Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII di SMPN 20 Malang / Wasis Wiyono

Main Author: Wiyono, Wasis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38681/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWiyonoWasis.2008.PenerapanMetodeProblemBasedLearning(PBL)UntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarPelajaranEkonomiSiswaKelasVIIdiSMPNegeri20Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanEkonomiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SugengHadiUtomoM.Ec.(2)Drs.AchmadAliWafa.KatakunciProblemBasedLearning(PBL)MotivasiHasilBelajarMotivasiadalahadalahtenagapendorongyangmenggerakkandanmengarahkanaktivitasbelajarseseorang..Adabeberapamacammotivasiyaitu(1)Motivasiyangdilihatdaridasarpembentukannyaadalahmotifbawaandanmotifyangdipelajari(2)motivasiekstrinsikdanmotivasiintrinsic.Carayangdapatdilakukanuntukmenumbuhkanmotivasidanaktivitasbelajarsiswadisekolah.Diantaranyaadalahmemberinilailebihhadiahmaupunpenghargaan.Adanyakompetisipeningkatanhargadirimemberiulanganmengetahuihasilkerjanyamemberikanpujianhukumanhasratuntukbelajaradanyaunsurminatdantujuanyangdiakuibaikolehsiswa.Perananseoranggurudalammeningkatkandanmenguatkanmotivasibelajarsiswamelaluipersiapanmengajardanpelaksanaankegiatanbelajar-mengajaryangoptimal.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah(1)BagaimanapenerapanstrategiProblemBasedLearning(PBL)padapelajaranEkonomikelasVIIAdiSMPNegeri20Malang(2)Apakahpenerapanmetodepembelajaranberbasismasalah(ProblemBasedLearning)efektifditerapkanuntukmemotivasibelajarekonomisiswakelasVIISMPNegeri20Malang(3)BagaimanahasilbelajarsiswakelasVIIASMPNegeri20Malangsetelahditerapkannyametodebelajarberbasismasalah(ProblemBasedLearning).DengandemikiantujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuipenerapanmetodepembelajaranProblemBasedLearning(PBL)untukmengetahuikeefektifanmetodeProblemBasedLearningdalammemotivasibelajarsiswaDiSMPNegeri20MalangdanuntukmengetahuihasilbelajarekonomisetelahditerapkanyaproblemBasedLearning(PBL)padasiswakelasVIIdiSMPNegeri20Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanyaitupenelitiankualitatifdanmetodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(ClassActionResearch).Alatpengumpuldatayangdipakaidalampenelitianiniantaralaincatatangurucatatansiswawawancaraangketdanberbagaidokumenyangterkaitdengansiswa.Datayangdiambiladalahdatakuantitatifdarihasiltespresensinilaitugassetadatakualitatifyangmenggambarkankeaktifansiswaantusiassiswapartisipasidankerjasamadalamdiskusikemampuanataukeberaniansiswadalammelaporkanhasil.Instrumenyangdipakaiberbentuksoaltesobservasicatatanlapangan.Datayangterkumpuldianalisisuntukmengukurindikatorkeberhasilanyangsudahdirumuskan.Berdasarkanhasilanalisisdatadiperolehhasilpenelitiansebagaiberikut(1)penerapanmetodeProblemBasedLearning(PBL)dapatberjalandenganbaikkarenasiswadapataktifmengikutipembelajaraninidapatdilihatdarisiswayangdapatdenganmudahmenganlisispermasalahandanmenjawabpertanyaanyangdiajuakanolehpeneliti(2)efektivitaspenerapanmetodepembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatmemotivasikarenasiswasenangterhadapmetodebelajaryangmenuntutsiswauntukaktifdalampembelajarannyasehinggamotivasisiswaakanterbangundengansendirinya(3)hasilbelajarsiswasetelahditerapakanmetodepembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatmeningkatinidapatterlihatdaripeningaktanhasilbelajarpadasaatbelumditerapakandansetelahProblemBasedLearning(PBL)diterpakanyaitupadasaatpretespadasiklus1rata-ratasiswamemperolehnilai5512danpadasaatposttespadasstsiklus1rata-ratanilaisiswanaikmenjadi7450danpadasaatsiklus2siswapadasaatpretestnilaisiswa645danpostestsiswapadasaatposttest2naikmenjadi7635.BerdasarkanuraiandiatasmakadapatdisimpulkanbahwatingkatkeberhasilanpenerapanmetodepembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dapatditerapkanpadapelajaranekonomikelasVIIdiSMPNegeri20Malang.OlehkarenaitupenelitimenyarankankepadapihaksekolahhendaknyamenyediakansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungpenerapanpembelajarankontekstualdenganmenggunakanmetodeProblemBasedLearning(PBL)metodeProblemBasedLearning(PBL)dapatdijadikansebagaialternatifataupilihandalampembelajaranekonomidikelasVII..