Implementasi pembelajaraan kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada kelas VIII G SMP Negeri 1 Singosari / Syaifuddin Zuhri

Main Author: Zuhri, Syaifuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38620/
Daftar Isi:
  • Pendidikanmerupakansalahsatuupayauntukmendidikgenerasipenerusagarmemilikipengetahuantinggisesuaidenganperkembanganilmupengetahuandanteknologisertamemilikiketerampilanyangdapatmembekalihidupnyadimasyarakat.Mengingatpentingnyapendidikanmakakualitaskegiatanbelajarmengajardikelasharusditingkatkanagarmutupendidikandisekolahsemakinmeningkat.Salahsatuupayameningkatkankualitaspendidikanadalahdenganpenyempurnaanprosesbelajaryangmeliputisistempenilaiandanmetodepembelajaranyangberhubungandenganprestasibelajarsiswa.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatditerapkanuntukmeningkatkankualitaspendidikanadalahmetodepembelajarankooperatif.PembelajarankooperatifterdiridariempatmodelyaituStudentTeamsAchievementDivision(STAD)JigsawGroupInvestigation(GI)danmetodeSrukturalyangterdiridaridariduamodelThinkPairShair(TPS)danNumberedHeadsTogether(NHT).DalampenelitianinimetodepembelajarankooperatifyangdigunakanadalahpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT).ModelpembelajaranNHTadalahstrukuryangmelibatkanlebihbanyaksiswadalammenelaahmateriyangtercakupdalamsuatupelajarandanmengecekpemahamansiswaterhadapisipelajarantersebut.PembelajarankooperatifNHTinimemilikiproseduryangditetapkansecaraeksplisituntukmemberiwaktulebihbanyakberfikirmenjawabdansalingmembantusatusamalain.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanaimplementasipembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)danuntukmengetahuibagaimanapeningkatanhasilbelajarsiswasesudahdilaksanakanpenerapanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)padamatapelajaranIPSekonomi.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas(PTK)denganduasiklusdanmenggunakanpendekatankualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianinimeliputiobservasi(pengamatan)catatanlapangandantes.Sedangkananalisisdatameliputimereduksidatapenyajiandatadanpenarikankesimpulan.AdapunsubjekyangdigunakandalampenelitianiniadalahsiswakelasVIII-GSMPNegeri1Singosariyangberjumlah36siswa.BerdasarkanhasilpenelitianinimenunjukkanbahwadenganmodelpembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswahalinidapatdilihatdarihasilbelajarsiswaSebelumdansesudahdilaksanakannyapembelajarankooperatifmodelNHT.SebelumdilaksanakanpebelarankooperatifmodelNHTnilairata-ratakelasjauhdibawahnilaistandarkelulusanminimumyaitu7056.Dansetelahdilaksanakanpembelajarankooperatifnilairata-ratakelasmengalamipeningkatandari7056menjadi7667padaSiklusI.DengandemikianhasilbelajarsiswasebelumdansesudahdilaksanakannyapembelajaranNHTmengalamikenaikansebesar2222%.DanpadasiklusIInilairata-ratakelasjugamengalamipeningkatanlagisebesar1944%dari7667menjadi8153.Beberapasaranyangdapatpenelitisampaikanyaitu(1)GurumatapelajaranIPSekonomiSMPNegeri1SingosaridisarankanuntukmencobamenerapkanpembelajarankooperatifmodelNumberedHeadsTogether(NHT)karenametodeiniterbuktidapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(2)UntukkesempurnaanpenerapanmetodepembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)inimakaharusdisediakanalokasiwaktuyangcukupagartidakmengurangitahapberpikirdanmenjawabsiswa.(3)GurumatapelajaranIPSekonomidisarankanhendaknyamembuatvariasimetodepembelajarandenganmemadukanmetodepembelajaranNumberedHeadsTogetherdenganmetodepembelajaranyanglain.(4)PerludilakuakanpenelitianlebihlanjutmengenaimodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)padamatapelajaranlainnya.