Efektivitas penerapan metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas VII SMPN 4 Blitar / Pentaningtiyas

Main Author: Pentaningtiyas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38575/
Daftar Isi:
  • Pendidikanmempunyaiperananpentingdalammemperbaikimutusumberdayamanusiakemajuansuatubangsahanyabisadicapaimelaluipenataanpendidikanyangbaik.UpayapeningkatanmutupendidikandiharapkandapatmeningkatkanharkatmartabatmanusiaIndonesia.Olehkarenaitupeningkatandanpembaharuandalambidangpendidikanharusterusdilakukanagartujuandaripendidikannasionaldapattercapai.BerbagaiusahadalampeningkatanmutupendidikantelahdilakukansalahsatunyadenganperubahanKBK(KurikulumBerbasisKompetensi)menjadiKTSP(KurikulumTingkatSatuanPendidikan)bukanhanyaitusajapeningkatanefektivitasmetodepembelajaranjugaharusdilakukan.Metode-metodepembelajaranyangbaruperluditerapkangunameningkatkanhasilbelajarsiswasalahsatunyadenganpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT).DalampembelajaranmodelinisiswatidakhanyamendengarkanguruyangsedangmengajarseringkalimembuatsiswabosandanbahkanmenjadipasiftetapidiTGTinisiswadiajarkanuntukmengeluarkanpendapatdanmelatihkemampuansiswayangnantinyadapatmeningkatkanhasilbelajardalampelajaranekonomi.Penelitianinibertujuan(1)mengetahuiketerlaksanaanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)padapokokbahasanperusahaandanbadanusahasiswakelasVIIdiSMPN4Blitar(2)untukmengetahuidanmembandingkanhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)denganhasilbelajarsiswayangmenggunakanmetodeceramahpadapokokbahasanperusahaandanbadanusahasiswakelasVIIdiSMPN4Blitar.PenelitianinidilakukandiSMPN4Blitar.Mulaidaritanggal12April2008sampai28Mei2008yangmenjadisubyekpenelitianadalahkelasVIIBsebagaikelaseksperimendankelasVIIFsebagaikelaskontrol.PadakelaseksperimendiberikanmetodeTGTsedangkanpadakelaskontroldiberikanmetodeceramah.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimen.Teknikpengumpulandatamelalui1)tes(pretestdanposttest)lembarobservasidanangket.Datayangdianalisisdalampenelitianiniadalahdatahasilbelajar.Analisisdatahasilbelajardilakukandenganmenggunakanuji-tujinormalitasdanujihomogenitas.HasilpenelitianinimenunjukkanketerlaksanaanpembelajaranmodelTGTberlangsungdenganbaik.HalinidapatdilihatdaridataminatterhadappembelajaranTGT.SelainituadaperbedaanyangsignifikanterhadaphasilbelajarekonomisiswakelasVIISMPN4BlitaryangdiajarmenggunakanTGTdenganyangdiajarmenggunakanmetodeceramahpadamateriperusahaandanbadanusaha.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa(1)keterlaksanaanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)padasiswakelasVIISMP4Blitarberlangsungdenganbaik.Secaraumumtiapkelompokmendapatkannilaibagusuntuktiapaspekpenilaianunsur-unsurdasarpembelajarankooperatifyaitupadarentang5833%sampaidengan100%.TerjadipeningkatanpointurnamenIketurnamenIIpadapembelajaranTGT.SelainitupulasiswamemberiresponpositifterhadappembelajarankooperatifTGT.SebagianbesarsiswamenjawabsangatsetujudansetujuterhadapsetiapindikatorminatsiswaterhadapmetodepembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)(2)terdapatperbedaanyangsignifikanantarahasilbelajarsiswakelasVIISMPN4BlitaryangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)padamateriperusahaandanbadanusahadenganhasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodeceramah.HasilbelajarsiswakelasVIISMPN4BlitarbaikdarisegikognitifdanafektifyangdiajardenganmenggunakanmetodepembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)lebihtinggidaripadahasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanmetodeceramah.Beberapasaranyangdapatpenelitisampaikanyaitu1)GuruekonomihendaknyamencobamenerapkanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)untukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamateriyangsesuai2)GurudiharapkandalammenerapkanpembelajarankooperatifmodelTeamsGamesTournament(TGT)menggunakanvariasipermainanyangberbedasehinggasiswamenjadilebihtermotivasidanbersemangatdalambelajar.3)Guruhendaknyamemberipengawasanpenuhterhadapprosesdiskusisiswaagarprosesbelajarkelompokdapatbenar-benarkooperatif.4)DalammenerapkanturnamenTGTguruhendaknyasudahmempersiapkantataruangmejaturnamenkartusoalkartujawabandanundiansebelumsiswamasukdalamkelas.5)Guruhendaknyaseringmemberikanlatihansoal-soalyangbentuknyavariasiyangdapatmengujiberbagaitingkatkognitifketrampilanprosessiswadanberfikirkritissehinggasiswaterbiasauntukmemecahkansoal.