Keefektifan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sumenep / Nurul Wahyuni

Main Author: Wahyuni, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38570/
Daftar Isi:
  • Upayamencerdaskankehidupanbangsadanmengembangkankualitasmanusiaseutuhnyaadalahmisipendidikanyangmenjaditanggungjawabprofesiguru.Pendidikanyangadaselamainimenghadapiberbagaitantanganyangtidakbisaditanggulangidenganparadigmalama.Prosespembelajaranharusberlangsungalamiahdalambentukkegiatansiswaberupabekerjadanmengalamibukantransferpengetahuandarigurukesiswa.Siswaharusaktifdalamprosespembelajaranuntukmencaridanmenemukansendiripengetahuandanketerampilanbarudanguruhanyasebagaifasilitatormotivatorpengarahdanpembimbingdalamprosespembelajaran.Selamainipendekatanpembelajaranyangditerapkanolehgurumasihsederhanadanmasihmenggunakanpendekatankonvensionalmeskipunsudahadayangmenggunakanpembelajarandenganpendekatankonstruktivismenamuntidakmenutupkemungkinanparagurumasihmenggunakanmetodekonvensional.Gurulebihbanyakceramahdalammenjelaskanmateripelajaransedangkansiswahanyamendengarkan.Metodepembelajaraninicenderungkakukurangmenarikdankurangefektif.Siswamenjadicenderungpasifdalammenerimailmupengetahuandariguru.Pendekatankonstruktivismememberikesempatankepadasiswauntuklebihaktifdangurumenjadilebihkreatif.SalahsatumodelpembelajaranyangmenerapkanteorikonstruktivismeadalahmodelpembelajarankooperatiftipeTAI.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahadaperbedaanyangsignifikandaripembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization)terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomidengancaramembandingkanhasilbelajarantarasiswayangdiajardenganpembelajarankonvensionaldanpembelajarankooperatiftipeTAI(TeamAssistedIndividualization).Penelitianinitermasukpenelitiankuasieksperimen.PengambilansampelmenggunakanteknikpurposivesamplingyangmemilihkelasVII-2dankelasVII-3sebagaisampelpenelitian.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahtesdenganbentukmultiplechoicesebanyak25soal.Sebelumdatadianalisisdilakukanujicobainstrumendiluarkelompoksampeluntukmengetahuitingkatvaliditasdanreliabilitasbutirsoal.Hasildariujivaliditasdiperoleh20soalvalidsedangkan5soalyanglaintidakvalid.Datajugamemilikitingkatreliabilitasyangtinggidengannilaialpha073.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarpadakeduakelompoksampel.Sebelumuji-tdilakukanterlebihdahuludilakukanujiprasyaratanalisisyaitudenganujinormalitasdanujihomogenitas.UjinormalitasdilakukandenganmenggunakanujiKolmogorov-SmirnovdanujihomogenitasdenganujiLevenesTest.Dariujibedaduarata-ratakemampuanawalsiswaantarakelompokkontroldankelompokeksperimenyangdilakukandenganuji-tdiperolehnilairata-ratakelompokkontroldankelompokeksperimenadalahtidakberbedasecarasignifikan(identik).Sedangkandatahasilkemampuanakhirsiswakelompokkontroldankelompokeksperimenyangdiperolehdarinilaipostesmenghasilkannilairata-ratakeduakelompokadalahberbedasecarasignifikan.Darihasilanalisisdenganuji-tdiperolehbahwahasilbelajarsiswayangdiajardenganpembelajarankoperatiftipeTAIlebihtinggidibandingkansiswayangdiajardenganmetodekonvensionalyaituceramahdantanyajawabsehinggadapatdiambilkesimpulanbahwaadaperbedaanyangsignifikanhasilbelajarsiswaantarasiswayangmendapatpengajarandenganmetodepembelajarankooperatiftipeTAIdengansiswayangmendapatpengajaranmetodekonvensional.PembelajarankooperatiftipeTAIterbuktilebihefektifdalammeningkatkanhasilbelajarekonomisiswadibandingkandenganpembelajarankonvensional.Berdasarkankesimpulandiatasmakadapatdiajukansaransebagaiberikut(1)BagigurumatapelajaranekonomidiSMPNegeri1SumenepkhususnyadanparaguruekonomidisekolahlainpadaumumnyadisarankanuntukmenerapkanpembelajarankooperatiftipeTAIsebagaisalahsatualternatifpembelajarandikelas(2)BagilembagapendidikandaninstansiyangterkaitdisarankanuntukdapatmembantumensosialisasikanpembelajarankooperatiftipeTAIdalampelatihandanpenataranpendidikanparaguruuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswadan(3)Bagipenelitiselanjutnyauntukdapatmengembangkanpenelitianinidengancaramemperbesarcakupanpopulasidansampelpenelitian.