Efektivitas metode pembelajaran model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi eksperimen pada siswa kelas X SMAN 9 Malang) / Khoirun Nisak
Main Author: | Nisak, Khoirun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38690/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNisakKhoirun.2009.StudiPerbandinganMetodePembelajaranModelNumberedHeadTogether(NHT)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXSMAN9Malang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanEkonomi.FakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BambangPranowoS.EM.PdAk(II)Drs.MardonoM.SiKataKunciPembelajaranKooperatifNumberedHeadTogether(NHT)HasilBelajar.Pendidikansangatmenentukankualitaskehidupanbangsa.Peranpendidikansangatpentinguntukmenciptakankehidupanyangcerdasdamaidandemokratis.Kemajuansuatubangsahanyadapatdicapaimelaluipenataanpendidikanyangbaik.Olehkarenaituperlukiranyadilakukanpembaruandanpeningkatankualitaspendidikan.Pendidikanyangberorientasipadapeningkatankualitasakanmenghadapiberbagaitantanganyangtidakbisaditanggulangidenganparadigmayanglamayaituparadigmapembelajaranbehavioristik(pembelajaranyangberpusatpadaguru).Salahsatucarauntukmengatasiparadigmalamatersebutadalahdengancaramemberikanpesertadidikmetodepembelajaranyangbisamembuatmerekalebihaktifdalamkegiatanpembelajaranyaitupembelajarankooperatif.Pembelajarankooperatifmampumenciptakankondisipembelajaranyangdapatmengajaksiswayangsatudengansiswayanglainnyasalingberinteraksisetaaktifdalambertukarpengetahuandalamkelompokuntukmeningkatkanhasilbelajarnya.SalahsatumodelpembelajarankooperatifadalahNumberedHeadTogether(NHT).NumberedHeadTogether(NHT)adalahsalahsatumodelatauteknikpembelajaranyangmelibatkanlebihbanyaksiswadalammenelaahmateriyangtercakupdalamsuatupelajarandanmengecekpemahamanmerekaterhadapisipelajarantersebut.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)UntukmenganalisisbagaimanakahhasilbelajarekonomisiswakelasXSMAN9MalangyangdiberipengajarandenganmetodepembelajaranmodelNumberedHeadTogether(NHT)(2)UntukmengalisisbagaimanakahhasilbelajarekonomisiswakelasXSMAN9Malangyangdiberipengajarandenganmetodekonvensional(3)UntukmengetahuidanmengalisisbagaimanaperbedaanhasilbelajarekonomiantarasiswayangdiberipengajarandenganmetodepembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogether(NHT)dengansiswayangdiberipengajarandenganmetodeceramah.PenelitianinidilakukandiSMAN9MalangpadabulanMaretsampaibulanApril2009.penelitianiniadalahjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperimentalDesign)denganrancanganpenelitianNonrandomizedPre-testPost-testControlGroupdesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXSMAN9malangtahunajaran2008-2009denganjumlah282siswayangterbagikedalam7kelas.SampeldiambilsebanyakduakelasdarikelasXdenganteknikpurposivesampling.Pengambilansampeldenganteknikpurposivesamplingdidasarkanataspertimbangan(1)Sebelumpenelitiandilakukankeduakelasdalamprosesbelajarmasihmenggunakanmetodepembelajaranceramah(2)Keduakelasyangdipilihtersebutdibimbingolehguruyangsamasehinggamemudahkanpenelitidalammelanjutkanmateripelajaranekonomi(3)Tidakadakelasunggulansehinggakeduakelastersebutmemilikirata-ratakelasyangsama.Daripertimbangan-pertimbangantersebutterpilihkelasX-4sebagaikelompokeksperimendankelasX-5sebagaikelaskontrol.KelaseskperimenadalahkelasyangprosesbelajarmengajarnyamengguanakanmetodepembelajaranmodelNumberedHeadTogether(NHT)sedangkankelompokkontroladalahkelasyangprosesbelajarmengajarnyamenggunakanmetodeceramah.DatapenelitianinidiambildarisiswakelasX-4danX-5berupahasilpre-testdanpost-test.Analisisdatadilakukandenganmenggunakanujit(t-test).Sebelumdatadianalisisterlebihdahuludiujipersyaratanyaituujinormalitasdanhomogenitas.Ujitdigunakanuntukuntukmengujikesamaanduarata-ratakemampuanawal(pre-test)danbedaduarata-ratakemampuanakhir(post-test)sertahipotesispenelitiandarigainscore.Meningkatnyahasilbelajarsiswadapatdiketahuidariketuntasanbelajardanhasilkemampuanakhirsiswaataupost-testpadamatapelajaranekonomisesuaidengantujuanyangditetapkandenganmenggunakanmodelpembelajaranNumberedHeadTogether(NHT)ternyatadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswaterbuktidengananalisishasilbelajarnyayangdapatdilihatdariketentuanbelajarsiswaterdapatperbedaanyangsignifikan.Yaitupadakelaskontrolsebesar80%telahtuntasdan20%tidaktuntas.Sedangkankelaseksperimensebesar975%telahtuntasdan25%yangbelumtuntasdalambelajar.Sedangkandarihasilnilairata-ratakemampuanakhirsiswakelaskontrol7350dankelaseksperimen8350.BerdasarkanhasilpenelitianinidisimpulkanbahwahasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmodelNumberedHeadTogether(NHT)lebihbaikdaipadasiswayangdiajardenganmenggunakanmetodeceramah.Berdasarkanhasilpenelitianinimakapenelitimenyarankan(1)BagigurumatapelajaranekonomidiSMAN9MalangpadakhususnyadanparaguruekonomidisekolahlainpadaumumnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajaranmodelNHTsebagaisalahsatualternatifpembelajarandidalamkelasdalamrangkameningkatkanhasilbelajarekonomisiswa.(2)PembelajarankooperatifmodelNumberedHeadTogetherhendaknyadilakukansecarabertahapsesuaidenganlangkah-langkahnyaagarmendapatkanhasiloptimaldan(3)SelainmodelpembelajaranNHTdiharapkangurubisamenerapkanmetodepembelajarankooperatifdenganmodelpembelajaranyanglainagarsiswatidakmerasabosandenganmodelpembelajarantersebut.