Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Tantra Nugraha Purnama

Main Author: Purnama, Tantra Nugraha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38652/
Daftar Isi:
  • Pembelajaranberbasismasalahadalahpendekatanpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajar.Pembelajaranberbasismasalahmemilikitujuanmembantusiswadalammengembangkankemampuanberpikirmemecahkanmasalahdanketrampilanintelektualsehinggasiswatidakhanyamenerimamateripelajarandidalamkelasnamunjugadapatmenerapkannyadidunianyata.Denganmemilikikemampuandanketrampilantersebutdiharapkandapatmendoronganakdidikuntuktegasdalammenghadapimasalahbelajar.OlehkarenaitupenelitimenerapkanpembelajaranberbasismasalahuntukmeningkatkanketrampilanmemecahkanmasalahsiswakelasVIIISMPNegeri1Malang.subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII-ASMPNegeri1Malangsemestergasal2008/2009padasubpokokbahasankelangkaansumberdayaekonomi.Penelitianinidilakukanpadatanggal31Juli7Agustus2008denganmenggunakaninstrumenpenelitianberupalembarobsevasikegiatangurulembartesdanangkettanggapansiswasetelahdilaksanakanpembelajaranberbasismasalah.Analisishasilpenelitiandideskripsikandenganmenggunakanteknikpersentase.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanpersentaseketercapaiangurudalammenerapkantahapan-tahapanpembelajaranberbasismasalahdarisiklusIkesiklusIIyaitusebesar20%.Ketrampilanmemecahkanmasalahsiswaberdasarkanlembartesyangdiberikanrata-rataketrampilanmemecahkanmasalahsiswamengalamipeningkatanyaitusebesar782%.Berdasarkanhasilanalisisdataangketdapatdiketahuibahwapersentasesebesar50%siswamengatakansetujuterhadappenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahpadapokokbahasankelangkaansumberdayaekonomi.Berdasarkanhasilpenelitiankeseluruhanmakadapatdikatakanbahwapenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkanketrampilanmemecahkanmasalahsiswadikarenakansiswasudahmampumerumuskanmasalahdanmampumencarisolusipemecahanmasalah.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankan(1)Penelitianinihendaknyadapatditeruskanolehpenelitiberikutnyauntukditerapkanpadasekolahlaindandenganmateriyangsesuaidenganmodelpembelajaranberbasismasalah.(2)Pelaksanaanmodelpembelajaranberbasismasalahhendaknyamempertimbangkankesesuaianantaramateriyangdibahasdengansiswadankondisilingkungannya.(3)Pelaksanaanmodelpembelajaranberbasismasalahhendaknyadibuatlebihvariatiflagimisalnyadenganmengajaksiswaterjunlangsungkelapanganuntukmemecahkanmasalahyangberkaitandenganmateri.