Pengaruh pemberian sertifikat pendidik terhadap profesionalisme guru ekonomi studi kasus di SMAN 2 dan SMAN 5 Malang / Mira Puspita Asri

Main Author: Asri, Mira Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/38776/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAsriMiraPspita.2010.PengaruhPemberianSertifikatPendidikTerhadapProfesionalismeGuruEkonomidiSMAN2danSMAN5Malang.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunanProgramStudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BambangPranowoS.E.M.Pd(2)DrNasikhSE.M.P.M.PdKatakuncikompetensiguruprofesionalkinerjaguruPerangurumerupakankomponenyangpalingmenentukandalamsistempendidikandiIndonesiasehinggaguruharusmendapatkanperhatianyangutama.Gurujugasangatmenentukankeberhasilansiswaataupesertadidikterutamadalamprosespembelajaran.Segalakebijakanpemerintahharusnyadiarahkanpadakinerjagurudandiikutidenganpemberianhak-hakyangseharusnyadiperolehgurusebagaipendidikgenerasiselanjutnya.SepertihalnyayangtecantumpadaUndang-UndangRepublikIndonesiaNomor14Tahun2005tentangUndang-UndangGurudanDosen(UUGD)sertaPeraturanPemerintahNomor19Tahun2005tentangStandarNasionalPendidikan(SNP)dinyatakanbahwaguruadalahpendidikprofesionaldenganpersyaratanmemilikikualifikasiakademikminimalS1atauDiplomaIVyangrelevandanmenguasaikompetensisebagaiagenpembelajaran.Sebagaiagenpembelajaranseorangguruharusmemilikikompetensipedagogikkompetensiprofesionalkompetensikepribadiankompetensisosialyangdibuktikandengansertifikatpendidik.Sertifikasigurumerupakanupayapemerintahdalammeningkatkanmutupendidikanyaitumelaluipeningkatanmutuguru.Halinidimaksudkandapatmeningkatkanpembelajaranpadasekolahsehinggalebihberkualitas.Tujuansertifikasiadalahuntukmenentukanstandarkelayakangurudalammelakasanakantugassebagaiagenpembelajarandanmewujudkantujuanpendidikannasionalmeningkatkanprofesionalismeguru.Jenispenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.Variabeldalampenelitianiniadalahkompetensigurudankinerjaguru.PopulasidalampenelitianiniadalahGuruekonomiyangtelahmendapatkansertifikatpendidikdiSMAN2danSMAN5Malang.Respondendalampenelitianiniadalahkepalasekolahatauwakilkepalasekolahdansiswasekolahdariguruyangditeliti.Populasiyangditelitisebanyak60orangrespondendan4orangguruyangdimaksudyaitutelahmendapatkansertifikatpendidik.Instrumenyangdipakaidalampenelitianiniadalahmetodewawancaradanangket/kuesionertertutup.Analisisdatayangdigunakanuntukmengujiadalahdengananalisisdistribusifrekuensi.HasilpenelitianmenunjukkantingkatkompetensiprofesionalismeguruekonomidiSMAN2danSMAN5Malangadalahsangatbaik.KompetensiprofesionalismeguruekonomiSMAN2danSMAN5MalangyangtelahdinyatakanlulusdalamProgramSertifikasidikotaMalangadalahsangatbaik.DarihasilangketyangdiberikankepadarespondendiambilkesimpulanbahwakompetensiyangdimilikiIbuTriRahayuadalahsangatbaikbegitujugadengankompetensiyangdimilikiBapakToniMuharamdanIbuSihWariatisedangkanuntukIbuRetnoSoetrianikompetensiyangdimilikisudahbaik.UntukkinerjaguruekonomiSMAN2danSMAN5MalangyangtelahdinyatakanlulusdalamProgramSertifikasidikotaMalangbaik.HalinidapatkitaketahuidarihasilangketyangmenyatakanbahwayangbersangkutanyakniIbuTriRahayuIbuRetnoSoetrianidanIbuSihmemilikipredikatbaikdalamkinerjanyamelaksanakankegiatanpembelajaransedangkanBapakToniMuharammemilikipredikatsangatbaikdalamkinerjanyamelaksanakankegiatanpembelajaranKinerjaguruekonomidiSMAN2danSMAN5Malangpadadasarnyaadalahbaikhaliniterbuktidarihasilperolehanangketdarimasing-masingsubkinerjaguruyaitu817%orangmenyatakansangatbaikuntukpenyusunanprogrampembelajarantentangpelaksanaanevaluasisebanyak40%respondenmenyatakanbaiktentanganalisisevaluasisebanyak50%repondenmenyatakanbaik.Sedangkanuntukperbaikandanpengayaanyangdilakukangurusebanyak417%orangmenyatakanbahwakompetensiygdimilikigurubaikuntukgurumelaksanakanprosespembelajaransebanyak617%orangmenyatakankompetensiguruuntukpelaksanaanprosespembelajaransangatbaik.Berdasarkanwawancaramendalamdenganguruyangtelahmendapatkansertifikatpendidikkompetensiprofesionalismegurusesuaidengansubvariabeldalamkompetensiprofesionalismeguruterhadap4orangguruEkonomidiSMAN2danSMAN5Malangdengankeadaankompetensigurusebelummendapatkansertifikatpendidikdiketahuibahwa25%denganfrekuensi1oranggurumemilikikompetensicukupbaiksebelummendapatkansertifikatpendidiksedangkan75%denganfrekuensi3orangmenyandangpredikatbaik.Sedangkanuntukkinerjagurusebelummendapatkansertifikatpendidiksejumlah100%atausebanyak4oranggurumemilikikinerjayangcukupbaik.kompetensiyangdimilikigurusetelahmendapatkansertifikatpendidikdapatdiketahuibahwa100%denganfrekuensisebanyak4oranggurumemilikikompetensiguruyangsangatbaiksetelahmendapatkansertifikatpendidik.Sedangkanuntukkinerjayangdimilikigurusetelahmendapatkansertifikatpendidiksejumlah100%atausebanyak4oranggurumemilikikinerjayangcukupbaik.