Pengaruh prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi terhadap kemampuan mengajar pada mata pelajaran ekonomi dalam praktik pengalaman lapangan (PPL) / Emy Andriyanti

Main Author: Andriyanti, Emy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/38612/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAndriyantiEmy.2009.PengaruhPrestasiAkademikMahasiswaProgramStudiPendidikanEkonomiTerhadapKemampuanMengajarPadaMatapelajaranEkonomidalamPraktikPengalamanLapangan(PPL).SkripsiProgramStudiPendidikanEkonomiFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BambangPranowoS.E.M.Pd.Ak.(II)Drs.PrihHardintoM.Si.KataKunciprestasiakademikkemampuanmengajarpraktikpengalamanlapangan.Kemajuansuatunegaratidakdapatdipisahkandarikeberhasilankualitaspendidikandankualitasgurusehinggadaritahunketahunkualitasgurudankualitaspendidikanseringmendapatsorotan.Gurumerupakanfaktordeterminandalammenentukantinggirendahnyakualitaspendidikan.Perangurudisinisangatlahpentingsebagaipembinagenerasipenerusbangsadimasayangakandatang.Olehkarenaituseoranggurudituntutharusmemilikiprofesionalismeyangmemadaiuntukmelaksanakantugasnya.UniversitasNegeriMalang(UM)merupakansalahsatulembagapendidikantinggiyangdipercayauntukmenyiapkantenagakependidikandannonkependidikan.SalahsatuupayayangdilakukanUniversitasNegeriMalang(UM)dalamrangkameningkatkankualitaslulusankhususnyacalontenagapendidikadalahmelaluiPraktikPengalamanLapangan(PPL).PPLmerupakankegiatanuntukmenyatukanteoridanpraktek.PersyaratanyangharusdipenuhisebelummelaksanakanPPLyaknilulus100%MPK90%MKKdan80%MKB.MPKmerupakankelompokmatakuliahyangbertujuanuntukmembentukkepribadianseorangmahasiswa.MKKmerupakankelompokmatakuliahyangbertujuanuntukmemberikanlandasanilmudanketerampilantertentusedangkanMKBmerupakankelompokmatakuliahyangbertujuanmenghasilkantenagaahliberdasarkanilmudanketerampilanyangdikuasai.PenelitianinimenggunakanpendekatanobservasiterstrukturdengansubyekpenelitianmahasiswaS1PendidikanEkonomiyangmelaksanakanPPLpadasemestergenap2008/2009diSMAse-KotaMalang.JumlahmahasiswaekonomiyangmelaksanakanPPLsebanyak30orangyangtersebardi8SMAdikotaMalang.Dalampenelitianinipenelitimenggunakanpenelitianpopulasiyangtidakmenggunakansampelkarenajumlahpopulasiyangditelitisebanyak30orangyaknikurangdari100.Metodeanalisisdatayangdigunakanadalahujiempiris/teknikanalisisdeskriptifujiasumsiklasikanalisisregresigandadanujihipotesis.Berdasarkanhasilanalisisdatapenelitiandiketahuibahwa(1)tidakadapengaruhyangsignifikanantaraprestasiakademikMPKterhadapkemampuanmengajar(2)prestasiakademikMKKmemilikipengaruhpositifyangsignifikanterhadapkemampuanmengajar(3)prestasiakademikMKBmemilikipengaruhpositifyangsignifikanterhadapkemampuanmengajar(4)prestasiakademikMPKprestasiakademikMKKdanprestasiakademikMKBsecarasimultanmemilikipengaruhyangpositifdansignifikanterhadapkemampuanmengajarpadamatapelajaranekonomidalamPPL.Dimanabesarnyakontribusiyangiidiberikansecarabersama-samasebesar537%.SedangkanpengaruhsecaraparsialhanyaolehvariabelprestasiakademikMKKdanprestasiakademikMKB.Berdasarkanhasilpenelitianinidapatdisarankanagar1)BagijurusanEkonomiPembangunandiharapkanagarmemberibekaltambahanyangsebanyak-banyaknyakepadamahasiswaPendidikanEkonomidengantidakhanyapenyampaianmaterisajamelainkanjugalatihan-latihanbaikitudalambelajarmengajarmaupunpengaplikasianmodel/metodepembelajaran.DenganharapankegiatantersebutdapatdigunakanmahasiswasebagailatihanawalsebelumpelaksanaanPPLI2)BagimahasiswaPendidikanEkonomidiharapakandapatlebihmengoptimalkankegiatanPPLI(dikampus)sehinggapadasaatpelaksanaanPPLII(disekolah)kegiatanbelajarmengajardapatberjalandenganmaksimalsesuaidenganharapanbersama3)BagiUniversitasNegerimalangdiharapkanuntukmemberipembekalanyanglebihmatangkepadasemuamahasiswayangakanmelaksankanPPLkarenamahasiswayangakanmelaksanakanPPLmembawabenderauniversitas4)BagiUnitPelaksanaTeknis(UPTPPL)UMdisarankanagarkegiatanPPLbaikPPLImaupunPPLIIdiperpanjangwaktupelaksanaannya.Karenawaktu3bulantidaklhacukupdalamberlatihdilapangan.Dandalamrubrikpenilaiankemampuanmengajardisrankanuntukmenambahindikatoryangmemuattentangkompetensikepribadianguru.SehinggaindikatortersebutdapatdigunakansebagaipenilaianterhadapkepribadiangurupadasaatpelaksanaanPPLselanjutnya5)BagiSMAtemaptprakrikdiharapkanuntuklebihterbukadalammemberikanmasukan/materimaterikepadamahasiswaPPLterutamadalammengelolapembelajarandisekolahsehinggaterdapatpolahubunganyangsalingmenguntungkan6)BagiGuruPamonghendaknyamembimbingmahasiswaPPLlebihketatdanmemberikanpenilaiansecaraobyektifdenganpemantauansecaraintensifdalamsetiaptatapmukadidalamkelas.DengandemikianmahasiswaPPLdapatlebihmemperolehpengalamanyangberartiketikaPPL7)Bagipihaklainyangmempunyaikeinginanmengadakanpenelitiansejenisdisarankanagarvariabelpenelitianinitidakhanyasebatasdariprestasiakademiktetapijugavariabellainyangberpengaruhsepertimotivasimengajardankemampuanbersosialisasi.