Penerapan pembelajaran ekonomi dengan pendekatan konstruktivitik melalui metode penemuan atau inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN Malang I / Zulfaa Arnasari
Main Author: | Arnasari, Zulfaa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38683/ |
Daftar Isi:
- Konsepbelajarmengajaradalahsiswasebagaisubyekbelajarbukanobyekbelajar.Halterpentingdalaminteraksibelajarmengajaradalahgurutidakmendominasikegiatantetapimembantumenciptakankondisiyangkondusifsertamemberikanmotivasidanbimbinganagarsiswadapatmengembangkanpotensidankreatifitasnyamelaluikegiatanbelajar.Olehkarenaitugurusebagaiseorangpengajarharusdapatmenyediakankondisiyangmerangsangdanmengarahkankegiatanbelajarsiswauntukmemperolehpengetahuanketerampilannilaidansikapyangdapatmembawaperubahansertakesadarandirisebagaipribadi.Kegi-atanbelajarmengajardikatakantelahterlaksanadenganbaikapabilagurudalamprosesbelajarmengajarbukanhanyamemberipengetahuansajamelainkanjugamenyiapkansituasiyangmenggiringsiswaterlibatdidalamnyabaikdenganber-tanyamengamatimengadakaneksperimensertamenentukanfaktadankonsepsendiri.Adanyapembaharuandalampendidikansaatiniterutamabidangkuri-kulumyaituKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)yanglebihmenitik-beratkanpadaperanaktifsiswadalamprosespembelajaransertapembelajarankontekstualdapatmenjadijalanuntukmelaksanakaninteraksiedukatifyanglebihmenyenangkanbagisiswadenganmenekankanperanaktifsiswadalampro-sespembelajarandenganmengajaksiswamengkonstruksipengetahuannyase-hinggasiswadapattermotivasidalammengikutikegiatanbelajarmengajardanakhirnyaakanmendapatkanprestasibelajaryangoptimal.Darikeadaandiatasmakasiswamembutuhkanmetodepembelajaranyangberbedadaribiasanyayaitumetodepembelajaranyanglebihmenariklebihmenyenangkandanlebihmenekankankeaktifansiswasehinggadapatmemberikanpengalamannyatadanmenghasilkanindividuatauanakyangmemilikikonsep-konsepsehinggadapatmenyelesaikansetiappersoalan-persoalanyangterjadidalamkehidupansehari-haridariberbagaisudutpandang.Salahsatumetodepembelajarantersebutadalahpembelajarankonstruktivistikmelaluimetodepenemuan(inkuiri).Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasdengananalisiskuali-tatifyangbertujuanuntukmendapatkangambaransecarajelasdannyatatentangperistiwayangtampakselamaprosespembelajaranberlangsung.Peristiwayangdimaksudadalahprosespelaksanaanlangkahpembelajaranyangditerapkandikelaskegiatanbelajarsiswadanmotivasibelajarsiswaterhadapmatapelajaranekonomi.PenelitianinidilakukandiMANMalangIPenelitianinidilaksanakandiMANMalangIyaitudijalanBaiduriBulanno40Malang.Penelitianinidilaksa-nakandikelasXsemesterIpadatahunajaran2008/2009.Analisisdatauntukmengetahuiprestasibelajarsiswaadalahdarihasilketuntasanbelajardarikonseppermintaandanpenawaranelastisitasdanhargakeseimbanganyangterdiridaritespemahamankonsepdanstudikasusartikeldarimasing-masingkonsep.Selan-jutnyauntukmengetahuimotivasibelajarsiswadenganmenggunakanangket/kuesionerdanuntukmengetahuihubunganantaramotivasibelajardanprestasibelajardengananalisisregresisederhana.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadapeningkatanprestasibelajarsiswaselamapemberiantindakanyaitudarisiklusIkesiklusIIsebesar21.60%.PrestasibelajarsiswadapatdilihatdarinilaiketuntasanbelajarterhadappokokbahasanpermintaandanpenawaranpadasiklusIadalah70.83%.Siswayangmencapaiketuntasanbelajarberjumlah23siswaatau63.89%darijumlahsiswasecarakeseluruhan.Sehinggaada13atau3611%siswayangketuntasanbela-jarnyadibawahrata-rata(880471)darijumlahsiswakeseluruhan.Selanjutnyaper-sentaseketuntasanbelajarsiswaterhadappokokbahasanelastisitaspadasiklusIiniadalah74.44%.Siswayangmendapatnilaidiatasnilairata-rataadalah26siswaatau72.22%darijumlahsiswasecarakeseluruhan.Sehinggaada10siswaatau27.78%siswayangketuntasanbelajarnyadibawah