Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT (Team games tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 18 Malang / Mirnawati
Main Author: | Mirnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38743/ |
Daftar Isi:
- 5ABSTRAKMirnawati.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifmelaluiModelTGT(TeamGamesTournament)untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarpadaMataPelajaranIPSKelasVIIIdiSMPNegeri18Malang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiPendidikanEkonomidanKoperasiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.AchmadAliWafa(II)Dr.NasikhSEM.PM.Pd.KataKunciTeamGamesTournamentMotivasiHasilBelajarSeiringdenganperkembanganjamanmakaperkembanganilmupengetahuandanteknologiakansemakinberkembang.Pendidikanmemilikiperananpentingdalammemperbaikimutusumberdayamanusiadankemajuansuatubangsahanyabisadicapaimelaluipenataanpendidikanyangbaik.UpayapeningkatanmutupendidikandiharapakandapatmeningkatkanharkatsertamartabatmanusiaIndonesia.Untukitupeningkatanmutupendidikandanpembaharuanpendidikanharusterusdilakukan.PerubahantersebutdiantaranyamerubahkurikulumyangsemulaKBK(KurikulumBerbasisKompetensi)menjadiKTSP(KurikulumTingkatSatuanPendidikan).Selainpembenahankurikulumpeningkatanmutupendidikanjugadilakukanmelaluimetode-metodeyangditerapkansupayamotivasidanhasilbelajarsiswasemakinmeningkat.Metode-metodetersebutsalahsatunyadenganmenerapkanpembelajarankooperatifmodelTGT(TeamGamesTournament).DalampembelajaranmodelinisiswatidakhanyamendengarkanguruyangsedangmengajaryangseringkalimembuatsiswamenjadipasiftetapipadamodelinisiswadiajarkanuntukberpendapatdanbekerjakelompoksehingganantinyadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajardalampelajaranIPS.Penelitianinibertujuan(1)MengetahuipenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamGamesTurnament(TGT)padamatapelajaranIPSkelasVIIIdiSMPN18Malang(2)MengetahuiadanyapeningkatanmotivasibelajardenganmenerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamGamesTurnament(TGT)padamatapelajaranIPSkelasVIIIdiSMPN18Malang(3)MengetahuiadanyapeningkatanhasilbelajardenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamGamesTurnament(TGT)padamatapelajaranIPSkelasVIIIdiSMPN18Malang.PenelitianinidilakukandiSMPNegeri18Malangmulaitanggal7November2007sampai23November2009yangmenjadisubyekpenelitian6adalahkelasVIIIBsebanyak40siswayangterdiridari10kelompokheterogen.Setiapkelompokberjumlah4siswa.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelasdandideskripsikansecarakualitatif.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniberupalembarobservasisoalturnamencatatanlapanganpedomanwawancararubrikpenilaianperangkatmengajardandokumentasi.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadapeningkatandarisiklusIkesiklusIIuntukmotivasidanhasilbelajarsiswa.Motivasisiswadiukurdari3aspekyaituaspekketekunanminatdanperhatian.AspekketekunanmenunjukkanbahwasiklusIsebesar73%sedangkanpadasiklusIImeningkatmenjadi86%.UntukaspekminatpadasiklusIsebesar60%danpadasiklusIImeningkatmenjadi73%.SedangkanaspekperhatianpadasiklusIsebesar60%danpadasiklusIImeningkatmenjadi80%.Hasilbelajarsiswadiukurhanyamenggunakan1aspekyaituaspekkognitifsaja.PadasiklusIsiswayangtuntasbelajarsebanyak24orangdenganpersentase615%dansiswayangbelumtuntasbelajarsebanyak15orangdenganpersentase385%.UntuksiklusIIdiperolehpesertadidikyangtuntasbelajarsebanyak30orangdenganpersentaseketuntasansebesar769%sedangkanpesertadidikyangbelumtuntassebanyak9orangdenganpersentasesebesar231%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanbahwaguruekonomihendaknyamencobamenerapkanpembelajarankooperatifmodelTGT(TeamGamesTournament)untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarpesertadidik.Gurudalammenerapkanpembelajaraninihendaknyamengaturwaktumempersiapkanrencanakegiatanpembelajarandanmediayangtepatsehinggakegiatanpembelajaranyangdilakukandapatberlangsungsecaraoptimaldanefisien.