Pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas VIII tahun ajaran 2007/2008 di SMP Negeri 13 Malang / Made Dana Punia

Main Author: Punia, Made Dana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38573/
Daftar Isi:
  • Pendidikanmerupakansuatuyangpentingdandianggappalingutamadalamkehidupanmanusiadandapatmemberibekalhidupterhadappesertadidikdanmemenuhikebutuhanmasyarakat.Sehubungandenganitumakasudahmenjadikewajibanbagilembagapendidikandiindonesiauntukmewujudkantujuanpemadidikantersebutbaiklembagapendidikanformalmaupunnonformal.Pendidikansekolahmerupakanlembagayangmempunyaitujuanpembelajaranyangsangatpentingbagipeningkatankualitassumberdayamanusia(SDM).Sebagaitempatprosesbelajarmengajarsekolahharusmenyediakankondisisumberbelajardisekolahyangmenunjanguntukberlangsungnyaprosesbelajartersebut.Kondisiitudiantaranyamenyediakansaranadanprasaranaagardapatmenemukanberbagaipengetahuanyangdibutuhkandanjugamelibatkansiswadalamprosesbelajartersebut.Dalamkegiatanprosesbelajarmengajarmotivasidapatdikatakansebagaikeseluruhandayapenggerakdalamdirisiswayangmenimbulkankegiatanbelajarmenjaminkelangsungankegiatanbelajaryangkehendaki.Denganadanyapemanfaatansumberbelajardapatdilihatperubahanprestasiyangakandiraiholehsiswa-siswidisekolah.Prestasibelajardapatdiartikansebagaihasilyangdiperoleholehseorangsiswasetelahmengukutikegiatanbelajarmengajardalamjangkawaktutertentuatausetelahmenyelesaikanprogramtertentu.Berdasrkanrumusanmasalahyangadamakadapatdiketahuitujuanpenelitianyaitu(1)MenganalisistingkatpemanfaatansumberbelajaryangadadiSMPNegeri13Malang(2)MenganalisistingkatprestasibelajarsiswakelasVIIIdiSMPNegeri13Malang(3)UntukmenentukanbesarnyapengaruhpemanfaatansumberbelajarterhadapprestasibelajarsiswaSMPNegeri13Malang.Dilihatdaripermasalahanyangdiambilmakametodeyangdiambildalampenelitianiniadlahdeskriptif.Metodeinidigunakankarenapenelitianiniberusahamenggambarkansertamelihatpengaruhpemanfaatansumberbelajar(X)terhadapprestasibelajar(y)siswakelasVIIISMPNegeri13Malang.MakapopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri13Malangtahunajaran20007/2008yangdibagidalam8kelasyaituVIIIAVIIIBVIIICVIIIDVIIIEVIIIFVIIIGVIIIH.DarisiswaSMPNegeri13Malangyangberjumlah134tiap-tiapkelasdiambil8siswauntukdijadikansampelmakajumlahkeseluruahansampelyangdiambiladalah64sampel.TeknikpengambilansampelmenggunakanProposionalRandomSampling.Daripengolahandatamelaluiujihipotesisdapatdiketahuibahwapadapemanfaatansumberbelajar(X)berpengaruhterhadapprestasibelajar(Y)terbuktibesaranprobabilitas(Sig)padavariabelpemanfaatansumberbelajaradalah0000005danthitung(8340)(1998)jikadilihatdaritingkatsignifikannya0000dibawah005makaHoditolakdanHaditerimaberdasarkandariujiftabeldiketahuibesaranprobabilitas(Sig)0000005danfhitung(69564)ftabel(3995)menunjukanbahwapemanfaatansumberbelajarterdapatpengaruhyangsignifikanterhadapprestasibelajar.DarihasilpenelitianinidapatdiketahuibahwasumberbelajarberpengaruhterhadapprestasibelajarIPSsiswakelasVIIIdiSMPNegeri13malang.