Profesionalisme guru ekonomi bersertifikat pendidik dalam jabatan tahun 2008 di SMAN Kota Malang / Emma Yunika Puspasari
Main Author: | Puspasari, Emma Yunika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38737/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPuspasariEmmaYunika.2009.ProfesionalismeGuruEkonomiBersertifikatPendidikDalamJabatanTahun2008diSMANegeriKotaMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.NasikhS.EM.PM.Pd(2)AgusSumantoS.EM.Sa.KataKunciProfesionalismeguruSertifikasiPeningkatankualitasgurudirancangsecarasistematisdanberjangkapanjangdimulaidariregulasidengandiundangkannyaUUNO.14tahun2005tentanggurudandosen.TerbitnyaUUNo.14Tahun2005tentangGurudanDosen(UUGD)ditengaraiolehsebagianbesarkalangansebagaipertandakeseriusanpemerintahdalammenanggapiaspirasipendidikakanpeningkatankesejahteraanmereka.PadaakhirnyaUUGDmenjadilandasanhukumsebuahkebijakanpendidikanyangbegitupopulersaatiniyaitukebijakansertifikasipendidik.MenurutPPRINo.19/2005tentangStandarNasionalPendidikanPasal28pendidikadalahagenpembelajaranyangharusmemilikiempatjeniskompetensiyaknikompetensipedagogikkepribadianprofesionaldansosial.Pemenuhankeempatkompetensitersebutdibuktikandengansertifikatpendidikmelaluiujisertifikasiguru.Denganditetapkannyagurusebagaijabatanprofessionalmakagurudituntutmemilikikompetensitertentuyangterukurdanterujimelaluiprosedurtertentu.DalamUUNo.14Tahun2005pasal1ayat1dinyatakanbahwasebagaipendidikprofesionalgurumempunyaitugasutamamendidikmengajarmembimbingmengarahkanmelatihmenilaidanmengevaluasipesertadidikpadapendidikananakusiadinijalurpendidikanformalpendidikandasardanpendidikanmenengah.PenelitianiniadalahpenelitiandeskriptifyangbertujuanuntukmengungkapdanmendeskripsikankeadaandilapangantentangprofesionalismeguruekonomiyangbersertifikatpendidikdiSMANegeriKotaMalang.PenelitianinidilakukandiSMANKotaMalangdenganjumlahguruekonomiyanglulussertifikasidalamjabatantahun2008sebanyak10orang.Dalampenelitianinidideskripsikanbagaimanaprofesionalismeguruekonomidilihatdarisegikinerjadankompetensiguruyangtelahlulusprogramujisertifikasiuntukmencapaitujuanmenggunakaninstrumenpenelitianyaitustudidokumentasidanmetodeangketataukuesioner.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdistribusifrekuensi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatingkatkompetensiprofesinalismeguruekonomiyanglulussertifikasidalamjabatantahun2008diKotaMalangadalahsangatbaik.Halinidapatdibuktikandarihasilanalisisdatayangmenunjukkanbahwamasing-masingsubkompetensiyaitu70%gurumemilikikompetensikepribadiansangatbaik80%gurumemilikikompetensisosialsangatbaik90%memilikikompetensipedagogiksangatbaik80%gurumemilikikompetensiprofesionalyangbaiksedangkanuntukkinerjaguruekonomiyanglulussertifikasidalamjabatantahun2008diSMANKotaMalangadalahsangatbaik.Halinidapatdibuktikandarihasilanalisisdatayangmenyatakanbahwamasing-masingsubvariabelkinerjaguruyaitu80%gurumemilikitingkatkinerjapadapenyusunanprogrampembelajaranyangsangatbaik60%gurumenerapkanpelaksanaanevaluasipembelajarandengansangatbaik80%gurumemilikitingkatkinerjadalammelaksanakananalisisevaluasipembelajarandenganbaik60%gurumemilikitingkatkinerjadalampelaksanaanperbaikandanpengayaandengansangatbaik70%gurumemilikitingkatkinerjadalampelaksanaanpembelajarandenganbaik.Berdasarkanhasilpenelitianinidiharapkankepadaguruekonomibersertifikatpendidikdalamjabatantahun2008diSMANKotaMalanguntukmempertahankandanmeningkatkankompetensiprofesionalismesertakinerjagurudalamduniakependidikanuntukmenciptakankelayakangurusebagaiagenpembelajarandanmewujudkantujuanpendidikannasional.