Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua, pemberian motivasi dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS MAN (Madrasah Aliyah Negeri) Malang 1 / Siti Nur Kholifah

Main Author: Kholifah, Siti Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/38727/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurKholifahSiti.2010.PengaruhSosialEkonomiOrangTuaPemberianMotivasidanFasilitasBelajarterhadapPrestasiBelajarSiswaMataPelajaranEkonomiSiswaKelasXIIPSMAN(MadrasahAliyahNegeri)Malang1.SkripsiJurusanekonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.MardonoM.Si.(2)Dr.SugengHadiUtomoM.Ec.KataKunciSosialEkonomiOrangTuaMotivasiBelajarTingkatKetersediaanFasilitasBelajarPrestasiBelajarDalampelaksanaanpendidikanadatigaunsuryangikutbertanggungjawabyaituOrangTuaMasyarakatdanPemerintah.Dalamduniapendidikanformalfenomenabelajarmengajardapatdilihatsebagaisuatuprosesbelajarmengajardanlebihmenekankanpadaterciptanyakegiatanpadadirisiswa.Dalammewujudkanlembagapendidikanorangtuasiswadilibatkandalampartisipasiswadanahalinisecaralangsungmaupuntidaklangsungakanberpengaruhpadaprestasisiswa.Keadaansosialekonomiorangtuamenentukanperkembangandanpendidikananakdisampingsebagaifaktorpentingbagikesejahteraankeluarga.Motivasiyangdapatmenentukanhasilbeajardapatberupamotivasibelajarintrinsikmaupunekstrinsik.Tingkatketersediaanfasilitasbelajarjugasangatpentingbagikelangsunganprestasibelajarsiswadisekolah.Kondisisosialekonomiorangtuamotivasibelajardanketersediaanfasilitasbelajaryangmemadaiakandapatmendukungtercapainyaprestasibelajaryangmaksimal.Penelitianinibertujuanuntuk(1)MengetahuigambaransosialekonomiorangtuamotivasibelajarketersediaanfasilitasbelajardanprestasibelajarsiswakelasXIIPSMANMalang1.(2)MengetahuipengaruhsecaraparsialdansimultanantarasosialekonomiorangtuamotivasibelajarketersediaanfasilitasbelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSMANMalang1.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifdengananalisisregresi.PengumpulandatadilakukandenganmenggunakanangketdandokumentasidatadiperolehdaripopulasipenelitianyangdiambildarisiswakelasXIIPSMANMalang1.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwaprestasibelajarsisatermasukkategorisangatbaik(67.01%)kondisisosialekonomiorangtuatergolongtinggi(52.58%)motivasibelajartergolongsedang(70.10%)fasilitasbelajartergolongsedang(51.55%).Darihasilanalisispengujianhipotesismenunjukkanbahwasecaraparsial(1)adapengaruhantaraLatarBelakangSosialEkonomiOrangTuaterhadapPrestasiBelajarSiswaMANMalang1denganpengaruhparsialsebesar-0.265atau-26.5%(2)adapengaruhparsialantaraMotivasiBelajarSiswaterhadapPrestasiBelajarSiswaMANMalang1denganpengaruhparsialsebesar0.326atau32.6%(3)adapengaruhparsialantaraKetersediaanFasilitasBelajarterhadapPrestasiBelajarSiswaMANMalang1denganpengaruhparsialsebesar-0.211atau21.1%(4)SecarasimultanadapengaruhantaralatarbelakangsosialekonomiorangtuamotivasibelajarketersediaanfasilitasbelajarterhadapprestasibelajarsiswakelasXIIPSMANMalang1denganpengaruhsebesar0.175atau17.5%.Sehubungandengankesimpulandiatasmakadisarankankepadapihakterkaityaitusiswauntuklebihberanimembukadirikepadabapakibuguruagarberkomunikasidalamkegiatanpembelajaranagarmenjadilebihnyamandanjugasiswamenggunakanfasilitasyangsudahtersediasemaksimalmungkinagarmencapaiprestasibelajaryanglebihbaik.Orangtuasiswadansegenapguruagarmemberikanperhatiansertabantuanpadawaktuanakmengalamikesulitanbelajar.