Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang pada mata pelajaran ekonomi / Yuana Rohmawati

Main Author: Rohmawati, Yuana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/38719/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRohmawatiYuana.2010.PenerapanMetodePembelajaranKooperatifTipeTeamsGamesTournament(TGT)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXSMANegeri8MalangPadaMataPelajaranEkonomi.SkripsiProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversirasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SapirS.SosM.Si(II)Drs.PrihHardintoM.SiKatakuncipembelajarankooperatifTGT(TeamsGamesTournament)hasilbelajar.Pendidikanmenjadisesuatuyangsangatpentingmenciptakankehidupanbangsayangcerdasdamaiterbukadandemokratis.Kemajuansuatubangsahanyadapatdicapaimelaluipenataanpendidikanyangbaik.OlehkarenaitupembaharuanpendidikanharusdilakukanuntukmeningkatkankualitaspendidikannasionalsehinggadiharapkandapatmeningkatkanharkatdanmartabatmanusiaIndonesia.Kebanyakanguruekonomimenggunakanmetodepembelajaranyangmasihkonvensionalyaitudenganceramahdanpemberiantugas.Metodepembelajarantersebutmembuatsiswacenderungpasifdancepatbosanyangpadaakhirnyaakanberpengaruhterhadaphasilbelajarsiswa.Olehkarenaituperludilakukanupayatertentuyangdapatmelibatkansiswasecaraaktifsehinggahasilbelajarsiswajugameningkat.SalahsatuupayayangdapatdilakukanuntukmeningkatkankualitaspendidikandiIndonesiaadalahdengancaramerubahparadigmapembelajarandaripembelajaranyangberpusatpadaguru(teachercentered)kearahpembelajaranyangberpusatpadasiswa(studentcentered)denganmenggunakanmetodepembelajarankooperatif.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)UntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGTuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXSMANegeri8MalangpadamatapelajaranEkonomi(2)UntukmengetahuihasilbelajarsiswakelasXSMANegeri8MalangpadamatapelajaranEkonomisetelahditerapkanmetodepembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT).Berdasarkanpermasalahandantujuanpenelitianmakapenelitianinibersifatdeskriptifdanmenggunakananalisispendekataninduktif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).Alatpengumpulandatamenggunakansoalteslembarcatatanlapangandanangket.SumberdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasX-5SMANegeri8Malangtahunajaran2009/2010.Hasilbelajarekonomisiswamengalamipeningkatandimanasikluspertamaketuntasanbelajarnyasebesar77%danpadasikluskeduamenjadisebesar86%.KesimpulanyangdapatdiperolehdariPenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)yaitu(1)PenerapanmetodepembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)terdiridari5tahapyaitupenyampaianmaterikerjakelompokgameturnamendanpenghargaankelompok.DalammenerapkanpembelajarantipeTGTdilakukanobservasi/pengamatanterhadapaktivitassiswadanguruselamakegiatanpembelajaran.(2)PenerapanMetodePembelajaranKoopratifTipeTeamsGamesTournament(TGT)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasXSMANegeri8MalangpadamatapelajaranEkonomi.Berdasarkanhasilpenelitiandiatasbeberapasaranyangdapatpenelitisampaikanyaitu(1)GurumatapelajaranekonomiSMANegeri8MalangdisarankanuntukmencobamenerapkanpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)padamateripelajaranyanglaindikarenakansiswamemberikanresponpositifterhadappenerapanpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT).(2)GurumatapelajaranekonomiSMANegeri8Malangdisarankanuntukseringmemberikantugassehinggadapatmeningkatkankerajinandankedisiplinansiswadalammenyelesaikantugas.(3)DalammenerapkanpembelajarankooperatiftipeTeamsGamesTournament(TGT)guruperlumengaturwaktumempersiapkanrencanakegiatandanmediayangtepatsehinggakegiatanpembelajaranyangdilakukandapatberlangsungsecaraoptimaldanefesien.