Pengaruh pengelolaan kelas dan penmanfaatan media pembelajaran oleh guru ekonomi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri I Ngoro Jombang / Nur Saidah Zuhri

Main Author: Zuhri, Nur Saidah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38724/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKZuhriNurSaidah.2010.PengaruhPengelolaanKelasdanPemanfaatanMediaPembelajaranolehGuruEkonomiterhadapHasilBelajarSiswaMataPelajaranEkonomiKelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang.Skripsi.JurusanEkonomiPembangunanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.NasikhS.E.M.P.M.Pd(2)AgusSumantoS.E.M.SA.KataKunciPengelolaanKelasPemanfaatanMediaPembelajarandanHasilBelajarSiswa.Peningkatanmutupendidikanditandaidenganpeningkatanhasilbelajarpesertadidik.Aspekterpentingdalampeningkatanhasilbelajarpesertadidikadalahmeningkatkanmutuprosespembelajaranhalinitergantungdarikemampuangurudalammengajar.Sedangkankeberhasilanseoranggurudalamkegiatanpembelajaranditentukanjugaolehkemampuangurudalammenyampaikanmateri.Sepertitujuanpengajaranyangtepatdankemampuangurudalammemanfaatkanmediapembelajaransecaraefektifdanefisien.Selainitudalammenghadapisiswaseoranggurujugaharusmemilikikemampuandasardalammengelolakelas.Dengandemikiandapatdikatakanbahwahasilbelajarsiswaditentukanolehpengelolaankelasdanpemanfaatanmediapembelajaran.BerdasarkanpaparandiatasmakapenelitianinibertujuanuntukmengetahuiseberapabesarpengaruhpengelolaankelasdanpemanfaatanmediapembelajaranolehguruekonomiterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanapengelolaankelasolehgurupadamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang(2)BagaimanapemanfaatanmediaolehgurupadamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang(3)BagaimanahasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidiSMPNegeriINgoroJombang(4)ApakahadapengaruhyangsignifikanantarapengelolaankelasdanpemanfaatanmediaolehguruterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)mengetahuipengelolaankelasolehgurumatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang(2)mengetahuipemanfaatanmediapembelajaranolehgurupadamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang(3)mengetahuihasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang(4)mengetahuipengaruhyangsignifikanantarapengelolaankelasdanpemanfaatanmediaolehguruterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang.Variabelbebasdalampenelitianiniadalahpengelolaankelas(X1)danpemanfaatanmediapembelajaran(X2)sedangkanvariabelterikatnyaadalahhasilbelajar(Y).Jenispenelitianiniadalahdeskriptifkorelasional.Populasidalampenelitianiniberjumlah257siswadansampelberjumlah49siswa.Teknikpengambilansampelyangdigunakanadalahproporsionalrandomsampling.Skalayangdigunakanadalahskalalikertdengan5(lima)pilihanjawaban.Untukmengujikelayakaninstrumendigunakanujivaliditasdanujireliabilitas.Teknikiipengumpulandatadalampenelitianinimenggunakankuesionerdandokumentasi.Penelitianinimenggunakananalisisdeskriptifdananalisisregresilinearberganda.SedangkanuntukujikelayakanregresidilakukanujiasumsiklasikdankeseluruhananalisismenggunakanbantuanprogramSPSSforwindows16.00.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehbahwa(1)PengelolaankelasguruekonomidiSMPNegeriINgoroJombangtergolongkategoricukup.(2)PemanfaatanmediapembelajaranolehguruekonomidiSMPNegeriINgorotergolongtinggi.(3)HasilbelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeriINgorotergolongcukup.(4)SecaraparsialpengelolaankelasguruekonomimempunyaipengaruhpositifdansignifikanterhadaphasilbelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombangterbuktidengansigt(0.00)945(0.05).(5)PemanfaatanMediaPembelajaranjugamempengaruhihasilbelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombangyangditunjukkandengansigt(0.00)945(0.05).(6)SecarasimultanpengelolaankelasdanpemanfaatanmediapembelajaranolehguruekonomiberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombangyangditunjukkandengansigt(0.00)945(0.05).NilaiRsquaresebesar0757halinimenunjukkanbahwakontribusiyangdiberikanvariabelpengelolaankelasdanpemanfaatanmediapembelajaranolehguruekonomiberpengaruhsecarasimultanterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombangsebesar757%.BerdasarkanuraiandiatasmakadapatdisimpulkanbahwapengelolaankelasdanpemanfaatanmediapembelajaranberpengaruhsecarasimultanterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranekonomikelasVIIIdiSMPNegeriINgoroJombang.Sarandalampenelitianiniadalah(1)Bagiguruhendaknyamelakukanpengelolaankelasyangbaikdengancaramenciptakansuasanabelajaryangharmonisdanmempertahankaniklimpembelajaranyangkondusifsertamenggunakanmediayanglebihbervariatif.(2)Bagisekolahhendaknyamemperhatikankebutuhangurudalammeningkatkanketerampilannyasebagaipengajardanmenyediakansaranaprasaranasekolahyanglebihbaik.(3)Bagisiswahendaknyamenyadarikedudukanhakdankewajibannyasebagaipesertadidikdalamprosespendidikansehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.