Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas 8 mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 1 Pagelaran / Retnoningsih
Main Author: | Retnoningsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38778/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRetnoningsih.2009.PengaruhMotivasiBelajarSiswaTerhadapPrestasiBelajarSiswaKelas8MataPelajaranEkonomidiSMPNegeri1Pagelaran.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiS1PendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BambangPranowoS.EM.PdAk.(II)Dr.HadiSumarsonoS.TM.Si.KataKunciMotifMotivasiBelajarPrestasibelajarsiswa.Motifadalahdayapenggerakdalamdiriseseoranguntukmelakukanaktivitastertentudemimencapaitujuantertentu.Motivasibelajarmerupakankeseluruhandayapenggerakyangadadalamsetiapdirisiswayangakanmenimbulkankegiatanbelajaryangmenentukankelangsungankegiatanbelajarsertamemberikanarahbelajarsehinggatujuanyangingindicapaiolehsiswasebagaisubjekbelajardapattercapai.motivasibelajarterdiridarimotivasibelajarintrinsikdanmotivasibelajarekstrinsik.Motivasibelajarintrinsikyaitudoronganyangtimbuldaridalamdirisiswatanpaadapengaruhdariluaruntukmelakukankegiatanbelajarsedangkanmotivasibelajarekstrinsikyaitudoronganyangtimbuldariluardirisiswauntukmerangsangsiswamelakukankegiatanbelajar.Prestasibelajarsiswaadalahtingkatkeberhasilanyangtelahdicapaiolehindividusiswadalamkegiatanbelajarnya.Motivasibelajarmerupakansalahsatufaktoryangdidugaberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswa.Tujuandaripenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)Untukmengetahuipengaruhhasratdankeinginanberhasil(X1)terhadapprestasibelajarsiswakelas8matapelajaranekonomidiSMPNegeri1Pagelaran.(2)Untukmengetahuipengaruhdorongandankebutuhanbelajar(X2)terhadapprestasibelajarsiswakelas8matapelajaranekonomidiSMPNegeri1Pagelaran.(3)Untukmengetahuipengaruhharapanakancita-citamasadepan(X3)terhadapprestasibelajarsiswakelas8matapelajaranekonomidiSMPNegeri1Pagelaran.(4)Untukmengetahuipengaruhpenghargaandalambelajar(X4)terhadapprestasibelajarsiswakelas8matapelajaranekonomidiSMPNegeri1Pagelaran.(5)Untukmengetahuipengaruhlingkunganbelajaryangkondusif(X5)terhadapprestasibelajarsiswakelas8matapelajaranekonomidiSMPNegeri1Pagelaran.(6)Untukmengetahuipengaruhkegiatanyangmenarikdalambelajar(X6)terhadapprestasibelajarsiswakelas8matapelajaranekonomidiSMPNegeri1Pagelaran.(7)Untukmengetahuipengaruhmotivasibelajaryangterdiridarihasratdankeinginanberhasil(X1)dorongandankebutuhanbelajar(X2)harapanakancita-citamasadepan(X3)penghargaandalambelajar(X4)lingkunganbelajaryangkondusif(X5)kegiatanyangmenarikdalambelajar(X6)secarasimultanterhadapprestasibelajarsiswakelas8matapelajaranekonomidiSMPNegeri1Pagelaran.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Analisisyangdigunakanadalahanalisisregresilinierberganda.Variabeldalampenelitianinimeliputimotivasibelajarintrinsikdanekstrinsikyaituadanyahasratdankeinginanberhasil(X1)adanyadorongandankebutuhandalambelajar(X2)adanyaharapandancita-citamasadepan(X3)adanyapenghargaandalambelajar(X4)lingkunganbelajaryangkondusif(X5)suasanabelajaryangmenyenangkan(X6)danprestasibelajarsiswa(Y).Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas8SMPN1Pagelarantahunajaran2008/2009yangberjumlah117siswadantersebarmenjadi3kelas.Karenabesarnyajumlahpopulasimakadalampenelitiandiambilsampelmasing-masingkelas30%.Sehinggajumlahsampeldalampenelitianinisebanyak35siswa.Teknikpengumpulandataadalahangketdandokumentasi.Daripengolahandatamelaluiujihipotesisdapatdiketahuibahwapadavariabeladanyahasratdankeinginanberhasil(X1)secaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarterbuktibesaranprobabilitas(Sig)padavariabeladanyahasratdankeinginanberhasil(X1)adalah0040