Penggunaan teknik mencatat peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS ekonomi kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang / Rumman Aulia

Main Author: Aulia, Rumman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/38566/
Daftar Isi:
  • Fenomenakelupaanterhadapinformasiadalahsuatuhalyangwajar.Yangperludiperhatikanadalahbagaimanacaraagarinformasi-informasipentingdapatdiingatketikadibutuhkan.Dalamkaitannyadenganprosespembelajaranguruperlumemberikanketerampilankepadasiswa-siswanyauntukmengaturinformasiataumateri-materipelajaranyangdiberikanagarsiswatidakmudahlupa.Halinidikarenakanmateripelajaransebelumnyaberkaitandenganmateriselanjutnya.Penggunaanteknikmencatatyangsesuaidengancarakerjaotakdapatmembantumemperkuatingatandanhasilbelajardapatditingkatkan.Menyimpandanmengaturinformasididalamotakdengantepatdapatdiketahuidenganmempelajariteknikmencatatpetapikiran.OlehkarenaitupenelitianinidiberijudulPenggunaanTeknikMencatatPetaPikiran(MindMapping)UntukMeningkatkanHasilBelajarPelajaranIPSEkonomiKelasVIIISMPWahidHasyimMalang.DalampenelitianinipermasalahanyangdikemukakansecaraumumyaituapakahterdapatperbedaanhasilbelajarpelajaranIPSEkonomikelasVIIIantarakelompoksiswayangmenggunakanteknikmencatatpetapikirandengankelompoksiswayangtidakmenggunakanteknikmencatatpetapikiran.DaripermasalahantersebuttujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahterdapatperbedaanhasilbelajarpelajaranIPSEkonomiantarakelompoksiswayangmenggunakanteknikmencatatpetapikirandengankelompoksiswayangtidakmenggunakanteknikmencatatpetapikiran.PenelitianyangdilakukandiSMPWahidHasyiminimenggunakanmetodekuasieksperimenyaitunonrandomizepretest-posttestcontrolgroupdesign.Dalamdesaininitidakdilakukanpemilihanindividusiswasecaraacakuntukdikelompokkansebagaisubyekperlakuandalamkelaseksperimendanuntukdipilihsebagaisubyekdalamkelaskontrolkarenamenggunakankelas-kelasyangsudahada.Dalampenentuankelasdilakukandenganmengundi3kelasVIIIsebagaipopulasisehinggadiperoleh2kelassebagaisampelpenelitian.Satukelasmenjadikelaseksperimendansatukelassebagaikelaskontrol.Dalammetodekuasieksperimeniniakandilihatdampakperlakuanyangditerapkanterhadaphasilbelajarsiswapadakelaseksperimendankelaskontrol.Olehkarenaitudigunakaninstrumenberupateshasilbelajar.Dari20soaltestertulisberbentukobjektifhanyadipilih15soalyangtelahmemenuhisyaratujivaliditasreliabilitastingkatkesukarandandayabeda.PengujianinstrumendandatapenelitiandilakukansecaramanualdandenganbantuanSPSS10.0dan12.0.Sebagailangkahawaldilakukanpengujianterhadapdatakemampuanawal(pre-test)keduakelasdenganuji-tyanghasilnyamenunjukkanbahwakemampuanawalkeduakelasadalahsamaatautidakberbedasecarasignifikan.Setelahproseseksperimendilakukanmakadilakukanpengujianhipotesispenelitiandenganuji-tterhadapnilaipeningkatan(gainvalue)sebagaihasilbelajarsiswa.Hasilnyamenunjukkanadanyaperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarakelasyangmenggunakanteknikmencatatpetapikirandengankelasyangtidakmenggunakanteknikmencatatpetapikiran.Artinyahipotesisnolditolakdanhipotesisalternatifditerima.HaliniditunjukkandengannilaithitungGAINsebesar3086ttabel1993dandengansignifikansi0003005.Berdasarkanhasilpengujiantersebutdapatdisimpulkanbahwateknikmencatatpetapikiranlebihbaikdigunakanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadaripadateknikmencatatbukanpetapikiran.Dengankatalainteknikmencatatpetapikiranberhasilmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Berdasarkancatatanpetapikiranyangdibuatsiswapenelitimelihatbahwasiswabelumdapatsepenuhnyamencatatdenganpetapikirantersebutsesuaidenganlangkah-langkahpembuatannya.Namundenganlatihansecaraterusmenerusdanbimbingandarigurusecaraperlahansiswadapatmemperbaikikesalahanyangdilakukannya.Berdasarkantemuanpenelitiantersebutmakadisarankankepadaguruuntukmengawalidalampelaksanaanmencatatdenganpetapikiransebagaimediapembelajaranuntukpenyajianmateripelajaransehinggasiswalebihterbiasaterusmenerapkannyadanmerasakanmanfaatnya.Selainitujugadisarankankepadasekolahuntukterusmensosialisasikanteknikmencatatpetapikirankepadasiswa-siswanyadalamrangkamembantuperbaikankualitassiswadansekolah.