Penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMPN 1 Garum / Diyan Widiarti

Main Author: Widiarti, Diyan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38694/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWidiartiDiyan.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifMetodeJigsawdalamMeningkatkanMotivasidanPrestasiBelajarSiswapadaMataPelajaranIPSSiswaKelasVIIISMPN1Garum.JurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang(UM).Pembimbing(I)Drs.PrihHardintoM.Si(II)DwiWulandariSEMM.KataKunciPembelajaranKooperatifMetodeJigsawMotivasiBelajarPrestasiBelajarPembelajarandenganmetodeJigsawmerupakansalahsatupenerapanpembelajarankooperatifdimanakegiatanbelajarmengajardipusatkanpadasiswa.BerdasarkanobservasiawalyangdilakukanpenelitidiSMPN1Garumdapatdiketahuibahwapengajaranolehgurubiasanyadilakukandenganceramahdantanyajawab.Carabelajarinibelummemberikanhasilbelajaryangmemuaskanpadasiswa.OlehkarenaitupenelitimenerapkanpembelajarankooperatifmelaluimetodeJigsawuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswakelasVIIISMPN1Garum.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIIIASMPN1Garumpadamaterisubpokokbahasanketenagakerjaan.Penelitianinidilakukanpadatanggal19-21Maret2009dan28Maret-2April2009denganmenggunakaninstrumentpenelitianberupalembarobservasikegiatangurulembarobservasikegiatansiswalembarpenilaianmotivasibelajarsiswadanangketpendapatsiswamengenaipenerapanpembelajarankooperatifmelaluimetodeJigsaw.Analisishasilpenelitiandideskripsikandenganmenggunakanteknikpersentase.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanpersentaseketercapaiangurudalammenerapkanlangkah-langkahmetodeJigsawdarisiklusIkesiklusIIyaitusebesar71%sedangkandariobservasikegiatansiswapadasiklusIkesiklusIItampakadanyapeningkatansebesar625%.MotivasibelajarsiswaberdasarkanlembarpenilaianmotivasisiklusIdansiklusIImengalamipeningkatansebesar10%sedangkanberdasarkanangketmotivasibelajarsiswasiklusIdansiklusIImengalamipeningkatansebesar025%.Peningkatanprestasibelajarsiswadapatdiketahuidarikenaikannilairata-ratatestsiklusIdansiklusIIsebesar05%danmeningkatkanaktivitassiswadalammempresentasikanbertanyamenjawabpertanyaandanmenanggapipermasalahan.BerdasarkanhasilpenelitiansecarakeseluruhanmakadapatdikatakanbahwapendekatanpembelajarankooperatifmelaluimetodeJigsawdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswasebesar10%berdasarkanlembarpenilaianmotivasisedangkanberdasarkanangketmotivasibelajarmengalamipeningkatansebesar025%danprestasibelajarsiswasebesar05%dalamprosesbelajarmengajarsiswamenjadilebihtertarikkarenaadanyavariasitindakanpembelajaranolehgurusehinggasiswatidaklagimerasabosan.Selainitudalamprosespembelajaransiswalebihberperanaktif.Berdasarkanpenelitianinidapatdisarankan(1)GurumatapelajaranIPSdisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajarankooperatifmelaluimetodeJigsawsebagaialternatifpembelajaranuntukmeningkatkanmotivasidanprestasibelajarsiswa.(2)Dalampelaksanaanmasing-masingfasepembelajaranhendaknyaguruperlumempertimbangkanpembagianwaktusecaraefektifdanefisien.(3)BagipenelitiyangberikutnyainginmenelitihalyangsamabisamencobakanpembelajarankooperatifmelaluimetodeJigsawuntukmateriIPSlainnyayanglebihmelibatkanaktivitassiswasehinggamenuntutadanyakreatifitassiswayanglebih.