Perbedaan penerapan metode kooperatif model numbered heads together (NHT) dengan metode konvensional (Ceramah) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi pada bahasan neraca pembayaran di SMA Negeri 10 Malang / Kristina Panca Handayani

Main Author: Handayani, Kristina Panca
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/38800/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandayaniKristinaPanca.2010.PerbedaanPenerapanMetodeKooperatifModelNumberedHeadsTogether(NHT)denganMetodeKonvensional(Ceramah)dalamMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXIIPSMataPelajaranEkonomiPadaBahasanNeracaPembayarandiSMANegeri10Malang.SkripsiJurusanPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AgungHaryonoS.EM.P(II)Dr.NasikhS.EM.PM.PdKataKunciMetodePembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)MetodePembelajaranKonvensional(Ceramah)HasilBelajarSiswaDalammenghadapieraglobalisasiyangdiiringidenganperkembanganIPTEKyangsangatpesatmakaseseorangdituntutuntukmampumemanfaatkaninformasidenganbaikdancepat.Salahsatuupayayangdilakukanuntukmeningkatkanpendidikannasionalkhususnyauntukmemacupenguasaanilmupengetahuandanteknologiadalahmelaluipenyempurnaanprosesbelajarmengajar.Kualitaskeberhasilanpembelajaransangatdipengaruhiolehkemampuandanketepatangurudalammemilihdanmenggunakanmetodepembelajaran.Upayayangdilakukanuntukmengatasipersoalantersebutadalahperluadanyaperubahanpembelajaranyangberorientasipadaguru(teacher-centered)menjadipembelajaranberorientasipadasiswa(student-centered).Metodepembelajaranyangdapatmelibatkanperanaktifsiswadalammemaksimalkankondisibelajaradalahpembelajarankooperatif(cooperativelearning).MetodepembelajaranyangditerapkandiSMANegeri10Malangmasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensional(ceramah).Haltersebutmenyebabkansiswacenderungpasifmerasabosandancenderungmeremehkangurudenganramaisendiribersamatemansebangkunya.MakadariitupenelitiakanmencobamenerapkanmetodepembelajarankooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)untukmeningkatkanhasilbelajar.Penelitianinibertujuan(1)untukmengetahuihasilbelajarsiswadaripenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)(2)untukmengetahuihasilbelajarsiswadaripenerapanmetodepembelajarankonvensional(ceramah)(3)untukmengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswadaripenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)dengansiswadaripenerapanmetodepembelajarankonvensional(ceramah)matapelajaranekonomipadabahasanneracapembayarankelasXIIPSSMANegeri10Malang.Untukmencapaitujuantersebutmakajenispenilitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahjenispenelitianeksperimensemu(quasieksperiment)denganmembagi2kelompokyaitukelaseksperimendankelaskontrol.KelaseksperimenadalahkelasyangmendapatkanpenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)sedangkankelaskontrolkelasyangmendapatkanpenerapanpembelajarankonvensional(ceramah).RancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahNonequivalentControlGroupDesigndenganpretesdanpostessertamembagisasaranpenelitianmenjadi2kelompoksampelyaitukelaseksperimen(XIIPS1)dankelaskontrol(XIIPS3)dengancarapurposivesampling.BerdasarkanhasilanalisishipotesisyangdirumuskandapatdisimpulkanbahwaadaperbedaanyangsignifikandaripenerapanmetodekooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)denganmetodekonvensional(ceramah)dalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIPSpadamatapelajaranekonomidiSMANegeri10Malang.Ataudengankatalainbahwarata-ratahasilbelajarsiswayangdiajardenganmenerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)lebihtinggidaripadarata-ratahasilbelajarsiswayangdiajardenganmenerapkanmetodepembelajarankonvensional(ceramah)dengannilaiprobabilitas(signifikansi)adalah0043ttabel1990.Nilairata-ratagainscoreuntukkelaseksperimenadalah2560dankelaskontroladalah1925sehinggaterdapatperbedaannilairata-ratagainscoreantarakelaseksperimendankelaskontrolsebesar635.Berdasarkanhasilpenelitianmakapenelitimengajukansaran(1)bagisekolahhasilpenelitianinidapatmemberikaninformasitentangpembelajaraankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)sebagaialternativemetodepembelajarandisekolah(2)bagigurumatapelajaranekonomidiSMANegeri10MalangkhususnyadanseluruhgurumatapelajaranekonomiumumnyadisarankanuntukmencobamenerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)sebagaisalahsatualternatifpembelajarandikelasdandalamprosespembelajarandenganmodelNumberedHeadsTogether(NHT)(3)bagisiswadapatmeningkatkanhasilbelajarnyadenganmemilihmetodebelajaryangmenjadikansiswalebihaktifdansiswaperlumemperkayailmudanpengetahuanmelaluiberbagaisumberbelajarlainselainguruuntukmendukungkegiatanbelajardidalamkelas(4)bagipenelitilanjutandisarankanuntukmenelitidanmembandingkanbeberapametodeyangdikenalselamainisehinggagurudapatmemilihmetodepembelajaranyangtepatyangdapatmeningkatkanhasilbelajar.