Penerapan pembelajaran ekonomi dengan pendekatan konstruktivitik melalui metode penemuan atau inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Malang I / Zulfaa Arnasari

Main Author: Arnasari, Zulfaa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/38683/
Daftar Isi:
  • Konsepbelajarmengajaradalahsiswasebagaisubyekbelajarbukanobyekbelajar.Halterpentingdalaminteraksibelajarmengajaradalahgurutidakmendominasikegiatantetapimembantumenciptakankondisiyangkondusifsertamemberikanmotivasidanbimbinganagarsiswadapatmengembangkanpotensidankreatifitasnyamelaluikegiatanbelajar.Olehkarenaitugurusebagaiseorangpengajarharusdapatmenyediakankondisiyangmerangsangdanmengarahkankegiatanbelajarsiswauntukmemperolehpengetahuanketerampilannilaidansikapyangdapatmembawaperubahansertakesadarandirisebagaipribadi.Kegi-atanbelajarmengajardikatakantelahterlaksanadenganbaikapabilagurudalamprosesbelajarmengajarbukanhanyamemberipengetahuansajamelainkanjugamenyiapkansituasiyangmenggiringsiswaterlibatdidalamnyabaikdenganber-tanyamengamatimengadakaneksperimensertamenentukanfaktadankonsepsendiri.Adanyapembaharuandalampendidikansaatiniterutamabidangkuri-kulumyaituKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yanglebihmenitik-beratkanpadaperanaktifsiswadalamprosespembelajaransertapembelajarankontekstualdapatmenjadijalanuntukmelaksanakaninteraksiedukatifyanglebihmenyenangkanbagisiswadenganmenekankanperanaktifsiswadalampro-sespembelajarandenganmengajaksiswamengkonstruksipengetahuannyase-hinggasiswadapattermotivasidalammengikutikegiatanbelajarmengajardanakhirnyaakanmendapatkanprestasibelajaryangoptimal.Darikeadaandiatasmakasiswamembutuhkanmetodepembelajaranyangberbedadaribiasanyayaitumetodepembelajaranyanglebihmenariklebihmenyenangkandanlebihmenekankankeaktifansiswasehinggadapatmemberikanpengalamannyatadanmenghasilkanindividuatauanakyangmemilikikonsep-konsepsehinggadapatmenyelesaikansetiappersoalan-persoalanyangterjadidalamkehidupansehari-haridariberbagaisudutpandang.Salahsatumetodepembelajarantersebutadalahpembelajarankonstruktivistikmelaluimetodepenemuan(inkuiri).Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdengananalisiskuali-tatifyangbertujuanuntukmendapatkangambaransecarajelasdannyatatentangperistiwayangtampakselamaprosespembelajaranberlangsung.Peristiwayangdimaksudadalahprosespelaksanaanlangkahpembelajaranyangditerapkandikelaskegiatanbelajarsiswadanmotivasibelajarsiswaterhadapmatapelajaranekonomi.PenelitianinidilakukandiMANMalangIPenelitianinidilaksanakandiMANMalangIyaitudijalanBaiduriBulanno40Malang.Penelitianinidilaksa-nakandikelasXsemesterIpadatahunajaran2008/2009.Analisisdatauntukmengetahuiprestasibelajarsiswaadalahdarihasilketuntasanbelajardarikonseppermintaandanpenawaranelastisitasdanhargakeseimbanganyangterdiridaritespemahamankonsepdanstudikasusartikeldarimasing-masingkonsep.Selan-jutnyauntukmengetahuimotivasibelajarsiswadenganmenggunakanangket/kuesionerdanuntukmengetahuihubunganantaramotivasibelajardanprestasibelajardengananalisisregresisederhana.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadapeningkatanprestasibelajarsiswaselamapemberiantindakanyaitudarisiklusIkesiklusIIsebesar21.60%.PrestasibelajarsiswadapatdilihatdarinilaiketuntasanbelajarterhadappokokbahasanpermintaandanpenawaranpadasiklusIadalah70.83%.Siswayangmencapaiketuntasanbelajarberjumlah23siswaatau63.89%darijumlahsiswasecarakeseluruhan.Sehinggaada13atau3611%siswayangketuntasanbela-jarnyadibawahrata-rata(880471)darijumlahsiswakeseluruhan.Selanjutnyaper-sentaseketuntasanbelajarsiswaterhadappokokbahasanelastisitaspadasiklusIiniadalah74.44%.Siswayangmendapatnilaidiatasnilairata-rataadalah26siswaatau72.22%darijumlahsiswasecarakeseluruhan.Sehinggaada10siswaatau27.78%siswayangketuntasanbelajarnyadibawah