Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas VII di SMP Negeri 2 Mantup tahun ajaran 2008/2009 / Novy Mufarrihah
Main Author: | Mufarrihah, Novy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38639/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMufarrihahNovy.2008.PenerapanPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadTogetherUntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarEkonomiSiswaKelasVIISMPNegeri2Mantup.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MardonoM.Si.(II)AgusSumantoS.E.MSa.KataKuncipembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogethermotivasibelajarhasilbelajar.BerdasarkanstudipendahuluanyangtelahdilakukandiSMPNegeri2Mantupdiperolehinformasibahwapembelajaranekonomisudahmulaimenggunakanvariasibentukmodel-modelpembelajarannamundalampelaksanaannyamasihbelummaksimal.Halinikarenamodel-modelpembelajaranyangdilakukanhanyaceramahdantanyajawabsaja.Akantetapipadapokokbahasantertentuterkadangmenggunakandiskusisebatasdiskusimodelkonvensionalyangrawandenganmenurunnyamotivasibelajarsiswasaataktivitasberlangsung.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmemperbaikiprosesbelajarmengajardikelastersebutadalahpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogether.Pembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetheradalahstrategipembelajarandimanaparasiswaaktifbekerjasamadalamkelompokkecilyangdimulaidenganpenomoranpengajuanpertanyaanberpikirbersamadanpemberianjawaban.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanapenerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherpadasiswakelasVIISMPNegeri2Mantuppadamatapelajaranekonomi(2)ApakahpenerapanpembelajaranmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri2Mantupdalammatapelajaranekonomi(3)ApakahpenerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri2MantupdalammatapelajarnekonomiSubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri2Mantupdenganjumlah41siswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Teknikanalisadatayangdigunakanuntukhasilbelajardigunakanrata-ratanilaihasiltes.Sedangkaninstrumenyangdigunakanadalahobservasiuntukmengetahuimotivasibelajarsiswadanobservasikegiatanguru.Hasilbelajardiperolehdenganmemberikantesdisetiapakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayangditunjukkanolehpeningkatanpersentaseseluruhaspekmotivasibelajarsiswayangdiamatiyaitu5819%dengankategoricukuppadasiklusImeningkat7030%dengankategoritinggipadasiklusII.Denganpenerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherhasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.Hasilbelajardarinilairata-ratasebesar7423dengankategoribaikpadasiklusImeningkatmenjadi8538dengankategoribaiksekalipadasiklusIIterjadipeningkatansebesar1502%.Adapunsaranyangdapatdiberikankepadaiipenelitiselanjutnyaadalah(1)BagigurumatapelajaranekonomidiSMPNegeri2Mantuppadakhususnyadanparaguruekonomidisekolahlainpadaumumnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogethersebagaisalahsatualternatifpembelajarandidalamkelasdalamrangkameningkatkanmotivasidanhasilbelajarekonomisiswa(2)Penerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherhendaknyadilakukansecarabertahapsesuaidenganlangkah-langkahnyaagarmendapatkanhasilyangoptimal(3)Penerapanpembelajarankooperatifmodelnumbredheadtogetherhendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkanlingkunganbelajarsiswadanketersediaanwaktuyangcukup(4)Penelitianinihendaknyadapatditeruskanolehpenelitiselanjutnyadengankelassekolahdanmateriyangberbeda(5)Bagipenelitiselanjutnyahendaknyamelakukantindakanlebihdariduasiklussehinggahasilyangdiperolehdapatmaksimal.