Penarapan pembelajaran konstruktivistik dengan model picture and picture untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS ekonomi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung / Widya Kurniasari
Main Author: | Kurniasari, Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38808/ |
Daftar Isi:
- KataKunciPembelajaranKonstruktivistikPictureAndPictureKeaktifanHasilBelajarDalamrangkameningkatkanmutupendidikanpemerintahtelahmengembangkankurikulumKTSP.Dariperubahantersebutgurudituntutuntuklebihkreatifdalamprosespembelajaransehinggalebihmelibatkanpesertadidiksecaraaktifdalamprosesbelajar(studentcentered).Penerapanmodelpembelajaranyangselalusamaakanmenyebabkanpesertadidikmudahbosanyangpadaakhirnyaakanmenyebabkankeaktifandanhasilbelajarmenjaditidakoptimal.Pembelajarankonstruktivistikpadadasarnyamenekankanbahwapengetahuanharusdibangunolehpesertadidikberdasarkanapayangtelahdimilikinyasebelumnya.Penggunaanmodelpictureandpictureagarpesertadidikdirangsanguntukmerumuskanmasalahmengambilhipotesisdanmenggeneralisasikannyasehinggapembelajaranlebihberarti.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)MendeskripsikanpenerapanpembelajarankonstruktivistikdenganmodelpictureandpictureuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarIPSEkonomipesertadidikkelasVIIISMPNegeri1Tulungagung(2)MendeskripsikanpenerapanmodelpictureandpicturedapatmeningkatkankeaktifanbelajarIPSEkonomipesertadidikkelasVIIISMPNegeri1Tulungagungmelaluipembelajarankonstruktivistik(3)MendeskripsikanpenerapanmodelpictureandpicturedapatmeningkatkanhasilbelajarIPSEkonomipesertadidikkelasVIIISMPNegeri1Tulungagungmelaluipembelajarankonstruktivistikdan(4)MendeskripsikanresponpesertadidikterhadappenerapanpembelajarankonstruktivistikdenganmodelpictureandpicturematapelajaranIPSEkonomikelasVIIIdiSMPNegeri1Tulungagung.JenispenelitianiniadalahPTKdenganmenggunakanpendekatankualitatif.Penelitianinidilakukandalam2siklustindakanyangterdiridari4tahapyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatapeningkatankeaktifanbelajardiukurdenganobservasipeningkatanhasilbelajarkognitifdiukurdengantesthasilbelajarsedangkanhasilbelajarafektifpeningkatannyadiukurdenganobservasidanhasillaporandiri.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanpembelajarankonstruktivisitikdenganmodelpictureandpicturedapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarpesertadidikaspekkognitifdanafektif.KeaktifanbelajarsecarapadasiklusImenunjukkanpersentasesebesar681%meningkatpadasiklusIImenjadisebesar914%.HasilbelajaraspekkognitifpadasiklusImenunjukkanpersentasenilairata-ratasebesar589%padakegiatanpretestdanmeningkatmenjadi827%padasaatposttest.SedangkanketuntasanbelajarklasikalpadaiisiklusIsebesar103%padasaatpretestdanmeningkatmenjadi725%padasaatpretest.PadasiklusIImenunjukkanpersentasesebesarnilairata-ratasebesar659%padakegiatanpretestdanmeningkatmenjadi842%padasaatposttest.SedangkanketuntasanbelajarklasikalpadasiklusIsebesar297%padasaatpretestdanmeningkatmenjadi789%padasaatpretest.SehinggapadasiklusIIkelasVIII-GSMPNegeri1TulungagungdapatdinyatakantelahtuntasbelajarnyadanbisadisimpulkanbahwaketuntasanbelajarklasikalmengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.HasilbelajaraspekafektifdenganobservasimenunjukkanpersentaserataratanilaiafektifpadasiklusIsebesar753%danmengalamipeningkatanmenjadi882%padasiklusII.Sedangkanpersentaserata-ratanilaiafektifpadasiklusIsebesar753%danmengalamipeningkatanmenjadi8814%padasiklusII.HasilpengukuransikapdenganangketpadasiklusIsebesar763%danmeningkatpadasiklusIImenjadi816%.Responpesertadidikterhadappembelajarankonstruktivistikdenganmodelpictureandpicturebaik.Saranyangdapatdiberikanyaitubagisekolahyanginginmengubahpembelajarandariteachercenteredmenujustudentcenteredmakadisarankanuntukmenggunakanpembelajarankonstruktivistikdenganmodelpictureandpictureini.BagiguruyanginginmeningkatkankualitaspembelajaranIPSEkonomisecarakhususpadamateripermintaandanpenawaranuntukmeningkatkankeaktifandanhasilbelajardisarankanuntukmenerapkanpembelajarankonstruktivistikdenganmodelpictureandpicturejikakeadaandanpermasalahannyasamaataumiripdenganpermasalahanyangmenjadilatarbelakangpenelitianini.Bagipenelitilainyangberminatuntukmenelititentangmodelpictureandpicturediharapkanselainmenelititentanghasilbelajarranahkognitifdanafektifjugamenelititentangaspekpsikomotorik.