Perbandingan hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan metode TPS (Think Pair Share) dengan metode konvensional pada mata pelajaran IPA (Ekonomi) kelas VII di SMP Negeri 7 Malang / Dewi Anggraini Puspita Ningtyas
Main Author: | Ningtyas, Dewi Anggraini Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38811/ |
Daftar Isi:
- KataKuncimetodepembelajarankooperatif(ThinkPairShare)metodekonvensionalhasilbelajarsiswaUpayameningkatkankualitaspendidikansecaraterus-menerusdilaksanakanbaiksecarakonvensionalmaupuninovatif.Pemerintahtelahmelakukanberbagaiupayapenyempurnaandalamsistempendidikansalahsatunyayaitupenyempurnaankurikulum.PadasaatinipemerintahsedangmemberlakukanKurikulumTingkatSatuanPendidikan.DalampelaksanaanpembelajaranmenurutKTSPgurudituntutuntukmenciptakansuasanabelajaryangmampumengaktifkansiswadalamprosespembelajaran.KurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yanglebihmenitikberatkanpadaperanaktifsiswadalamprosespembelajarandapatmenjadijalanuntukmelaksanakaninteraksiedukatifyanglebihmenyenangkanbagisiswadenganmenekankanperanaktifsiswadalamprosespembelajaranyaitudenganmengajaksiswamembangunpengetahuannyasehinggasiswadapattermotivasidalammengikutikegiatanbelajarmengajar.MengacupadametodepembelajaranyangmenyenangkandanmampumengaktifkansiswamakametodepembelajaranyangefektifuntukmengimplementasikanKTSPsalahsatunyaadalahpembelajarankooperatifmelaluimodelTPS(ThinkPairShare).Denganmenerapkanmodelpembelajaraninidiharapkanpembelajaranyangdilakukanlebihbermanfaatbagisiswa.Sehinggadenganinipembelajarandapatlebihefektifefisiendanmampumeningkatkankreativitassertamampumemecahkanmasalah-masalahyangdihadapiolehsiswa.Pemilihanmodelpembelajaransangatmenentukankualitasdalamprosespembelajaran.Kualitaspembelajaranselaluterkaitdenganstrategipengorganisasianyangtepatdanselanjutnyadisampaikankepadasiswastrategiyangtepatpula(Dimyati1994).Kenyataannyaselamainikebanyakandalampelaksanaanpengajarandisekolahhanyadiberikansecarateoridantidakmenggunakanmodelpembelajaranyangmenarik.Selainitupembelajaranyangselamainidilaksanakanadalahpembelajaranyangberorientasipadatargetpenguasaanmaterisaja.PenelitiandilakukandiSMPNegeri7Malangyangbertujuan(1)UntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswayangmengunakanmetodeTPS(ThinkPairShare)denganmetodekonvensionalpadamatapelajaranIPS(ekonomi)kelasVIIdiSMPNegeri7malang.(2)Untukmengatahuiapakahhasilbelajarsiswakelaseksperimen(TPS)lebihungguldarikelaskontrol(konvensional).Jenispenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu(QuasyEksperimentalDesign).SubjekdalampenelitianiniadaduakelasyaituVII-AsebagaikelaskontroldenganmenggunakanmetodepembelajaranThinkPairShare(TPS)sebanyak43siswadankelasVII-Bsebagaikelaseksperimendenganmenggunakanmetodekonvensionalsebanyak43siswa.Teknikpengambilansampelmenggunakanpurposivesampling.Teknikpengumpulandatamenggunakandokumentasidanobservasipartisipasif.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahuji-t(t-test)IndependentSampleTestdengantarafsignifikansi5%.Sebelumdatadianalisisdilakukanujiprasyaratanalisishomogenitasdannormalitas.Uji-tdigunakanuntukmengujibedarata-ratadanhipotesispenelitian.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanhasilbelajarsiawayangdiajarmenggunakanmetodeTPS(thinkpairshare)denganmetodekonvensionalpadamatapelajaranIPS(ekonomi)siswakelasVIIdiSMPNegeri7Malang.Dimanarata-ratahasilbelajarsiswakelaseksperimenyangtelahdiajardenganmetodeTPS(thinkpairshare)lebihtinggidaripadakelaskontrolyangtelahdiajardenganmetodekonvensionalyaitu8162padakelaseksperimendan771padakelaskontrol.HalinimenunjukkanbahwapembelajaranyangmenggunakanmetodeTPS(thinkpairshare)lebihbaikdaripadamenggunakanmetodekonvensional.BerdasarkanpadapenelitianyangtelahdilaksanakanmakaterdapatsaranyaitudenganmemperhatikandarihasiltemuandalampenelitianinidiharapkanmetodepembelajaranTPS(thinkpairshare)dapatditerapkanpadamatapelajaranyangdipilihsecaraselektifterutamapadamatapelajaran(IPS)ekonomidankhususnyapadapokokbahasanperusahaandanbadanusahaagarhasilbelajarsiswasemakinmeningkat.KarenametodepembelajaranTPS(thinkpairshare)tidakdapatsepenuhnyaditerapkanpadasemuamatapelajaranmakagurudalammengajarharuslebihcermatlagidalammemilihmetode-metodepembelajaranyangtepatdanbervariasisesuaidenganpokokbahasanyangakandiajarkanagarhasilbelajarsiswabisamaksimal.TerbuktidarihasilpenelitianinidenganmetodeyangtepatdanbervariasiyaituTPS(thinkpairshare)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.