Efektivitas penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Islam Malang / Lukman Efendi

Main Author: Efendi, Lukman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/38740/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKEfendiLukman.2009.EfektivitasPenggunaanMetodePembelajaranKooperatifTipeTGT(TeamsGamesTournament)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXIIPSPadaMataPelajaranEkonomidiSMAIslamMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakulasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Drs.PrihHardintoM.Si.(II)Drs.MardonoM.Si.KatakunciPembelajaranKooperatifTGT(TeamsGamesTournament)HasilBelajarPembelajarankooperatifmerupakansalahsatualternatifstrategipembelajaranyangdapatdigunakanuntukmenstimulussiswaagarterlibatsecaraaktifdalamkegiatanpembelajaran.Pembelajarankooparatifmampumenciptakanpembalajaranyangdapatmengajaksiswasatudansiswayanglainnyasalingberinteraksisertaaktifdalambertukarpengetahuandalamkelompokuntukmeningkatkanmotivasisertahasilbelajarnya.SalahsatupembelajarankooperatifyangdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaadalahdenganmenggunakanpembelajarankooperatifmodelTGT(TeamsGamesTournament).DalampembelajaranmodelinisiswatidakhanyamendengarkanguruyangsedangmengajaryangseringkalimembuatsiswabosandanbahkanmenjadipasiftetapidiTGTinisiswadiajarkanuntukmengeluarkanpendapatdanmelatihkemampuansiswayangnantinyadapatmeningkatkanhasilbelajardalampelajaranekonomi.Penelitianinibertujuan(1)MendeskripsikandanmenganalisishasilbelajarekonomisiswakelasXIIPSSMAIslamMalangyangdiberipengajarandenganmenggunakanmetodepembelajaranceramah(2)MendeskripsikandanmenganalisishasilbelajarekonomisiswakelasXIIPSSMAIslamMalangyangdiberipengajarandenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)(3)MendeskripsikandanmenganalisisefektifitaspenggunaanmetodepembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)untukmeningkatkanhasilbelajarekonomisiswakelasXIIPSdiSMAIslamMalang.PenelitianinidilakukandiSMAIslamMalangdaribulanSeptembersampaiNovember2009.yangmenjadisubjekpenelitianadalahkelasXIIPS2sebagaikelaseksperimendankelasXIIPS3sebagaikelaskontrol.PadakelaseksperimendiberiperlakuandenganmenggunakanmetodeTGTsedangkanpadakelaskontroldiberiperlakuandenganmenggunakanmetodeceramah.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu.Teknikpengumpulandatamelaluites(pretestdanposttest)lembarobservasidanangket.Datayangdianalisisdalampenelitianiniadalahdatahasilbelajar.Analisisdatahasilbelajardilakukandenganmenggunakanujinormalitasujihomogenitasdanuji-tSetelahkeduakelasdiberiperlakuanberbedamakadilakukanpengujianhipotesispenelitiandenganujitterhadapnilaigainscore(selisihantaranilaipretestdanpostest)sebagaihasilbelajarsiswa.HasilnyamenunjukkanadanyaperbedaanyangsignifikanantarakelaseksperimenyangmenggunakanmetodeTGTdankelaskontrolyangmenggunakanmetodeceramahhaliniditunjukkandengannilaisignifikasi0042005makadapatdisimpulkanbahwapenggunaanmetodepembelajarankooperatiftipeTGT(TeamsGamesTournament)diSMAIslamMalanglebihefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXIIPSpadamatapelajaranekonomidibandingkandenganpenggunaanmetodepembelajaranceramahSaranyangdapatpenelitisampaikanantaralain(1)dalammenyampaikansuatumaterihendaknyagurumencobamenerapkanbeberapamacammetodepembelajarnkooperatifsalahsatudiantaranyaadalahmetodeTGTagartidakmonotondenganmetodeceramahyangbisajugamenimbulkanrasajenuhbagisiswa.ModelpembelajaranTGTinidapatdijadikansebagaisalahsatualternatifprosespembelajarandikelasuntukmeningkatkanhasilbelajarekonomisiswa(2)dalammenerapkanmetodepembelajaranTGThendaknyaguruharusmengalokasikanwaktudengansebaikmungkinagartujuanpembelajarandapattercapai(3)Guruhendaknyamemberipengawasanpenuhpadasaatprosesdiskusiberlangsungagarprosesbelajarkelompokdapatbenar-benarkooperatif(4)BagiguruyangbelumpernahdaninginmenerapkanpembelajarankooperatiftipeTGThendaknyadibantuolehbeberapaobserversehinggagurudapatmengetahuikekurangandaripembelajaranyangdisampaikandanselanjutnyadilakukanperbaikan-perbaikan.