Pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS: studi kasus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Malang / Susi Rahayu Ningsih

Main Author: Ningsih, Susi Rahayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38728/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKNingsihSusiRahayu.2010.PengaruhKeaktifanDalamKegiatanEkstrakurikulerdanKebiasaanBelajarTerhadapPrestasiBelajarIPSStudiKasusPadaSiswaKelasVIIISMPNegeri4Malang.JurusanEkonomiPembangunanProgramStudiS1PendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)DrBambangPranowoSEMPdAk(II)Dr.HadiSumarsonoS.T.M.Si.KataKunciKeaktifandalamKegiatanEkstrakurikulerKebiasaanBelajarPrestasibelajar.PendidikanmerupakansalahsatuunsurpentingdalampembangunannasionalkarenapendidikanmerupakaninvestasidalammengembangkanSumberDayaManusia(SDM).PeningkatanmutuSDMsangatditentukanolehpendidikanyangditerimaolehindividutersebutsehinggapendidikanberfungsisebagaipendorongdalampeningkatankecakapandankemampuanmanusiaIndonesiaagarmenjadimasyarakatyangberkualitas.Wujuddaripendidikanyaitupendidikanformaldanpendidikaninformal.Pendidikanformalbiasadisebutdengansekolah.Sedangkanpendidikaninformaladalahpendidikanyangdidapatseorangindividudarilingkungansekitarnya.Berbagaikegiatandilakukandalampendidikanformalyangbertujuanuntukmencapaitujuanpendidikannasionaldiantaranyakegiatanintrakurikuleryaituprosesbelajarmengajardansegalakegiatanyangberhubungandenganakademik.Kegiatanlainyangjugapentingdilaksanakanadalahkegiatanekstrakurikuler.Sebabkegiatanekstrakurikuleryangdilaksanakandiharapkandapatmenjadisaranapenunjangperkembangansiswa.Dalamkegiatanprosesbelajarmengajarkebiasaanbelajardapatdikatakansebagaisuatuyangseringdilakukansecaraberulang-ulangolehsiswadalamkegiatanbelajar.Karenaberhasiltidaknyasiswadalambelajarantaralainditentukanolehbaiktidaknyacara-carabelajaryangdilakukanolehsiswaitusendiri.Sehinggadenganmemilikikebiasaanbelajaryangbaikdiharapkansiswadapatmemperolehprestasiyangbaik.Dengankeaktifansiswadalammengikutikegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajardapatdilihatdariperubahanprestasiyangakandiraiholehsiswadisekolah.Prestasibelajardapatdiartikansebagaihasilyangdiperolehseorangsiswasetelahmengikutikegiatanbelajarmengajardalamjangkawaktutertentu.Berdasarkanrumusanmasalahyangadamakadapatdiketahuitujuanpenelitianyaitu(1)UntukmengetahuibagaimanatingkatkeaktifansiswakelasVIIIdalamkegiatanekstrakurikulerdiSMPNegeri4Malangtahunpelajaran2009/2010(2)UntukmengetahuikebiasaanbelajarsiswakelasVIIISMPNegeri4Malangtahunpelajaran2009/2010(3)UntukmengetahuiprestasibelajarIPSsiswakelasVIIISMPNegeri4Malangtahunpelajaran2009/2010(4)UntukmengetahuiapakahterdapatpengaruhantarakeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerterhadapprestasibelajarIPSsiswakelasVIIISMPNegeri4Malangtahunpelajaran2009/2010(5)UntukmengetahuiapakahterdapatpengaruhantarakebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarIPSsiswakelasVIIISMPNegeri4Malangtahunpelajaran2009/2010(6)UntukmengetahuiapakahiiterdapatpengaruhantarakeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarIPSsiswakelasVIIISMPNegeri4Malangtahunpelajaran2009/2010.Dalampenelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifuntukmenggambarkantentangkondisiobyektifkeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerkebiasaanbelajardanprestasibelajarsiswa.SedangkananalisisstatistikinferensialyaitukorelasibergandadanregresilinierbergandauntukmengetahuibesarnyapengaruhantarakeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasVIIISMPNegeri4Malang.Variabelbebasdalampenelitianiniterdiridarikeaktifandalamkegiatanekstrakurikuler(X1)dankebiasaanbelajar(X2).Sedangkanvariabelterikatnyaprestasibelajarsiswa(Y).PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIIyangaktifmengikutikegiatanekstrakurikulerdiSMPNegeri4Malangyangberjumlah302siswadansampelnyasebesar76siswa.TeknikpengambilansampelyangdigunakanadalahProportionalRandomSampling.Daripengolahandatamelaluiujihipotesisdapatdiketahuibahwapadavariabelkeaktifandalamkegiatanekstrakurikuler(X1)secaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.Haliniterbuktibahwathitung(2383)ttabel(1993).Jikadilihatdaritingkatsignifikansinya(0020)(005)makaH0ditolakdanHaditerima.Padavariabelkebiasaanbelajar(X2)secaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.Haliniterbuktibahwathitung(3825)ttabel(1993).Jikadiihatdaritingkatsignifikansinya(0000)(005)makaH0ditolakdanHaditerima.SedangkansecarasimultanberdasarkanhasilujiFdiketahuibesaranprobabilitasnya(Sig)0000005danFhitung(8454)Ftabel(311).Halinimenunjukkanbahwaantarakeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajarterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdikatakanbahwakeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerdankebiasaanbelajarberpengaruhterhadapprestasibelajarIPSsiswakelasVIIISMPNegeri4Malang.