Penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) berbasis proyek dibanding pembelajaran kooperatif dengan metode stad untuk meningkatkan prestasi belajar dan kreativitas siswa dalam kehidupan ekonomi (Studi kasus pada kelas VII SMP Negeri 1 Singosari Malang) / Suminariatiningsi

Main Author: Suminariatiningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38632/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSuminariatiningsih2008.PenerapanPembelajaranKontekstual(CTL)BerbasisProyekDibandingDenganPembelajaranKooperatifDenganMetodeSTADdalamMeningkatkanPrestasiBelajardanKreativitasSiswadalamKehidupanEkonomi.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanFEUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DR.HariWahyono(II)AgusSumantoSEM.SAKatakuncikreativitasprestasibelajarkontekstualberbasisproyekmetodeSTADPembelajaranyangbaikadalahpembelajaranyangmampumelibatkansiswaaktifsecarapenuhuntukdapatmenemukanmateriyangdipelajarisecaramandiridanmenghubungkannyadengansituasikehidupannyatasehinggamendorongsiswauntukdapatmenerapkannyadalamkehidupansehari-harimerekakhususnyadalamkehidupanekonomidenganmengembangkankreativitasdansemangatkompetisiyangsehatsebagaibekaluntukterjundalampersainganglobalnantinya.Pengembangankreativitasdapatmendorongsiswauntukdapatmenggunakanpengetahuanyangdimilikinyauntukmenganalisismasalahekonomiyangsedangdihadapidanmembuatpemecahannyadenganmenggunakankombinasidarisemuaproses.Selainitukreativitasjugadapatmeningkatkanmotivasisemangatkompetisikompetensidanrasapercayadirisiswa.Kreativitasdalamkehidupanekonomidapatdilihatdaripemikirandantindakankreatifsiswa.Pemikirankreatifditunjukkanolehkelancarankeluwesankeasliandanketerperincianpemikiransiswa.Sedangkantindakankreatifditunjukkanolehhasratkeingintahuansiswaperwujudangagasanpartisipasisiswadalammelaksanakantugasdancarasiswamenggapipertanyaan.Sedangkanpengetahuanyangdimilikisiswamerupakanbagiandariprestasibelajarsiswayangdapatdilihatdariaspekkognitifyangberupanilaiulanganharian.Selamainiguruekonomimasihbanyakyangmenggunakanpembelajaranyangmeskipunmulaimenekankanpadakerjasamadantanggungjawabkelompoktetapilebihdipusatkanpadapentransferanilmupengetahuansebanyak-banyaknyabelumpadapengalamannyatasiswadalammenemukanmenyusunmengaplikasikandanmengevaluasiilmupengetahuanyangmerekatemukansecaramandiritersebut.Sehinggakreativitassiswakurangdapatberkembangsecaraoptimal.Salahsatupendekatanpembelajaranyangdapatmeningkatkankreativitasdanprestasibelajarsiswaadalahpembelajarankontekstualberbasisproyek.Pembelajarankontekstualberbasisproyekselalumelibatkansiswasecaraaktifdankreatifkarenapendekataninimemperkenankansiswauntukbekerjasecaramandiridalammengkonstruksipembelajarannyadanmengkulminasikandalamproduknyata.Sehinggailmupengetahuanyangdiperolehsiswadapatbertahanlamadanbermaknasedangkanguruhanyasebagaifasilitatordanmotivatordalamprosespembelajaran.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmengetahuiperbedaanpeningkatanprestasibelajarsiswapadakelasVIISMPNegeri1SingosariMalangyangmengalamiprosespembelajarankontekstualberbasisproyekdenganyangmengalamiprosespembelajarankoperatifdenganmetodeSTAD(2)untukmengetahuiperbedaankreativitasdalamkehidupanekonomipadakelasVIISMPNegeri1SingosariMalangyangmengalamiprosespembelajarankontekstualberbasisproyekdenganyangmengalamiprosespembelajarankoperatifdenganmetodeSTAD.Jenispenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu(quasiekperimental).Subjekdalampenelitianiniada2kelasyaituVIIBsebagaikelaskontrolsebanyak30siswadankelasVIICsebagaikelaseksperimensebanyak30siswa.Teknikpengambilansampelmenggunakanpurposivesampling.Teknikpengumpulandatadengan(1)observasiuntukmelihatkreativitassiswa(2)tesuntukmelihatpemikirankreatifsiswadan(3)ulanganharianuntukmelihatprestasibelajarsiswa.Teknikanalisisdatayangdigunkandalampenelitianiniadalahuji-t(t-test)Independentsampletestdengantarafsignifikansi5%.Sebelumdatadianalisisdilakukanujiprasyaratanalisishomogenitasdannormalitas.Ujitdigunakanuntukmengujikesamaanrata-ratadanhipotesispenelitian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adaperbedaankreativitassiswakelasVIISMPNegeri1SingosariMalangyangmengalamiprosespembelajarankontekstualberbasisproyekdenganyangmengalamiprosespembelajarankooperatifdenganmetodeSTADdengannilait12476dimanakelasekperimenmemilikipeningkatankreativitasyanglebihtinggi()daripadakelaskontrol()2)adaperbedaanprestasibelajarsiswakelasVIISMPNegeri1SingosariMalangyangmengalamiprosespembelajarankontekstualberbasisproyekdenganyangmengalamiprosespembelajarankooperatifdenganmetodeSTADdengannilait3468dimanakelasekperimenmemilikipeningkatanprestasibelajaryanglebihtinggi()daripadakelaskontrol(1013).Berdasarkanpadapeneltianyangtelahdilaksanakanmakaterdapateberapasaranuntuklebihmengoptimalkanpenerapanpembelajarankontekstualberbasisproyekantaralain1)bagigurusebaiknyamenggunakanpembelajarankontekstualberbasisproyekdalamsetiappenyampaiankompetensidasarkegiatanpokokekonomidalammasyarakatkarenatelahterbuktimampumeningkatkanprestasibelajardankreativitassiswadalamkehidupanekonomi.2)Pelaksanaanpembelajarankontekstualberbasisproyekhendaknyadidukungolehpihaksekolahdenganmeningkatkansaranaprasaranamemberikanwaktukhususagarpelaksanaannyalebihoptmaldanmenciptakanlingkunganbelajaryanglebihkondusif.3)Bagipenelitiselanjutnyakarenaketerbatasanpenelitianhanyamelihatperbedaanprestasibelajardankreativitassiswadalamkehidupanekonomimakasebaiknyamengembangkanvariabelterikatdandapatdilakukanpenelitianlebihlanjutmengenaikorelasiantaraprestasibelajardankreativitaslebihlanjut.