Penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan memecahkan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Tantra Nugraha Purnama
Main Author: | Purnama, Tantra Nugraha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38652/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaranberbasismasalahadalahpendekatanpembelajaranyangmenggunakanmasalahdunianyatasebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajar.Pembelajaranberbasismasalahmemilikitujuanmembantusiswadalammengembangkankemampuanberpikirmemecahkanmasalahdanketrampilanintelektualsehinggasiswatidakhanyamenerimamateripelajarandidalamkelasnamunjugadapatmenerapkannyadidunianyata.Denganmemilikikemampuandanketrampilantersebutdiharapkandapatmendoronganakdidikuntuktegasdalammenghadapimasalahbelajar.OlehkarenaitupenelitimenerapkanpembelajaranberbasismasalahuntukmeningkatkanketrampilanmemecahkanmasalahsiswakelasVIIISMPNegeri1Malang.subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII-ASMPNegeri1Malangsemestergasal2008/2009padasubpokokbahasankelangkaansumberdayaekonomi.Penelitianinidilakukanpadatanggal31Juli7Agustus2008denganmenggunakaninstrumenpenelitianberupalembarobsevasikegiatangurulembartesdanangkettanggapansiswasetelahdilaksanakanpembelajaranberbasismasalah.Analisishasilpenelitiandideskripsikandenganmenggunakanteknikpersentase.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanpersentaseketercapaiangurudalammenerapkantahapan-tahapanpembelajaranberbasismasalahdarisiklusIkesiklusIIyaitusebesar20%.Ketrampilanmemecahkanmasalahsiswaberdasarkanlembartesyangdiberikanrata-rataketrampilanmemecahkanmasalahsiswamengalamipeningkatanyaitusebesar782%.Berdasarkanhasilanalisisdataangketdapatdiketahuibahwapersentasesebesar50%siswamengatakansetujuterhadappenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahpadapokokbahasankelangkaansumberdayaekonomi.Berdasarkanhasilpenelitiankeseluruhanmakadapatdikatakanbahwapenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkanketrampilanmemecahkanmasalahsiswadikarenakansiswasudahmampumerumuskanmasalahdanmampumencarisolusipemecahanmasalah.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankan(1)Penelitianinihendaknyadapatditeruskanolehpenelitiberikutnyauntukditerapkanpadasekolahlaindandenganmateriyangsesuaidenganmodelpembelajaranberbasismasalah.(2)Pelaksanaanmodelpembelajaranberbasismasalahhendaknyamempertimbangkankesesuaianantaramateriyangdibahasdengansiswadankondisilingkungannya.(3)Pelaksanaanmodelpembelajaranberbasismasalahhendaknyadibuatlebihvariatiflagimisalnyadenganmengajaksiswaterjunlangsungkelapanganuntukmemecahkanmasalahyangberkaitandenganmateri.