Penerapan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) dengan kombinasi metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan prestasi mata pelajaran ekonomi siswa SMP Negeri 6 Malang / Lisnatul Hamidah
Main Author: | Hamidah, Lisnatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38631/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHamidahLisnatul.2009.PenerapanPolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaan(PBMP)DenganKombinasiMetodeNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanPrestasiMataPelajaranEkonomiSiswaSMPNegeri6Malang.SkripsiJurusanEkonomiPembangunanProgramStudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.J.G.NirbitoM.Pd(2)Dr.NasikhSEM.PM.Pd.KataKunciPolaPBMPNumberedHeadsTogetherPrestasiBerdasarkanobservasiyangdilakukanpenulisdiSMPNegeri6MalangdiketahuibahwametodepengajaranyangseringdigunakanolehGuruEkonomidiSMPNegeri6Malangadalahceramahdiskusikonvensionaldanpemberiantugasrumah.Sistempengajarannyamasihteacherorientedbelummenjadistudentoriented.Carapengajaraniniternyatamasihbelummemberikanhasilyangmaksimal.Siswacenderungpasifdanbosandalammengikutiprosespembelajaranakibatnyaprestasibelajarsiswamenjadirendah.Untukmeningkatkanprestasisiswaperluditerapkanvariasimetodepembelajarandalamprosesbelajarmengajar.TujuanyangdiharapkantersebutantaralaindapatdicapaimelaluipenerapaanPolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaandipadudenganmetodeNumberedHeadsTogether.HasilpenelitiansebelumnyamenunjukkanbahwapenerapanPolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaandipadudenganmetodeNumberedHeadsTogetherdalamprosesbelajarmengajardapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakarenaitulahpenulismencobamenerapkannyadengantujuanuntukmengetahuiadatidaknyapeningkatanprestasisiswakelasVIII-7SMPNegeri6MalangpadamatapelajaranEkonomisetelahpenerapanPolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaandipadudenganmetodeNumberedHeadsTogether.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangmenggunakanpendekatankualitatif.PenerapanPolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaandikombinasikandenganmodelNumberedHeadsTogetherdilakukandalamduasiklus.Setiapsiklusmelalui4tahapyaituperencanaantindakanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.InstrumenpenelitiannyaberupanilaitesobservasicatatanlapangandanlembarkerjaPBMP.Proseduranalisisdatadimulaidenganreduksidatakemudianpenyajiandatalalupenarikankesimpulan.InstrumenyangberupaObservasidancatataanlapangandianalisissecaradeskriptifkualitatifsedangkannilaitesberupapretestdanposttestsertalembarPBMPdianalisissecaradeskriptifkuantitatif.PenelitiandilakukandiSMPNegeri6MalangkelasVIII-7padasemestergasaltahunajaran2008-2009.Jumlahsiswasebanyak38terdiridari20siswailaki-lakidan18siswaperempuan.Penelitianinidilakukanselama3bulanterhitungsejakbulanSeptembersampaidenganbulanNopember2008.DatayangdiperolehdaripenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanaktifitasdanprestasisiswadarisiklusIjikadibandingkandengansiklusII.PadasiklusItingkatkeberhasilansiswamengikutiprosespembelajaranadalah5556%dengankategoricukupternyatapadasiklusIImengalamipeningkatanmenjadi7643%dengankategoribaik.SebelumditerapkanPolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaandipadudenganmetodeNumberedHeadsTogetherperolehannilairata-rataprestasibelajarsiswaadalah655dengannilaiterendah47dantertinggi87.Nilaiinidilihatberdasarkanhasilpretest.PadahasilposttestsiklusIsetelahditerapkanPolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaandipadudenganmetodeNumberedHeadsTogetherperolehannilairata-rataadalah78dengannilaiterendah60dantertinggi93prosentaseketuntasanbelajarnyaadalah56%.PadahasilposttestsiklusIIterjadipeningkatanperolehannilairata-ratayakni89dengannilaiterendah73dannilaitertinggi100.Prosentaseketuntasanbelajarnyaadalah94%.BerdasarkanhasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenerapanPolaPemberdayaanBerpikirMelaluiPertanyaandipadudenganmetodeNumberedHeadsTogetherdapatmeningkatkanprestasibelajarsiswakelasVIII-7SMPNegeri6Malang.DisarankankepadapihaksekolahuntukmenerapkanpembelajaranPolaPBMPdenganNHTnamunharusselaludisesuaikandengankeadaansiswa.ii