Penerapan metode pembelajaran kooperatif model numbered head together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi kelas VII di SMP Negeri 2 Mantup tahun ajaran 2008/2009 / Novy Mufarrihah

Main Author: Mufarrihah, Novy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38639/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMufarrihahNovy.2008.PenerapanPembelajaranKooperatifModelNumberedHeadTogetherUntukMeningkatkanMotivasiDanHasilBelajarEkonomiSiswaKelasVIISMPNegeri2Mantup.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MardonoM.Si.(II)AgusSumantoS.E.MSa.KataKuncipembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogethermotivasibelajarhasilbelajar.BerdasarkanstudipendahuluanyangtelahdilakukandiSMPNegeri2Mantupdiperolehinformasibahwapembelajaranekonomisudahmulaimenggunakanvariasibentukmodel-modelpembelajarannamundalampelaksanaannyamasihbelummaksimal.Halinikarenamodel-modelpembelajaranyangdilakukanhanyaceramahdantanyajawabsaja.Akantetapipadapokokbahasantertentuterkadangmenggunakandiskusisebatasdiskusimodelkonvensionalyangrawandenganmenurunnyamotivasibelajarsiswasaataktivitasberlangsung.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmemperbaikiprosesbelajarmengajardikelastersebutadalahpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogether.Pembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetheradalahstrategipembelajarandimanaparasiswaaktifbekerjasamadalamkelompokkecilyangdimulaidenganpenomoranpengajuanpertanyaanberpikirbersamadanpemberianjawaban.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)BagaimanapenerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherpadasiswakelasVIISMPNegeri2Mantuppadamatapelajaranekonomi(2)ApakahpenerapanpembelajaranmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri2Mantupdalammatapelajaranekonomi(3)ApakahpenerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVIISMPNegeri2MantupdalammatapelajarnekonomiSubyekpenelitianiniadalahsiswakelasVIISMPNegeri2Mantupdenganjumlah41siswa.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklus.Teknikanalisadatayangdigunakanuntukhasilbelajardigunakanrata-ratanilaihasiltes.Sedangkaninstrumenyangdigunakanadalahobservasiuntukmengetahuimotivasibelajarsiswadanobservasikegiatanguru.Hasilbelajardiperolehdenganmemberikantesdisetiapakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherdapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswayangditunjukkanolehpeningkatanpersentaseseluruhaspekmotivasibelajarsiswayangdiamatiyaitu5819%dengankategoricukuppadasiklusImeningkat7030%dengankategoritinggipadasiklusII.Denganpenerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherhasilbelajarsiswajugamengalamipeningkatan.Hasilbelajardarinilairata-ratasebesar7423dengankategoribaikpadasiklusImeningkatmenjadi8538dengankategoribaiksekalipadasiklusIIterjadipeningkatansebesar1502%.Adapunsaranyangdapatdiberikankepadaiipenelitiselanjutnyaadalah(1)BagigurumatapelajaranekonomidiSMPNegeri2Mantuppadakhususnyadanparaguruekonomidisekolahlainpadaumumnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogethersebagaisalahsatualternatifpembelajarandidalamkelasdalamrangkameningkatkanmotivasidanhasilbelajarekonomisiswa(2)Penerapanpembelajarankooperatifmodelnumberedheadtogetherhendaknyadilakukansecarabertahapsesuaidenganlangkah-langkahnyaagarmendapatkanhasilyangoptimal(3)Penerapanpembelajarankooperatifmodelnumbredheadtogetherhendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkanlingkunganbelajarsiswadanketersediaanwaktuyangcukup(4)Penelitianinihendaknyadapatditeruskanolehpenelitiselanjutnyadengankelassekolahdanmateriyangberbeda(5)Bagipenelitiselanjutnyahendaknyamelakukantindakanlebihdariduasiklussehinggahasilyangdiperolehdapatmaksimal.