Pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa (Studi kasus pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kauman Tulungagung) / Dhiayu Pitra Hermawati

Main Author: Hermawati, Dhiayu Pitra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/38745/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHermawatiDhiayuPitra.2010.PengaruhPerhatianOrangTuaDanFasilitasBelajarDiRumahTerhadapPrestasiBalajarSiswa(StudiKasusPadaSiswaKelasXIIPSSMANegeri1KaumanTulungagung).SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BambangPranowoS.E.M.Pd.Ak.(2)Drs.Ir.YohanesHadiSoesiloS.Th.M.Div.M.SiKataKunciPerhatianOrangTuaFasilitasBelajarDiRumahPrestasiBelajarSiswa.Dalammeningkatkanhasilbelajaryangoptimalperludiperhatikanfaktorataukondisiyangdapatmempengaruhiproseskegiatanbelajar.Faktortersebutadakalanyadaridalamindividuataubahkandariluarindividusiswa.Adanyadugaanbahwaadapengaruhkondisiperhatianorangtuadanfasilitasbelajardirumahmakamunculideyangmendorongdiadakannyapenelitianini.Penelitianinidilakukanuntukmengetahuikondisiperhatianorangtuasiswaindikatoryangdominandalamperhatianorangtuasiswakondisifasilitasbelajardirumahsiswaindikatoryangdominandalamfasilitasbelajardirumahsiswapengaruhperhatianorangtuaterhadapprestasibelajarsiswapengaruhfasilitasbelajardirumahterhadapprestasibelajarsiswasertapengaruhperhatianorangtuadanfasilitasbelajardirumahterhadapprestasibelajarsiswa.Penelitianinidilakukandenganmenggunakanmetodediskiptifkuantitatif.Instrumendalmpenelitianiniberupaangketkemudianhasilnyadianalisisdenganmenggunakanteknikregresilinierberganda.Populasidalampenelitianiniadalah165siswakelasXIIPS123dan4SMANegeri1KaumanTulungagungtahunajaran2009/2010.Jumlahsampeldalampenelitianinisebanyak49siswa.Tekniksampelyangdigunakanadalahproporsionalrandomsampling.Kemudiansampelpenelitianditentukansecaraproporsionaldarimasing-masingkelas.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaperhatianorangtuasiswatergolongbaikdenganprosentase4082%siswamenyatakanseringmendapatperhatiandariorangtuamereka.Indikatorperhatianorangtuayangpalingdominanadalahperannyasebagaiteacherataupendidiksebesar866%siswamenyatakanmendapatbimbinganyangbaikdariorangtuanya.Fasilitasbelajarsiswatergolongbaiksebesar4286%siswamenyatakanseringmendapatfasilitasbelajarnyadirumah.Indikatorfasilitasbelajardirumahyangdominanadalahtersedianyaruangbelajartersendiridirumahsebesar77%siswamenyatakanmempunyairuangbelajarsendiridirumah.Prestasibelajarsiswajugatergolongtinggisebesar8980%siswamendapatnilaitinggi.Darianalisisregresidiketahui(1)Terdapatpengaruhperhatianorangtuaterhadapprestasibelajarsiswa(2)Terdapatpengaruhfasilitasbelajardirumahterhadapprestasibelajarsiswa(3)Terdapatpengaruhperhatianorangtuadanfasilitasbelajardirumahterhadapprestasibelajarsiswa.Prestasibelajardapatdijelaskanolehvariabelbebasi(perhatianorangtuadanfasilitasbelajardirumah)masingmasingsebasarsebesar431%untukperhatianorangtuadan369%untukfasilitasbelajardirumahsedangkanprosentasesisanyadisebabkanolehvariabellain.Darihasilpenelitiandiketahuibahwaperhatianorangtuamerupakanvariabelyangefektifmempengaruhiprestasibelajarsiswa.Berdasarkanhasilpenelitianinimakadapatdisimpulkanbahwaperhatianorangtuafasilitasbelajardirumahdanprestasisiswatergolongkategoribaik.Indikatoryangdominandalamvariabelperhatianorangtuaadalahperanansebagaiteacherataupendidik.Indikatoryangdominandalamvariabelfasilitasbelajardirumahadalahtersedianyaruangbelajartersendiridirumah.Terdapatpengaruhyangsimultandanparsialantaraperhatianorangtuadanfasilitasbelajardirumahterhadapprestasibelajarsiswa.Saranyangbisadiberikan(1)Kepadapihaksekolahhendaknyaselalumemperbaikidanmeningkatkansaranadanprasaranabelajaryangada.DenganmengoptimalkanpenggunaandanaBOSdaripemerintahdanbekerjasamadenganmasyarakat.(2)Kepadaparaguruhendaknyadapatmemanfaatkanfasilitasdisekolahsecaraoptimaluntukmelengkapifasilitasbelajaryangtidaktersediadirumahsiswadanmemberikanperhatianlebihpadasiswa.Haltersebutdilakukandengancaraseseringmungkinmenggunakanfasilitaspadaaktifitaspembelajaran.(3)Kepadaorangtuadiharapkanhendaknyamemberikanperhatianlebihpadaanakdenganmeningkatkankualitasdankuantitaskomunikasi.(4)Kepadaparasiswahendaknyadapatikutsertameningkatkanpemanfaatanpenggunaansaranadanprasaranabelajaryangtersediadengansemaksimalmungkindanikutsertamenjagasaranadanprasaranabelajaryangtelahadadengantidakmerusakataumenggunakannyasecarasembarangan.(5)Kepadaparapenelitiyangbermaksudmengadakanpenelitianyangberkaitandengantopikatautemapenelitianinimakahendaknyamenambahvariabel.