Penerapan model pembelajaran inovatif (Innivative Learning) tipe picture and picture untuk meningkatkan motivasi dan ketutansan belajar ekonomi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Singosari / Aditya Sukma Putra

Main Author: Putra, Aditya Sukma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38692/
Daftar Isi:
  • Seiringdenganberjalannyawaktudanprosesperubahanyangcepatdalamlingkunganpendidikanmakahaltersebutjugaberdampakpadaperubahankurikulumpendidikansaatiniyaitudenganditerapkannyakurikulumtingkatsatuanpendidikan(KTSP)padasekolah-sekolahsebagaipenyempurnaandarikurikulumsebelumnya.Strategipengajaranuntukmeningkatkanmotivasidanketuntasanbelajarekonomisiswayangmenuntutadanyainovasidanimprovisasigurusalahsatunyaadalahmenggunakanmodelpembelajaraninovatif.Tujuanmasalahdalampenelitianiniadalah61480161481UntukmenganalisisPenerapanModelPembelajaranInovatif(InnovativeLearning)TipePictureAndPicturePadaSiswaKelasVIIISMPNISingosari61480261481UntukmenganalisisapakahPenerapanModelPembelajaranInovatif(InnovativeLearning)TipePictureAndPicturedapatMeningkatkanMotivasiBelajarEkonomiSiswaKelasVIIISMPNISingosari61480361481UntukmenganalisisketuntasanbelajarekonomisiswaKelasVIIISMPNISingosarisetelahditerapkanModelPembelajaranInovatif(InnovativeLearning)TipePictureAndPicture61480461481UntukmenganalisistanggapansiswaKelasVIIISMPNISingosarisetelahditerapkanModelPembelajaranInovatif(InnovativeLearning)TipePictureAndPicture.Penelitianinibersifatdeskriptifdanmenggunakananalisispendekataninduktif.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch).TempatpenelitianadalahdiSMPNegeri1Singosari.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri1Singosaritahunajaran2008/2009.Alatpengumpulandatamenggunakansoalteslembarobservasilembarcatatanlapanganangketdanpedomanwawancara.Temuandalampenelitianinidalamsiklus1(a)Padatahappenyajianmateripenelitibelumdapatsecaramaksimalmengembangkanmateri.(b)siswamasihbelumterbiasauntukmengikutipembelajaraninovatiftipepictureandpicturesehinggapenelitiharusmenjelaskanlagiaturanmainnya.(c)Padasaatpembelajaranberlangsunghanyabeberapasiswayangaktifdalammengungkapkanpendapatsedangkansiswayanglaincenderungpasif.(d)Kelasyangramaimengakibatkankurangkondusifnyakegiatanbelajarmengajar.Siklus2(a)Siswasudahmulaiterlihatlebihsemangatdantidakbingungdengantahapanpenerapanpembelajaraninovatiftipepictureandpicturekarenasiswasudahterbiasamengikutipembelajaraninovatiftipepictureandpicture.(b)Siswasudahmulaiaktifmengemukakanpendapatataumenjawabpertanyaangurutanpaditunjuk.(c)Prestasibelajarsiswamengalamiketuntasanbelajarmelebihidaristandartyangtelahditentukanolehsekolahyaitu76.(d)Siswamemberikanresponpositifdalammengikutikegiatanpembelajaran.Sedangkandatauntukmotivasibelajarekonomisiswadapatdiperolehnilairata-ratapadasikluspertamasebesar80%danpadasikluskeduameningkatmenjadi92%.SedangkanKetuntasanbelajarekonomisiswajugamengalamipeningkatandimanasikluspertamarata-ratasebesar676%danpadasikluskeduamenjadisebesar864%.KesimpulandariPenerapanModelPembelajaranInovatif(InnovativeLearning)TipePictureAndPictureyaitu61480161481PenerapanModelPembelajaranInovatifTipePictureAndPicturePadaSiswaKelasVIIISMPNISingosaridapatditerapkandenganbaik61480261481MotivasibelajarekonomisiswakelasVIII-FSMPNegeri1Singosarimeningkat61480361481KetuntasanbelajarekonomisiswakelasVIII-FSMPNegeri1Singosarimeningkat.61480461481TanggapansiswaKelasVIIISMPNISingosarisetelahditerapkanModelPembelajaranInovatifTipePictureAndPicturesangatbagus.Beberapasaranyangdapatpenelitisampaikanyaitu(1)Gurumatapelajaranekonomidisarankanuntukmencobamenerapkanmodelpembelajaraninovatiftipepictureandpicturepadamaterikelangkaansumberdayadankebutuhanmanusia.(2)Gurumatapelajaranekonomidiharapkandalammenerapkanpembelajaraninovatiftipepictureandpicturemenggunakanvariasipermainan.(3)Gurumatapelajaranekonomidisarankanuntukmemberikantugasterlebihdahulusebelummelaksanakanpermainanpictureandpicture.(4)DalammenerapkanpembelajaraninovatiftipepictureandpictureguruperlumengaturwaktumempersiapkanrencanakegiatandanmediayangberupakertasmanilauntukalasgambarpotongangambaruntukpermainanlaptopdanLCD(untukvariasimedia).Selainituuntukvariasigambardapatdilakukandengangambarberwarnaperbesarangambardanteknikpenempelangambaragarlebihhematwaktu.