganpersentaseketuntasanbelajarklasikalsebesar588%padasiklusIdanpadasiklusIInilairata-ratasiswa85denganpersentaseketuntasanbelajarklasikalsebesar824%.Ketuntasanbelajarklasikalmeningkatsebesar236%.Rata-ratahasilbelajaraspekafektifsiswakelasX-5padasiklusIsebesar72menjadi875padasiklusII.Saranyangdapatpenelitisampaikanyaitu(1)BagigurumatapelajaranekonomidiSMANegeri1Pagakpadakhususnyadanparaguruekonomidisekolahlainpadaumumnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogethersebagaisalahsatualternatifpembelajarandidalamkelasdalamrangkameningkatkanhasilbelajarekonomisiswa(2)Penerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherhendaknyadilakukansecarabertahapsesuaidenganlangkah-langkahnyaagarmendapatkanhasilyangoptimal(3)Penerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherhendaknyadisesuaikandenganlingkunganbelajarsiswadanketersediaanwaktuyangcukup(4)Padapenelitianinidalammengukurhasilbelajarpenelitihanyamengukurranahkognitifdanafektifsaja.Olehkarenaitubagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengukurketigaranahyangmeliputiranahkognitifafektifdanpsikomotor(5)Penelitianinihendaknyadapatditeruskanolehpenelitiselanjutnyadengankelassekolahdanmateriyangberbeda(6)Bagipenelitiselanjutnyahendaknyamelakukantindakanlebihdariduasiklussehinggahasilyangdiperolehdapatmaksimal(7)Soalyangdiberikankepadasiswahendaknyadiujiterlebihdahuluagarhasilyangdiperolehbisamaksimal.