Penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual teknik mencatat peta pikiran (Mind Mapping) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (Studi pada kelas VIII-I SMP Negeri 10 Malang / Muklis Sanusi

Main Author: Sanusi, Muklis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38640/
Daftar Isi:
  • MetodeceramahyangdilengkapidengankegiatantanyajawabmerupakanmetodepembelajaranyangmasihdigunakanolehgurudiSMPNegeri10Malang.Siswamasihseringmelakukanaktivitasmendengarkandanmencatatbiasaselamaprosespembelajaranberlangsung.Penelitiantindakankelasinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisispenerapanpembelajarandenganpendekatankontekstualteknikmencatatpetapikiran(MindMapping)kemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarsiswapadapelajaranekonomi.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII-iyangberjumlah41siswaterdiridari20siswalaki-lakidan21siswaperempuan.Penelitianinidilaksanakanpadatanggal24Novembersampaidengan5Desember2008.SedangkanlokasipenelitianiniadalahdiSMPNegeri10MalangtepatnyadiJl.MayjenSungkonoNo.57Malang.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(actionresearch).Instrumenpenelitianyangdigunakanmeliputidokumensoalteslembarobservasiformatpenilaianpedomanwawancaralembarcatatanlapangansertaangketresponsiswapadamatapelajaranekonomisetelahditerapkanmodelpembelajarandenganteknikmencatatpetapikiran(MindMapping).UntukmengetahuiketepatangurudalammenerapkanmetodepembelajaranmodelMindMappingdanpeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswamakadilakukanobservasi(pengamatan)denganmenggunakaninstrumenlembarobservasi.Sedangkanuntukmengetahuipeningkatanhasilbelajarditinjaudariaspekkognitifmakadilakukanperhitunganselisihpersentaseketuntasanbelajarsecarakeseluruhanberdasarkannilaipre-testdanpost-testkeduasiklus.Sedangkanuntukmengetahuipeningkatanhasilmenggambarpetapikiransiswadihitungdariselisihnilairata-ratahasilmenggambarsiswapadasiklus1dansiklusII.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanpembelajaranmodelMindMappingdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarsiswakelasVIII-iSMPNegeri10Malangpadamatapelajaranekonomi.Peningkatanpersentasekeberhasilantindakanpadakemampuanberpikirpadasiklus1kesiklus2ditinjaudariaspekfluencysebesar1879%aspekflexibilitysebesar1159%aspekoriginalitysebesar1640%aspekelaborationsebesar557%danaspekevaluationsebesar2013%.Sedangkanpeningkatanketuntasanbelajarsecarakeseluruhan(klasikal)padasiklus1kesiklus2sebesar525%untukaspekkognitifdanpadapenilaianuntukmenggambarpetapikiransiswasebesar1689%.HasilpenelitianinimenyimpulkanbahwapenggunaanteknikmencatatpetapikiranmampumeningkatkankemampuanberpikirkreatifdanhasilbelajarsiswadiSMPNegeri10Malang.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankankepadapenelitiselanjutnyaagarmengkombinasikanTeknikPetaPikiraninikedalammetode-metodepembelajaranyangberbasiskontekstualsepertikooperatiflearningsehinggaperencanaanpembelajarandapatdisusundenganlebihmatangdanprosespembelajarannyaberjalandenganlancar.