Keefektifan penerapan pembelajaran koopertaif metode numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi / Syayul Masyiatul Musyayadah
Main Author: | Musyayadah, Syayul Masyiatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38581/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMusyayadahSyayulMasyiatul.2008.KeefektifanPenerapanPembelajaranKooperatifMetodeNumberedHeadsTogether(NHT)UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranEkonomi.SkripiJurusanEkonomiPembangunanFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BambangPranowoSEM.Pd.Ak(2)Dr.NasikhSEM.PM.Pd.KatakunciPembelajaranKooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)HasilBelajarUpayamencerdaskankehidupanbangsadanmengembangkankualitasmanusiaseutuhnyaadalahmisipendidikanyangmenjaditanggungjawabprofesionalsetiapguru.Selamainipendekatanpembelajaranekonomiyangditerapkanolehgurumasihsederhanadanmenggunakanpendekatankonvensionalgurulebihbanyakceramahdansiswamendengarkangurumemberidansiswamenerima.Metodepembelajaranyangselamainiditerapkanmembuatsiswamenjadicenderungpasifdalammenerimamateri(ilmupengetahuan).Salahsatucarayangdapatdilakukanuntukmengaktifkansiswaadalahdenganmenerapkanmetodepembelajarankooperatif.Pembelajarankooperatifmampumenciptakankondisipembelajaranyangdapatmengajaksiswasatudansiswayanglainnyasalingberinteraksisertaaktifdalambertukarpengetahuandalamkelompokuntukmeningkatkanhasilbelajarnya.SalahsatumodelpembelajarankooperatifadalahNumberedHeadsTogether(NHT).NumberedHeadsTogether(NHT)adalahsalahsatupendekatanpembelajaranyangmelibatkanlebihbanyaksiswadalammenelaahmateriyangtercakupdalamsuatupelajarandanmengecekpemahamanmerekaterhadapisipelajarantersebut.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)UntukmenganalisishasilbelajarekonomisiswakelasVIISMPN13MalangyangdiberipengajarandenganmetodepembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)(2)UntukmenganalisishasilbelajarekonomisiswakelasVIISMPN13Malangyangdiberipengajarandenganmetodepembelajarankonvensional/ceramah(3)UntukmengetahuidanmenganalisisefektifitaspenerapanmetodepembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT)dilihatdarisegiperbedaanhasilbelajarekonomiantarasiswayangdiberipengajarandenganmetodeNumberedHeadsTogether(NHT)dengansiswayangdiberipengajarandenganmetodekonvensional/ceramah.PenelitianinidilakukandiSMPN13MalangpadabulanAprilsampaibulanMei2008.penelitianiniadalahjenispenelitianeksperimensemu(quasieksperimentaldesign)denganrancanganpenelitianNonrandomizedPre-testPost-testControlGroupDesign.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhkelasVIISMPN13tahunajaran2007-2008denganjumlah319siswayangterbagikedalam8kelas.SampeldiambilsebanyakduakelasdarikelasVIIdenganteknikpurposivesampling.Pengambilansampeldenganpurposivesamplingdidasarkanpadapertimbangan(1)Sebelumpenelitiandilakukankeduakelasdalamprosesbelajarmasihmenggunakanmetodepembelajarankonvensional(2)Keduakelasyangdipilihtersebutdibimbingolehguruyangsamasehinggamemudahkanpenelitidalammelanjutkanmateripelajaranekonomi(3)Tidakadakelasunggulansehinggakeduakelastersebutmemilikinilairata-ratakelasyangsama.Daripertimbangan-pertimbangantersebutterpilihkelasVII-GsebagaikelompokkontroldankelasVII-Hsebagaikelompokeksperimen.KelaskontroladalahkelasyangprosesbelajarmengajarnyamenggunakanmetodepembelajarankonvensionalsedangkankelompokeksperimenadalahkelasyangprosesbelajarmengajarnyamenggunakanmetodepembelajaranNumberedHeadsTogether(NHT).DatapenelitianinidiambildarisiswakelasVII-GdanVII-Hberupahasilpre-testdanpost-test.Analisisdatadilakukandenganmenggunakanujit(t-test).Sebelumdatadianalisisterlebihdahuludiujipersyaratanyaituujinormalitasdanhomogenitas.Ujitdigunakanuntukmengujibedaduarata-ratakemampuanawal(pre-test)danbedaduarata-ratakemampuanakhir(post-test)sertahipotesispenelitiandarigainscore.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)nilairata-ratakemampuanawal(daripre-test)kelompokkontroladalahsebesar7975dankelompokeksperimensebesar8450dariskormaksimum20.berdasarkanujitdiperolehnilaisignifikansi0217005dannilaithitung1246ttabel1665sehingganilaikemampuanawalantarakeduakelompoksamasecarasignifikan(2)nilairata-ratakemampuanakhir(post-test)kelompokkontroladalahsebesar16025dankelompokeksperimensebesar18075dariskormaksimum20.darihasilujitdiperolehnilaisignifikansi0000005dannilaithitung5878ttabel1665sehingganilaikemampuanakhirantarakeduakelompokberbedasecarasignifikan(3)nilairata-ratagainscore(selisihskorpre-testdanpost-test)kelompokeksperimensebesar9625lebihtinggidaripadarata-ratakelompokkontrol8050.berdasarkanhasilujitdiperolehnilaisignifikansi0002005sehinggaterdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswakelompokkontroldengansiswakelompokeksperimenyaituhasilbelajarsiswayangdiberipengajarandenganmetodeNumberedHeadsTogether(NHT)(kelompokeksperimen)lebihtinggilebihbaiksertalebihefektifdaripadahasilbelajarkelompokyangdiberipengajarandenganmetodeceramah(kelompokkontrol)Berdasarkanhasilpenelitianinimakapenelitimenyarankan(1)BagilembagapendidikandaninstitusiyangterkaitdisarankanuntukmensosialisasikanpembelajaranmodelNumberedHeadsTogetherdalampelatihandanpenataranpendidikandalamrangkameningkatkanhasilbelajarsiswa(2)BagigurumatapelajaranekonomidiSMPN13MalangpadakhususnyadanparaguruekonomidisekolahlainpadaumumnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajaranmetodeNumberedHeadsTogether(NHT)sebagaisalahsatualternatifpembelajarandidalamkelasdan(3)Padapenelitianinidalammengukurhasilbelajarsiswapenelitihanyamengukurranahkognitifsaja.Olehkarenaitubagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmengukurranahyanglain(afektifdanpsikomotor).