Pengaruh sarana dan prasarana belajar pada kelas RSBI terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pare Kediri (STudi pada mata pelajaran IPS) / Putri Nurrindra Purwidian

Main Author: Purwidian, Putri Nurrindra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38739/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurwidianPutriNurrindra.2010.PengaruhSaranaDanprasaranaBelajarPadaKelasRSBITerhadapPrestasiBelajarSiswaKelasVIIISMPNegeri2PareKediri(StudiPadaMataPelajaranIPS).(1).Drs.MardonoM.Si.(2).Dra.LisaRokhmaniM.Si.KataKunciSaranadanPrasaranaBelajarPrestasiBelajar.Dalamsuatuprosesbelajarmengajarsaranadanprasaranabelajarmerupakansalahsatupenunjangsuatuprosesbelajarmengajar.Seorangsiswadalammelakukanaktivitasbelajarmemerlukanadanyadorongantertentuagarkegiatanbelajarnyadapatmenghasilkanprestasibelajaryangsesuaidengantujuanyangdiharapkan.Untukdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswayangmaksimaltentunyaperludiperhatikanberbagaifaktoryangmembangkitkanparasiswauntukbelajardenganefektif.Haltersebutdapatditingkatkanapabilaadasaranapenunjangyaitufaktorsaranadanprasaranabelajardandapatmemanfaatkannyadengantepatdanseoptimalmungkin.Dalamhaliniusaha-usahayangdilakukanSMPNegeri2paredalamupayameningkatkankualitaspengajaranmelaluipenyediaansaranadanprasaranabelajaryangdimilikiterutamapadakelasRSBIyaitudengancarapenataanruangkelasyanglebihnyamanpengadaanmediapembelajaranyanglebihlengkappembenahanfasilitasperpustakaandanlebihmelengkapikoleksibuku-bukupelajaranyangdibutuhkansiswasertapenyediaansaranainternetgratis.Penelitianpendidikandalamskripsiinibertujuanuntukmemperolehinformasitentang(1).Kondisisaranadanprasaranabelajar(ruangkelasmediapembelajaranperpustakaandanlaboratoriumkomputer)diSMPNegeri2Pare.(2).PrestasibelajarsiswakelasVIIIRSBItahunajaran2009/2010diSMPNegeri2ParepadamatapelajaranIPS.(3).Pengaruhadanyasaranadanprasaranabelajar(ruangkelasmediapembelajaranperpustakaandanlaboratoriumkomputer)diSMPNegeri2PareterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIIRSBItahunajaran2009/2010padamatapelajaranIPS.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganmenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkorelasional.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIIRSBISMPNegeri2Pareyangberjumlah48siswasemuasiswadijadikanrespondensehinggapenelitianinidisebutpenelitianpopulasi.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganmetodeangketdandokumentasi.SedangkanteknikanalisisyangdigunakanmeliputianalisisdeskriptifyangdigunakanuntukmengetahuikeadaansaranadanprasaranabelajarpadakelasRSBISMPNegeri2ParedankeadaanprestasibelajarIPSkelasVIIIRSBIdiSMPNegeri2Pare.UjihipotesismenggunakananalisisregresiliniersederhanayaitudigunakanuntukmenganalisisseberapabesarpengaruhsaranadanprasaranabelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIIRSBIdiSMPNegeri2Paresecaraparsial.Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1).KeadaanruangkelasRSBIdiSMPNegeri2Paretergolongdalamkategoribaikyangdinyatakanoleh6042%siswa.(2).KeadaanmediapembelajaranpadakelasRSBIdiSMPNegeri2Paretergolongdalamkategoribaikyangdinyatakanoleh3958%siswa.iii(3).KeadaanperpustakaandiSMPNegeri2Paretergolongdalamkategoribaikyangdinyatakanoleh5625%siswa.(4)KeadaanlaboratoriumkomputerdiSMPNegeri2Paretergolongdalamkategorisangatbaikyangdinyatakanoleh6042%siswa.(5).KeadaansaranadanprasaranabelajarsecaraumumpadakelasRSBIdiSMPNegeri2Paretergolongdalamkategorisangatbaikyangdinyatakanoleh4792%siswa.(6).PrestasibelajarpadamatapelajaranIPSsiswakelasVIIIRSBISMPNegeri2Paretergolongdalamkategorisangatbaikyangdiperolehdari5625%siswadimanamasing-masingsiswamemperolehnilaiantara83sampaidengan91.(7).SaranadanprasaranabelajarmempunyaipengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarIPSsiswakelasVIIIRSBISMPNegeri2Parehaliniterbuktidarisignifikansi0000005.NilaiRsquareadalahsebesar0935.Haliniberarti935%perubahanvariabelprestasibelajardisebabkanolehperubahanvariabelsaranadanprasaranabelajarsedangkansisanyasebesar65%disebabkanolehvariabelbebaslainnya.Halinidisebabkankarenabelajaradalahsuatuprosesyangkompleksehinggadipengaruhiolehbanyakfaktorsedangkanyangditelitidalampenelitianinihanyasatuvariabelbebasyaitusaranadanprasaranabelajar.Kepadapihaksekolahhendaknyaselalumemperbaikidanmeningkatkansaranadanprasaranabelajaryangadaterutamasaranadanprasaranayangmendukungprosespembelajaransecaralangsungsepertiruangkelasapabilaterdapatketidaklayakanperlengkapanyangadadikelashendaknyauntuksegeradigantiataudiperbaiki.Apabilamediapembelajaransudahtidakberfungsisebagaimanamestinyahendaknyauntuksegeradiperbaiki.Koleksibuku-bukudiperpustakaanhendaknyaselaluditambahsesuaidengankebutuhanbelajarsiswa.Peralatanyangadadilaboratoriumkomputerthendaknyaselaludijagaataudirawatagarbiasdigunakansebagaimanamestinyakarenasaranadanprasaranabelajartersebutsangatmempengaruhiprestasibelajarsiswa.Kepadaparaguruhendaknyadapatmemanfaatkansaranadanprasaranabelajaryangtelahdisediakanolehsekolahsecaraoptimaldalamsetiapprosesbelajarmengajar.Kepadaparasiswahendaknyadapatikutsertameningkatkanpemanfaatanpenggunaansaranadanprasaranabelajaryangtersediadengansemaksimalmungkindanikutsertamenjagasaranadanprasaranabelajaryangtelahadadengantidakmerusakataumenggunakannyasecarasembarangan.Kepadaparapenelitiyangbermaksudmengadakanpenelitianyangberkaitandengantopikatautemapenelitianinimakahendaknyamenambahvariabelyangakanditelitikarenaadabanyakfaktoryangmempengaruhiprestasibelajardiantaranyafaktorinternalyangmeliputifaktorjasmanidanfaktorpsikologi.Sedangkanuntukfaktoreksternalmeliputifaktorkeadaanlembagasekolahfaktorlingkungankeluargadanmasyarakatsertafaktorsaranadanprasaranabelajaryangtelahditelitidalampenelitianini.