Pengaruh keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang / Nur Isnaini
Main Author: | Isnaini, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38655/ |
Daftar Isi:
- Pendidikanadalahusahasadaruntukmengembangkankemampuanketerampilandankepribadiandidalammaupunluarsekolah.Dalamsuatumasyarakatkecilataubesarpastididalamnyaberlangsungsuatuprosespendidikan.Karenaitupendidikansangatpentingbagikehidupanmanusia.Wujuddaripendidikanyaitupendidikanformaldanpendidikaninformal.Pendidikanformalbiasadisebutdengansekolah.Sedangkanpendidikaninformaladalahpendidikanyangdidapatolehseorangindividudarilingkungansekitarnyadalamsuatuyangtidakformal.Berbagaikegiatandilakukandalampendidikanformalyangbertujuanuntukmencapaitujuanpendidikannasionaldiantaranyakegiatanintrakurikuleryaituprosesbelajarmengajardansegalakegiatanyangberhubungandenganakademik.Kegiatanlainyangjugapentingdilaksanakanadalahkegiatanekstrakurikuler.Untukdapatmengembangkanaspek-aspekkepribadianyangdimilikisertauntukdapatmenyalurkanbakatdanminatsiswasertadapatmemperluaspengetahuansiswasiswatersebutdapatmengikutikegiatanekstrakurikuler.Sebabkegiatanekstrakurikuleryangdilaksanakandiharapkandapatmenjadidapatmenjadisaranapenunjangperkembangansiswa.DalamkegiatanprosesbelajarmengajarmotivasidapatdikatakansebagaikeseluruhandayapenggerakdalamdirisiswayangmenimbulkankegiatanbelajarmenjaminkelangsungankegiatanbelajardandapatmemberikanarahpadakegiatanbelajarsehinggatercapaitujuanyangdikehendakiDengankeaktifansiswadalammengikutikegiatanekstrakurikulerdanmotivasibelajardapatdilihatperubahanprestasiyangakandiraiholehsiswa-siswidisekolah.Prestasibelajardapatdiartikansebagaihasilyangdiperolehseorangsiswasetelahmengikutikegiatanbelajarmengajardalamjangkawaktutertentu.Berdasarkanrumusanmasalahyangadamakadapatdiketahuitujuanpenelitianyaitu(1)UntukmengetahuitingkatkeaktifansiswadalamkegiatanekstrakurikulerSMPNegeri20Malangtahunajaran2008/2009(2)UntukmengetahuimotivasibelajarsiswaSMPNegeri20Malangtahunajaran2008/2009(3)UntukmengetahuiprestasibelajarsiswaSMPNegeri20Malangtahunajaran2008/2009(4)UntukmengetahuiapakahterdapatpengaruhkeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerdanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarsiswaSMPNegeri20tahunajaran2008/2009.Dalampenelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifuntukmenggambarkantentangkondisiobyektifkeaktifandalamkegiatanekstrakurikulermotivasibelajarsiswadanprestasibelajarsiswa.SedangkananalisisstatistikinferensialyaituregresilinierbergandauntukmengetahuibesarnyapengaruhantarakeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerdanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarsiswaSMPNegeri20Malang.Variabelbebaspenelitianiniterdiridarikeaktifandalamkegiatanekstrakurikuler(X1)danmotivasibelajar(X2).Sedangkanvariabelterikatnyaprestasibelajarsiswa(Y)PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIdanVIIIyangaktifmengikuikegiatanekstrakurikulerdiSMPNegeri20Malangyangberjumlah438siswadansampelnyasebesar72siswa.TeknikpengambilansampelmenggunakanProportionalRandomSampling.Daripengolahandatamelaluiujihipotesisdapatdiketahuibahwapadavariabelkeaktifandalamkegiatanekstrakurikuler(X1)secaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarterbuktithitung(6683)(1995).Jikadilihatdaritingkatsignifikansinya0000dibawah005makaHoditolakdanHaditerima.Padavariabelmotivasibelajarsecaraparsialterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajarterbuktithitung(10606)(1995).Jikadilihatdaritingkatsignifikansinya0000dibawah005makaHoditolakdanHaditerima.SedangkansecarasimultanberdasarkandarihasilujiFdiketahuibesaranprobabilitas(Sig.)0000005danFhitung(79557)Ftabel(3130)menunjukkanbahwakaktifandalamkegiatanekstrakurikulerdanmotivasibelajarterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.DarihasilpenelitianinidapatdikatakanbahwakeaktifandalamkegiatanekstrakurikulerdanmotivasibelajarberpengaruhterhadapprestasibelajarsiswaSMPNegeri20Malang.