Penerapan pembelajaran kooperatif model think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Jombang / Ika Arinta Wulandari
Main Author: | Wulandari, Ika Arinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38645/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariIkaArinta.2009.PenerapanPembelajaranKooperatifModelThinkPairShare(TPS)untukMeningkatkanHasilBelajarSiswaKelasXPadaMataPelajaranEkonomidiSMANegei3Jombang.JurusanEkonomiPembangunanProgramS1PendidikanEkonomiFakultasEkonomi.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SapirS.Sos.M.Si.Pembimbing(2)Dra.Hj.LisaRokhmaniM.Si.KataKunciPembelajaranKooperatifmodelThinkPairSharedanhasilbelajar.PadapembelajaranekonomidiSMANegeri3JombangumumnyagurumasihmenggunakanmetodeceramahLKSdanmasihkurangbervariasi.KemudianmotivasisiswakelasXmasihrendah.Haltersebutdibuktikanpadasaatprosespembelajaranberlangsungsiswacenderungpasifdanhanyasiswasiswatertentusajayangmaumenjawabpertanyaan.RendahnyamotivasibelajarekonomidansikapsiswatersebutberdampakterhadaphasilbelajaryangdiperoleholehsiswakelasXSMANegeri3Jombang.HalinidapatdilihatdarisebagianbesarsiswayangmengikutiremidikarenaskoryangdiperolehkurangmemenuhiStandarKetuntasanMinimum(SKM)yangditetapkandiSMANegeri3Jombangyaitu75keatas.SelainituuntukpelajaranekonomidikelasXgurumasihmenggunakanpembelajarantradisional.Untukdiskusiseringdilakukannamunmasihbersifattradisional.Sehinggasiswamasihberpusatatautergantungpadatemanataugurudansiswakurangaktifuntukberfikir.Untukmengatasipermasalahandiatasdiperlukansuatustrategidanmetodepembelajaranyangdapatmelibatkanperanaktifsiswauntukbekerjasamadalammemaksimalkankondisibelajarsehinggadapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajar.SalahsatustrategiyangditerapkandalampenelitianiniadalahpembelajarankooperatifdenganmenggunakanmodelTPS(ThinkPairShare).ModelpembelajaranThinkPairShare(TPS)merupakanstrukturyangdapatdigunakanuntukmeningkatkanpenguasaanakademikdanmemberikankepadasiswawaktuuntukberfikirdanmeresponsiswasalingmembantusatusamalain.StrukturyangadadalammodelpembelajaranThinkPairShare(TPS)yaitusiswadiberiwaktuuntukberfikir(thinking)bekerjasamadanmenyampaikanideidenyadengantemansebangkuataudalambentukdiskusikelompokkecil(pairing)danmempresentasikanhasildiskusikelompokkecilkepadadiskusikelas(sharing)sehinggaseluruhsiswadapatberpatisipasiaktifdalampembelajaran.Penelitianinibertujuan(1)UntukmengetahuiapakahpenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkanmotivasibelajarekonomisiswakelasX.2SMANegeri3Jombangdan(2)UntukmengetahuiapakahpenerapanmetodepembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)dapatmeningkatkanhasilbelajarekonomisiswakelasX.2SMANegeri3Jombang.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmenggunakanpendekatankualitatif.PenerapanmodelThinkPairShare(TPS)dilakukandenganduasiklusyangterdiridariempatkalipertemuan.PenelitianinimengambilsubyeksiswakelasX.2SMANegeri3Jombangpadatanggal6Desember2008sampaidengan16Desember2008.Teknikpengumpulandatanyamenggunakanteslembarobservasirubrikangketcatatanlapangandandokumentasi.DarihasilanalisisdatadapatdiketahuibahwahasilobservasibelajarsiswadariaspekkeaktifandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar16%.MotivasidariaspekkeantusiasandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar16%.MotivasisiswadariaspekkeceriaandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar10%.SedangkanhasilangketmotivasisiswaaspekkeaktifandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningktansebesar12%.AngketmotivasisiswaaspekkeantusiasandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar4%.AngketmotivasisiswaaspekkeceriaandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar9%.DanhasilanalisisdatahasilbelajarsiswaaspekkognitifdarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar26%.HasilbelajarsiswaaspekafektifmenunjukkandarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar26%.SedangkanhasilbelajarsiswaaspekpsikomotorikdarisiklusIkesiklusIImengalamipeningkatansebesar62%.Berdasarkanhasilpenelitianiniadabeberapasaranyangdikemukakan(1)GurumatapelajaranekonomidisarankanuntukmencobamenerapkanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)dalampembelajarannyaagardapatmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarekonomi(2)GuruekonomidisarankanpadasaatmenerapkanpembelajarankooperatifmodelThinkPairShare(TPS)hendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkandanlingkunganbelajarsiswasertaketersediaanwaktuyangcukup.