Keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumenep / Nurul Wahyuni
Main Author: | Wahyuni, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/38570/ |
Daftar Isi:
- Upayamencerdaskankehidupanbangsadanmengembangkankualitasmanusiaseutuhnyaadalahmisipendidikanyangmenjaditanggungjawabprofesiguru.Pendidikanyangadaselamainimenghadapiberbagaitantanganyangtidakbisaditanggulangidenganparadigmalama.Prosespembelajaranharusberlangsungalamiahdalambentukkegiatansiswaberupabekerjadanmengalamibukantransferpengetahuandarigurukesiswa.Siswaharusaktifdalamprosespembelajaranuntukmencaridanmenemukansendiripengetahuandanketerampilanbarudanguruhanyasebagaifasilitatormotivatorpengarahdanpembimbingdalamprosespembelajaran.Selamainipendekatanpembelajaranyangditerapkanolehgurumasihsederhanadanmasihmenggunakanpendekatankonvensionalmeskipunsudahadayangmenggunakanpembelajarandenganpendekatankonstruktivismenamuntidakmenutupkemungkinanparagurumasihmenggunakanmetodekonvensional.Gurulebihbanyakceramahdalammenjelaskanmateripelajaransedangkansiswahanyamendengarkan.Metodepembelajaraninicenderungkakukurangmenarikdankurangefektif.Siswamenjadicenderungpasifdalammenerimailmupengetahuandariguru.Pendekatankonstruktivismememberikesempatankepadasiswauntuklebihaktifdangurumenjadilebihkreatif.SalahsatumodelpembelajaranyangmenerapkanteorikonstruktivismeadalahmodelpembelajarankooperatiftipeTAI.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahadaperbedaanyangsignifikandaripembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidengancaramembandingkanhasilbelajarantarasiswayangdiajardenganpembelajarankonvensionaldanpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization).Penelitianinitermasukpenelitiankuasieksperimen.PengambilansampelmenggunakanteknikpurposivesamplingyangmemilihkelasVII-2dankelasVII-3sebagaisampelpenelitian.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahtesdenganbentukmultiplechoicesebanyak25soal.Sebelumdatadianalisisdilakukanujicobainstrumendiluarkelompoksampeluntukmengetahuitingkatvaliditasdanreliabilitasbutirsoal.Hasildariujivaliditasdiperoleh20soalvalidsedangkan5soalyanglaintidakvalid.Datajugamemilikitingkatreliabilitasyangtinggidengannilaialpha073.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarpadakeduakelompoksampel.Sebelumuji-tdilakukanterlebihdahuludilakukanujiprasyaratanalisisyaitudenganujinormalitasdanujihomogenitas.UjinormalitasdilakukandenganmenggunakanujiKolmogorov-SmirnovdanujihomogenitasdenganujiLevenesTest.Dariujibedaduarata-ratakemampuanawalsiswaantarakelompokkontroldankelompokeksperimenyangdilakukandenganuji-tdiperolehnilairata-ratakelompokkontroldankelompokeksperimenadalahtidakberbedasecarasignifikan(identik).Sedangkandatahasilkemampuanakhirsiswakelompokkontroldankelompokeksperimenyangdiperolehdarinilaipostesmenghasilkannilairata-ratakeduakelompokadalahberbedasecarasignifikan.Darihasilanalisisdenganuji-tdiperolehbahwahasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankoperatiftipeTAIlebihtinggidibandingkansiswayangdiajardenganmetodekonvensionalyaituceramahdantanyajawabsehinggadapatdiambilkesimpulanbahwaadaperbedaanyangsignifikanhasilbelajarsiswaantarasiswayangmendapatpengajarandenganmetodepembelajarankooperatiftipeTAIdengansiswayangmendapatpengajaranmetodekonvensional.PembelajarankooperatiftipeTAIterbuktilebihefektifdalammeningkatkanhasilbelajarekonomisiswadibandingkandenganpembelajarankonvensional.Berdasarkankesimpulandiatasmakadapatdiajukansaransebagaiberikut(1)BagigurumatapelajaranekonomidiSMPNegeri1SumenepkhususnyadanparaguruekonomidisekolahlainpadaumumnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajarankooperatiftipeTAIsebagaisalahsatualternatifpembelajarandikelas(2)BagilembagapendidikandaninstansiyangterkaitdisarankanuntukdapatmembantumensosialisasikanpembelajarankooperatiftipeTAIdalampelatihandanpenataranpendidikanparaguruuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswadan(3)Bagipenelitiselanjutnyauntukdapatmengembangkanpenelitianinidengancaramemperbesarcakupanpopulasidansampelpenelitian.