Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Malang / Titik Nur Maharanti

Main Author: Maharanti, Titik Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/38567/
Daftar Isi:
  • MutupendidikanIndonesiamasihjauhdibawahnegara-negaralainsepertiMalaysiadanSingapura.UntukmengatasimasalahpendidikanmakapemerintahIndonesiamelakukanpembaharuandibidangkurikulumyanglebihmenekankanpadaketerlibatansiswadalammengembangkankompetensiyangdimilikiolehsiswayangkemudianlebihdikenaldengannamaKurikulumBerbasisKompetensi(KBK).SalahsatumodelpembelajaranyangsesuaidengankurikulumKBKadalahpembelajaranberbasismasalah(ProblemBasedLearning)yaitumodelpembelajaranyangmenghadirkankehidupannyatakedalamkelassebagaisuatukonteksbagisiswauntukbelajartentangcaraberpikirkritisdanketerampilanpemecahanmasalahuntukmemperolehpengetahuandankonsepyangesensialdarimateripelajaran.Penelitianinibertujuanuntukmenjawabpertanyaan(1)Bagaimanakahpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)dikelasXIIPS3SMANegeri5MalangpadamatapelajaranekonomipokokbahasanInflasi2)BagaimanakahkemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS3SMANegeri5MalangdenganmenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalahpadamatapelajaranekonomipokokbahasanInflasi3)BagaimanakahhasilbelajarsiswakelasXIIPS3SMANegeri5MalangpadamatapelajaranekonomipokokbahasanInflasidenganmenggunakanpembelajaranberbasismasalahSubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS3SMANegeri5Malangtahunajaran2007/2008denganjumlah38siswa.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK)denganduasiklus.Teknikanalisisdatayangdigunakanuntukmenilaikemampuanberpikirkritisdanketerlaksanaanpembelajaranyaitudenganmenggunakanpersentase.Teknikanalisisdatauntukmenilaihasilbelajarsiswapadapenelitianinidilakukandengancaramembandingkanpersentaseketuntasanbelajarsiswasecarakeseluruhansetelahtindakanpadakeduasiklus.Instrumenyangdigunakanuntukpenilaiankemampuanberpikirkritisdanketerlaksanaantindakangurudalammenerapkanmodelpembelajaranberbasismasalahadalahdenganmenggunakanobservasi.Hasilbelajardiperolehdenganmemberikansoalpre-testdanpost-testtiapsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswayangditunjukkanolehpeningkatanpersentaseseluruhaspekkemampuanberpikirkritissiswayangdiamatiyaitudari6513%padasiklusImeningkatmenjadi8341%padasiklusII.Denganpenerapanpembelajaranberbasismasalahketuntasanbelajarsecarakeseluruhan(klasikal)padasiklusIkesiklusIIjugamengalamipeningkatansebesar3421%.Adapunsaranyangdapatdiberikankepadapenelitiselanjutnyaadalah1)Bagigurumatapelajaranekonomidapatmenggunakanpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)untukmeningkatkankemampuanberpikirkritissertahasilbelajarekonomisiswa.2)Penerapanpembelajaranberbasismasalah(problembasedlearning)hendaknyadisesuaikandenganmateriyangakandiajarkandanlingkunganbelajarsiswasertaketersediaanwaktuyangcukup.3)Penelitianinihendaknyadapatditeruskanolehpenelitiselanjutnyadengankelassekolahdanmateriyangberbeda.