Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan kecakapan hidup (life skills) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 6 Kediri / M. Riza Rosihan Anwar
Main Author: | Anwar, M. Riza Rosihan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38725/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnwarM.RizaRosihan.2010.PenerapanPembelajaranDenganPendekatanKontekstualdanKecakapanHidup(LifeSkills)UntukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranEkonomiKelasXSMANegeri6Kediri.SkripsiProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversirasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SapirS.SosM.Si(II)AgusSumantoS.E.M.S.A.Katakuncipendekatankontekstuallifeskillsmotivasihasilbelajarkognitifhasilbelajarafektif.MelaluihasilobservasiyangdilakukanolehpenelitidiSMANegeri6Kedirigurubelumsepenuhnyamelibatkansiswasecaraaktifdalamprosesbelajarmengajar.DarihasilwawancarayangdilakukandenganBapakSubeno(guruekonomikelasX)dapatdiketahuibahwamotivasidanhasilbelajarsiswamasihrendah.Gurujugabelumpernahmenggunakanpendekatankontekstualdankecakapanhidup(lifeskills)dalamprosespembelajaran.SistempembelajaranyangdilaksanakandiSMANegeri6masihberjalansecarakonvensional.Olehkarenaitupenelititertarikuntukmenerapkanpembelajarandenganpendekatankontekstualdankecakapanhidup(lifeskills)dalammatapelajaranekonomi.Denganditerapkanpendekatanpembelajarantersebutdiharapkandapatmeningkatkankemampuansiswasehinggadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarekonomisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuimotivasidanhasilbelajarekonomipadasiswakelasX-6SMANegeri6Kedirimelaluipenerapanpembelajarandenganpendekatankontekstualdankecakapanhidup(lifeskills).Penelitianinimerupakanpenelitiannon-eksperimendengandesainpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridariduasiklus.Datapenelitianberupamotivasibelajarsiswayangdiperolehmelaluiangketdanhasilbelajarsiswayangdiperolehmelaluipost-testpadasetiapakhirsiklusdanlembarobservasipengamat.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasebelumdilakukantindakanpersentasemotivasisebesar5795dengankategoricukup.MotivasibelajarsiswapadasiklusImengalamikenaikanmenjadisebesar6786%dengankategoribaikdanmengalamipeningkatanmenjadi8041%dengankategorisangatbaikpadasiklusII.Hasilbelajarkognitifjugamengalamipeningkatan.Sebelumdiberikantindakannilairata-ratahasilbelajarsebesar5875denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsekitar25%padasiklusIskorrata-ratameningkatmenjadi7075denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsebesar525%danpadasiklusIImeningkatlagidenganskorrata-rata805denganjumlahsiswayangtuntasbelajarsekitar80%.PadahasilbelajarafektifsiklusIdiperolehrata-ratanilaisebesar6944%.PadasiklusIIrata-ratanilaihasilbelajarafektifnaikmenjadi825%.KecakapanhiduppadasiklusIdidapatkanpersentaserata-ratanilaisebesar6625%.PadasiklusIIpersentaserata-ratanilaijugamengalamipeningkatanmenjadisebesar855%.Berdasarkanhasilpenelitianmakadapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajarandenganpendekatankontekstualdankecakapanhidup(lifeskills)dapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomisiswakelasX-7SMANegeri6Kediri.Beberapasaranyangdapatpenelitisampaikanyaitu(1)KepalaSekolahSMANegeri6Kediridiharapkanuntukmenyelenggarakandiklatuntukparagurudengantemamengenaipendekatankontekstualdankecakapanhidup(lifeskills)karenakecakapantersebutsangatpentingdibutuhkanparagurudanpesertadidikdalammenghadapipersaingandieraglobalisasi(2)GurumatapelajaranekonomiSMANegeri6Kediridisarankanuntukmencobamenerapkanmodelpembelajarandenganpendekatankontekstualdankecakapanhidup(lifeskills)untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarpesertadidik(3)SiswaSMANegeri6KedirikhususnyakelasX-7diharapkanlebihmengembangkanprestasidankecakapanhidupyangdimilikiagarsemakinbergunabagimasadepanmerekakelakdan(4)Bagipenelitiberikutnyaagarlebihmengembangkanpembelajarankontekstualdankecakapanhidup(lifeskills)terutamapadabeberapaaspekyangbelumsempatditelitisepertikecakapanakademik(academicskills)dankecakapanvokasional(vocationalskills).